Dalam kondisi tertentu kita sering berhadapan dengan orang lain yang berjanji dengan kita untuk melakukan sesuatu. Biasanya pernyataan itu dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yakni, pernyataan lisan dan pernyataan tertulis. Untuk pernyataan yang dilakukan secara lisan kadang kalanya orang sering lupa bahwa ia pernah mengucapkan pernyataan tersebut. Berbeda dengan pernyataan tertulis dimana ada bukti otentik secara tertulis atas pernyataan yang pernah dibuat. Sehingga kebanyakan orang menbuat surat pernyataan untuk mendokumentasikan perjanjiannya dengan orang lain.

Definisi Surat Pernyataan

Surat pernyataan adalah sebuah surat yang dibuat oleh salah satu pihak sebagai bagian dari pernyataannya karena telah melakukan suatu tindakan dimana tindakan itu berhubungan dengan pihak lain. Biasanya dalam surat ini berisi jaminan untuk melakukan hal-hal tertentu. Dalam penulisan surat pernyataan dianjurkan untuk menggunakan bahasa baku serta dalam penulisannya tidak bertele-tele tetapi fokus pada tujuan yang hendak dicapai.

Dalam kaidah penulisan surat ini yang harus ditekankan adalah adanya pernyataan dari seseorang yang melakukan suatu aktivitas yang berhubungan dengan orang lain. Adakalnya salah satu pihak dianggap sudah merugikan sehingga perlu dibuatkan surat ini.

Materi terkait: Contoh Cover Letter [2019], Contoh Surat Dinas, Contoh MoU (perjanjian kerjasama)

Tujuan Surat Pernyataan

Ketika kita membuat sebuah surat ada tujuan yang hendak dicapai, termasuk juga dalam membuat surat pernyataan. Berikut akan dijelaskan beberapa tujuan pembuatan surat pernyataan:

1. Menyatakan Kesanggupan

Saat membuat surat pernyataan salah satu tujuannya adalah untuk menyatakan kesanggupan kita melakukan suatu jenis pekerjaan tertentu. Kesanggupan kita dituangkan secara tertulis dengan mencantumkan data diri kita beserta jenis pekerjaan yang kita lakukan. Seperti sudah dijelaskan diatas dengan adanya surat pernyataan ini menjadikan pihak pemberi kerja lebih nyaman karena anda sebagai pembuat surat pernyataan tidak bisa macam-macam karena sudah terikat.

Selain dalam proses pelaksanaan pekerjaan orang akan membuat pernyataan juga menjadikan surat ini sebagai catatan untuk tidak mengulangi kesalahan. Misalkan ada seorang pelajar yang membuat kesalahan disekolah yang sudah berulang kali. Dari pihak sekolah akan meminta siswa tersebut untuk membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi kesalahannya lagi.  Pihak sekolah dengan bersandar pada surat pernyataan ini maka dapat melakukan tindakan selanjutnya ketika sang siswa melakukan kesalahan kembali.

2. Meyakinkan Pihak Lain

Jika anda ingin berusaha meyakinkan orang lain, maka buatlah sebuah tulisan yang menyatakan bahwa anda memang orang yang tepat untuk melakukan hal tersebut.  Inilah salah satu fungsi surat pernyataan. Sekiranya anda bisa meyakinkan secara lisan tentu lebih mudah, namun ada kalanya orang lain tidak percaya dengan pernyataan dengan ucapan anda saja.

Surat pernyataan yang dibuat untuk meyakinkan orang lain sering kita temui dalam sebuah perjanjian hutang piutang. Karena tidak mudah meyakinkan orang lain untuk mendapatkan pinjaman uang walaupun dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Surat ini menjadi alat yang dipegang oleh pihak pemberi pinjaman agar ketika anda sudah selesai dengan pinjaman anda mereka dapat mulai menagih anda.

3. Membuat Suatu Gugatan

Jika terjadi suatu sengketa antara dua belah pihak maka pihak penggugat akan membuat surat gugatan bersama dengan surat pernyataan. Surat pernyataan yang dibuat oleh pihak penggugat berisi mengenai pernyataan sikap untuk menggugat pihak lainnya. Selain untuk gugatan dalam perkara perdata dan pidana, biasanya surat pernyataan digunakan untuk mengajukan gugatan perceraian.

