Pelajaran bahasa Indonesia tidak terbatas mempelajari bagaimana cara menulis surat yang baik atau membuat argumentasi saja. Ada banyak teks laporan yang harus dikuasai oleh seseorang terutama jika mengambil studi bahasa Indonesia termasuk laporan hasil observasi.

Teks laporan ini memiliki format atau struktur yang berbeda dari contoh teks lainnya yang wajib dipahami seseorang sebelum membuat laporan.

Kriteria Teks Laporan Observasi

Usai memahami apa makna teks laporan observasi dan mengenali struktur teksnya, Anda juga wajib mengetahui apa saja kriteria yang membedakan teks observasi dengan teks lainnya. 

Materi terkait: Contoh Teks Laporan Percobaan

Sifatnya Objektif

Terlepas dari siapa yang menulis teks laporan observasi sebagai penilai seseorang tidak bisa menilai berdasarkan karakter atau subjeknya. Penilaian benar-benar harus fair berdasarkan pada laporan yang sudah dibuat. Jangan sampai masalah pribadi mengganggu profesionalisme sehingga nilai yang diberikan jelek padahal teks observasi yang dibuat bagus dan memuaskan. 

Teks Sifatnya Spesifik

Syarat penilaian lain suatu teks laporan observasi dianggap bagus atau buruk bisa dilihat dari pemaparannya. Hasil penelitian harus ditulis dengan jelas dan spesifik, usahakan agar tidak mencampur adukan antara subjek penelitian dengan subjek di luar penelitian. 

Karena hasilnya tidak akan relevant dan justru memberikan nilai negatif terhadap teks laporan observasi yang sudah dibuat. 

Menulis Berdasarkan Fakta

Di atas telah disinggung beberapa kali, jika teks laporan observasi wajib dibuat dengan melihat fakta-fakta yang ada. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mencocokkan antara fakta yang tertulis di buku dengan subjek utama. 

Jika ada penulis yang membuat teks laporan observasi dengan menggunakan khayalan atau imajinasi maka teks yang dibuat sudah sangat melenceng dan tidak bisa disebut lagi sebagai teks laporan observasi. 

Penting bagi penulis laporan untuk fokus membuat laporan yang benar berdasarkan data-data yang ada bukan pada intuisi atau keinginan. 

Teks Dibuat Sederhana Tapi Menarik

Supaya laporan yang ditulis diterima dengan baik oleh pembaca, usahakan belajar cara menulis yang baik dan benar terlebih dahulu. Setelah pandai menulis baru mencoba membuat teks laporan observasi sendiri. 

Meskipun subjek penelitian yang diambil kurang menarik jika cara penyampaiannya bagus dan mengalir, pembaca akan menyukainya dan tidak menolak ketika ditawarkan untuk membaca sampai habis isi laporan observasi. 

Disajikan Lengkap

Hasil penelitian atau riset yang dilakukan harus disampaikan secara menyeluruh, tidak dibenarkan menyimpan data-data penting bahkan merahasiakannya. Semua data riset harus ditulis dengan rinci tidak ada yang boleh terlewatkan bahkan satu kalimat saja.

Tujuannya agar laporan observasi yang dibuat tampak actual dan benar-benar bisa dipercaya. Orang tidak akan mempertanyakan rincian penelitian lainnya karena data yang dibuat sudah sempurna dan lengkap.

Cara Membuat dan Contoh Teks Laporan Observasi

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan seseorang ketika berencana membuat teks laporan ini, simak selengkapnya berikut:

  1. Menentukan Tema dan Tujuan

    Setiap observasi tidak bisa dilakukan tanpa tujuan dan tema yang jelas, cari dua aspek penting tersebut sebelum melanjutkan kegiatan observasi.

  2. Melakukan Pengamatan

    Usai tema dan tujuannya jelas lanjutkan dengan mengamati. Proses pengamatan biasanya dihitung dengan skala waktu. Lama tidaknya observasi yang dibutuhkan bisa disebabkan oleh tema dan tujuan yang telah dipilih.

