Dalam dunia kerja tentu ada banyak hal yang menyenangkan. Namun, ada juga yang kurang mengenakkan hati. Tidak jarang hal tersebut yang menjadi alasan untuk melakukan pengunduran diri atau resign. Sebelum benar-benar memutuskan untuk mundur, maka Anda perlu membuat surat pengunduran diri.

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri penting dibuat oleh pekerja untuk pihak atasan sebagai bukti pernyataan adanya keinginan untuk mundur dari pekerjaan. Surat yang termasuk ke dalam kategori formal ini cukup mudah dibuat. Hanya saja Anda perlu mencermati tata cara pembuatannya.

  1. Gunakan awalan dengan kalimat “Kepada Yth”.
  2. Tuliskan identitas si pengirim surat. Termasuk berapa lamanya sudah bekerja di tempat tersebut.
  3. Berikan alasan logis mengenai alasan mengundurkan diri.
  4. Jangan lupa akhiri dengan salam penutup dan ucapakan terima kasih.
  5. Perhatikan juga struktur pembuatan surat pengunduran diri seperti waktu pembuatan, nama, alamat, isi surat serta tanda tangan di akhir.

Format Surat Pengunduran Diri

Berikut contoh surat pengunduran diri resmi dari BKN (Badan Kepegawaian Nasional) untuk para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Untuk mengunduhnya dalam format word (editable), Anda dapat men-downloadnya lewat tombol unduhan berikut.

…………………. , ………………………*)

Hal: Permohonan Pengunduran Diri
Kepada Yth.
Kepala Badan Kepegawaian Negara
di tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:
Nomor Peserta Ujian:
Jenis Kelamin:
Tempat, Tanggal Lahir:
Agama:
Pendidikan/Jurusan:
Alamat:

dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari Calon Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Negara Tahun Anggaran 2017 untuk formasi jabatan … adapun alasan saya adalah …

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,
Materai Rp.6000,-
Nama Lengkap

*) Diisi dengan tempat dan tanggal pengunduran diri.

Adapun layout surat pengunduran diri dapat dilihat pada ilustrasi dibawah ini yang dikutip dari BKD Provinsi DKI Jakarta.

Format Pengunduran Diri Resmi
Format Pengunduran Diri Resmi

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berikut contoh ringkas beberapa surat pengunduran diri resmi dari profesi guru, karyawan swasta, hingga organisasi kemahasiswaan. Adapun isi serta susunan format dapat mengkuti contoh yang telah diberikan.

1. Surat Pernyataan Pengunduran Diri Guru

Jakarta, 02 Desember 2020
Kepada Yth.
Kepala SMAS PGRI 1

Jl. Cipinang Muara 1, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur
DKI Jakarta
Perihal: Surat Pernyataan Pengunduran Diri

Dengan hormat,
Melalui surat ini saya:

Nama: Kastirah S.Pd.
Tempat dan Tanggal Lahir: Bogor, 03 Desember 1995
Jabatan: Guru Pendidikan Kewarganegaraan
NIP: 14203244889001

Alamat: Jl. Damai No. 27 RT 002/012, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur

Secara resmi terhitung sejak 07 Desember 2020 menyatakan untuk mengundurkan diri sebagai Guru Pendidikan Kewarganegaraan di SMAS PGRI 1 karena segera pindah ke Bandung. Tidak lupa saya sampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran komite, guru dan staff SMAS PGRI 1.

Bilamana ada kesalahan dan perbuatan mohon dimaafkan. Kiranya bisa kembali bertemu di lain kesempatan. Besar juga harapan saya agar SMAS PGRI 1 bisa terus menjadi sekolah unggulan baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

Hormat saya,

Kastirah, S.Pd.
NIP. 14203244889001

2. Surat Pernyataan Pengunduran Diri Kantor Swasta

Bekasi, 07 Desember 2020

Kepada Yth.
HRD Manager
PT. Jaya Mandiri Sejahtera
Jl. Jambon RT 01/01 Padurenan, Mustika Jaya, Bekasi

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini saya Nanda Riyadi ingin mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Jaya Mandiri Sejahtera sebagai fotografer terhitung sejak 14 Desember 2020. Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada seluruh karyawan PT. Jaya Mandiri Sejahtera yang telah banyak membimbing saya.

Saya ingin memohon maaf apabila selama saya bekerja di kantor pernah melakukan kesalahan baik secara sengaja maupun tidak. Saya berharap agar perusahaan ini terus berjaya dan berkembang pesat sesuai dengan visi misinya.

Hormat saya,

Nanda Riyadi

3. Surat Permohonan Pengunduran Diri Organisasi Kemahasiswaan

Jakarta, 07 Desember 2020

Dewan Pemimpin Organisasi HIMA Bulukumba Jabodetabek
Bapak Ahmad Faiz Irham
di Tempat

Yang telah bertanda tangan:

Nama: Muhammad Alvin Nugraha
Jabatan: Ketua HIMA Bulukumba Jabodetabek Periode 2019-2020

Bermaksud hendak mengajukan surat pernyataan pengunduran diri dari jabatan tersebut karena sejumlah alasan:

a. Tidak memiliki waktu luang lebih banyak untuk berorganisasi karena juga mengambil pekerjaan paruh waktu.
b. Ingin menyelesaikan tugas akhir skripsi.

Terimakasih tidak lupa saya sampaikan kepada seluruh pengurus maupun anggota HIMA Bulukumba Jabodetabek dan mohon maaf apabila terdapat kekeliruan selama saya menjabat sebagai Ketua HIMA Bulukumba Jabodetabek pada periode 2019-2020. Semoga jaya selalu.

Mengajukan,
Muhammad Alvin Nugraha

Menyetujui,
Ahmad Faiz Irham

Contoh Pengunduran Diri dari Partai Politik

Berikut contoh surat pengunduran diri asli dari seorang anggota parpol yang diangkat menjadi Mentri Republik Indonesia di masa Presiden Joko Widodo. Surat pengunduran ini dapat juga diakses secara terbuka oleh publik di alamat menpan.go.id.

Pengunduran Diri
Surat Pengunduran Diri dari Partai Politik

Jangan lupa buatlah surat pernyataan pengunduran diri yang baik dan sopan. Tentunya juga harus mengikuti struktur yang tepat. Tidak lupa berpamitan dengan sopan dan tetap jalin tali silaturahmi yang erat dengan rekan kerja terdahulu.

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.