Manfaat Surat Pernyataan

Setelah mengetahui beberapa tujuan dari surat pernyataan, saat ini kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai manfaat surat pernyataan.  Berikut ini beberapa manfaat surat pernyataan :

1. Sebagai Sarana Pertanggungjawaban

Surat pernyataan merupakan sarana pertanggungjawaban dari orang yang menulis surat tersebut. Dalam surat itu akan dijelaskan mengenai kesalahan yang sudah diperbuat dan sanksi yang akan diterima jika mengulangi kembali.

2. Bukti Pembenaran

Jika anda bertikai dengan seseorang dan memiliki surat pernyataan dari orang tersebut. Maka itu akan menjadi pembenaran bagi anda terhadap hal yang terjadi. Karena kita tidak akan mengetahui hal yang terjadi kedepannya namun dengan adanya surat pernyataan membuat kita yakin dengan kebenaran yang kita pegang teguh.

Surat pernyataan biasanya dibuat oleh individu

Format / Isi Surat Pernyataan

Berikut format atau isi dari sebuah surat pernyataan.

  1. Terdapat Data Pembuat Pernyataan

    Dalam sebuah surat pernyataan harus terdapat data si pembuat pernyataan. Jika tidak ada yang membuat pernyataan maka surat tersebut bukan merupakan surat pernyataan. Dalam setiap surat pernyataan biodata pembuat surat wajib diisi dengan lengkap sesuai dengan identitas diri.

  2. Ada Pernyataan yang Dibuat

    Karena bentuknya merupakan surat pernyataan maka harus ada pernyataan yang berada didalamnya. Pernyataan ini terkait dengan perbuatan yang sudah dibuat oleh orang yang sudah melakukan. Tanpa adanya pernyataan yang dibuat maka surat ini akan seperti surat biasa pada umumnya.

  3. Menyatakan konsekuensi

    Sebuah konsekuensi melekat erat dalam surat pernyataan. Konsekuensi ini timbul akibat dari perbuatan yang dilakukan orang yang membuat surat pernyataan. Namun biasanya konsekuensi yang muncul tidak dijelaskan dengan detail, hanya berupa gambaran besar apa yang akan dihadapi sang pembuat pernyataan.

  4. Bahasa yang Lugas dan Jelas

    Dalam pembuatan surat pernyataan haruslah menggunakan bahasa yang lugas dan jelas. Maksud dari lugas dan jelas adalah apa yang dituliskan harus terarah sesuai tujuan pernyataan yang dibuat.

Contoh Surat Pernyataan Kerja

Berikut contoh surat pernyataan keterangan kerja yang biasanya dikeluarkan saat ada pegawai yang ingin melamar pekerjaan lain dan butuh rekomendasi dari perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ratih Pujiastuti
Jabatan : HR Manager
Alamat : Jl Swadaya , Kramat Sentiong Senen Jakarta Pusat

Menerangkan bahwa data karyawan dibawah ini:

Nama : Aditya Iqbal
Jabatan : Staff Marketing
Alamat : Jl Nusantara , Beji Depok

Adalah benar merupakan karyawan kami yang telah bekerja mulai dari bulan Mei tahun 2010. Saat ini beliau sudah mengajukan surat pengunduran diri pertanggal 14 Mei 2019. Selama bekerja diperusahaan kami beliau memberikan performance yang baik dan memiliki integritas yang baik pula.

Demikianlah surat pernyataan ini kemi buat, agar bisa digunakan sebagai mana mestinya.