  3. Menyusun Kriteria Data dan Membatasi Aspek yang Hendak Dilaporkan

    Susunlah data-data hasil dari penelitian Anda dan pilih aspek yang akan dilaporkan. Beberapa orang seringkali terjebak dan memutuskan memasukkan semua aspek padahal itu justru menyebabkan pelebaran pembahasan.

  4. Deskripsikan Tiap Unsur

    Saat melakukan tahapan ini, Anda wajib memahami gambaran general dari subjek yang dipilih untuk nantinya dijelaskan dalam bentuk teks tertulis. Gunakan kaidah kebahasaan supaya hasil laporannya enak dibaca oleh orang lain.

  5. Gunakan Gambar dan Data Tambahan

    Jika data yang diberikan kurang valid dan terasa tidak meyakinkan, silahkan gunakan data tambahan atau gambar. Semua data ini tetap harus mengacu pada fakta-fakta ilmiah dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya.

  6. Buat Kesimpulan

    Dan terakhir adalah kesimpulan, tulisan ini berisi rangkuman dari hasil penelitian yang dikerjakan.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi

Di atas telah dijelaskan secara singkat bagaimana cara pembuatan teks laporan observasi, apa saja yang harus ada di dalamnya. Supaya lebih memahami, bagaimana dan apa itu teks observasi simak contohnya berikut ini:

Teks Laporan Observasi Lingkungan Sekolah

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab yang tidak bisa ditinggalkan oleh manusia. Selain menjaga lingkungan rumah tangga, kebersihan lingkungan sekolah juga harus diperhatikan supaya siswa dan guru terhindar dari penyakit. 

SMPN 23 Kota Beringin merupakan salah satu sekolah dengan fasilitas kebersihan yang sangat memadai. Siswanya dihimbau untuk memperhatikan kebersihan benda mati dan benda hidup yang ada di lingkungan sekolah. Selain menanam bunga untuk dan tumbuhan untuk mempercantik lingkungan, setiap kelas juga dibekali dengan tempat sampah di depannya.

Kondisi ruang kelas sangat terawat dan bersih bahkan tidak ada bau tidak sedap yang menguar dari dalam. Para siswa SMPN 23 Kota Beringin terbiasa melakukan kegiatan kerja bakti setiap hari sabtu. Mereka tidak hanya membersihkan ruang kelasnya masing-masing tapi juga membersihkan toilet dan mengumpulkan sampah dari halaman.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah bisa dilakukan jika semua aparat memiliki kesadaran tinggi akan menjaga kesehatan. Budaya hidup sehat akan memberikan banyak manfaat, para siswa bisa lebih menghargai kebersihan dan kesehatan tubuh mereka. Dan menjalankan kegiatan yang lebih bermanfaat.

Sudah memahami kriteria, cara buat dan contoh teks laporan observasi? Membuat teks laporan ini mungkin bukan menjadi tanggung jawab semua orang. Namun dengan memahami definisi dan seluk beluk teks laporan observasi pengetahuan kita semakin bertambah yang tentunya baik untuk di masa mendatang.

Karena tidak ada yang tahu kapan pengetahuan itu akan digunakan, mungkin hari ini Anda tidak menggunakannya. Bisa jadi beberapa bulan atau tahun ke depan, pemahaman tentang laporan teks observasi sangat penting untuk pendidikan atau karier Anda.

Format Laporan Hasil Observasi

Buat Anda yang masih kurang puas dengan contoh teks hasil observasi di atas, Anda juga dapat memanfaatkan format laporan observasi standar lngkungan akademik. Berikut format baku laporan observasi sebagaimana terdapat dalam repositori akademik Universitas Dian Nuswantoro (dinus.ac.id). 

Format Laporan Observasi Akademik
Format Laporan Observasi Akademik

Untuk mengunduh dokumen di atas dalam format doc (editable), kamu dapat menggunakan tombol download yang tersedia di bawah ini. Selamat belajar!

There are currently no comments.