Jakarta, 20 Mei 2019
Ratih Pujiastuti

Contoh Pernyataan Kesanggupan

Berikut contoh surat pernyataan kesanggupan pembayaran yang biasanya digunakan saat hendak melunasi hutang, membayar tunggakan cicilan, ataupun penagguhan biaya sekolah.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ahmad Zainudin
No. KTP : 3174051203650001
Alamat : Jl Sereh Rt/Rw 03/04 , Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Menyatakan kesanggupan untuk melunasi pembayaran hutang saya sebesar Rp. 10.000.000 (Sepuluh Juta Rupiah) sebelum tanggal 15 Januari 2019. Jika dengan sengaja saya lalai terhadap pembayaran tersebut maka saya bersedia untuk menerima konsekuensi dari kelalaian saya. Yakni diambilnya motor saya yang dijadikan jaminan untuk pinjaman uang tersebut.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 01 April 2019
Ahmad Zainudin

Pernyataan Belum Menikah

Berikut contoh surat pernyataan belum menikah, biasanya surat ini diperlukan untuk mengikuti sekolah kedinasan yang menuntut setiap pelajar baru berstatus single alias belum memiliki pasangan.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Ardi Irawan
No KTP : 3174062308890001
Alamat : KP Cibereum , Tanah Sereal Kab Bogor

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa saat ini saya belum menikah, dan bersedia tidak menikah selama menjalani masa pendidikan kedinasan di Instansi Bank Mandiri selama dua tahun. Saya siap menerima konsekuensi jika melanggar perjanjian tersebut.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Bogor, 24 April 2018

Materai 6000
Ardi Irawan

Pernyataan Kepemilikan Tanah

Berikut contoh surat pernyataan kepemilikan tanah yang biasanya dibutuhkan saat pengurusan IMB (izin mendirikan bangunan) terutama jika status pajak tanah atas nama orang lain (bukan nama pemilik di SHM). Dokumen asli hanya dapat diunduh dalam format pdf di laman academia.edu.

Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama: Khaleed Hajj, M.Si
Tempat, tanggal lahir: Bojong Gede, 20 Maret 1962
Alamat: Jl. Podok raya Indah Nirwana Residence No.57

menyatakan bahwa saya mengatasnamakan kepemilikan tanah kepada

Nama: Susi Susanti
Tempat, tanggal lahir: Tegal, 1 Juli 1974
Alamat: Jl. Podok raya Indah Nirwana Residence No.57
Hubungan dengan pemberi pernyataan: Anak kandung

Adalah benar pemilik sebidang tanah dengan rincian:

Status tanah: Hak milik
Atas nama: Susi Susanti
Luas: 175 m2
Lokasi tanah: Jl. Bukit Indah, Desa Wonosari, Kec. Tegal Waru, Kab. Banyuwangi

Sehubungan dengan hal tersebut, saya bertanggung jawab atas objek pajak di atas dengan nomor NPWP: 45.533.371.1-427.000

Demikian surat pernyataan ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yang membuat pernyataan,
(materai 6000)
Khaled Hajj, Ph.D

Lampiran:
Fotocopy/Scan Kartu NPWP

Download Contoh Surat Pernyataan

Untuk mendapatkan ketiga contoh pernyataan di atas dalam format dokumen (doc), Anda dapat mengunduhnya pada tautan yang muncul setelah melakukan validasi email di bawah ini.

F.A.Q

Apakah surat pernyataan dibuat oleh perusahaan?

Tidak, berbeda dengan surat kedinasan, surat pernyataan biasanya dikeluarkan oleh individu secara personal dan bukan oleh instansi/organisasi. Adapun penggunaan surat ini sangatlah luas, bisa digunakan baik oleh individu maupun perusahaan.

Kapan surat ini butuh untuk digunkan?

Untuk mengurus segala sesuatu yang membutuhkan keterangan secara resmi oleh suatu individu, biasanya keterangan tersebut dituangkan dalam bentuk surat pernyataan. Termasuk saat pengurusan harta warisan di mana sang ayah memberikan pernyataan mengenai siapa saja anak kandungnya dan yang semacamnya.

Adakah format khusus dari surat pernyataan?

Karena format surat sangat bergantung pada tujuan dibutuhkannya pernyataan, maka sebenarnya kamu bisa membuat surat ini dengan bahasa dan penulisan kamu sendiri. Selama isi surat masih mengandung apa yang kami tulis pada bagian format surat, maka surat tersebut sudah dapat dikatakan sebagai pernyataan.

Apakah contoh surat diatas adalah pernyataan asli?

Bukan, contoh surat di atas adalah sampel yang kami buat untuk tujuan edukasi dan bukan naskah asli yang dibuat oleh nama fktif yang tertera di atas.

There are currently no comments.