Analisa kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman atau yang biasa kita sebut sebagai SWOT adalah salah satu cara paling umum dalam penyusunan strategi suatu perusahaan, penjualan produk, maupun ide bisnis yang baru.

Sebelum masuk ke dalam materi cara pembuatan serta contoh analisa SWOT, ada baiknya kita mengerti fungsi dari analisa SWOT itu sendiri.

Baca juga: Contoh analisis SWOT perusahaan startup Gojek

Mengapa Analisis SWOT Dibutuhkan

Dalam konteks organisasi, bisnis, usaha, ataupun kepribadian diri, kita memiliki tujuan-tujuan yang ingin dicapai. Otomatis kita membutuhkan strategi yang baik dalam mewujudkan tercapainya semua tujuan tersebut.

analisa swot bisnis plan

Contoh analisa swot dalam bisnis plan

Jika kita berbicara bisnis misalnya, maka diantara tujuannya ialah mengakuisisi market lewat produk dan jasa yang kita tawarkan. Dalam konteks personal, maka SWOT dapat kita gunakan untuk pengembangan diri ataupun karir dalam jangka panjang.

Pengertian dan Cara Membuat Analisis SWOT

Secara umum, analisa SWOT dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut meliputi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan faktor eksternal meliputi Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).

Berikut penjelasan dan panduan dasar dalam pembuatan keempat komponen tersebut:

Strength (Kelebihan)
Strength merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh positif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?
  • Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
  • Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?

Baca juga: Contoh Company Profile dan Pitch Deck ala Startup

Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh negatif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
  • Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
  • Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?

Opportunities (Peluang)
opportunities merupakan situasi atau kondisi yang merupakan peluang atau kesempatan di luar perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan peluang untuk berkembang di kemudian hari. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
  • Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

Threats (Ancaman)
Threats merupakan ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang bisa menghambat laju perkembangan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
  • Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
  • Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
  • Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?

Contoh Analisa SWOT dalam Proposal Bisnis Ekspor

Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam proposal rencana bisnis ekspor dari perusahaan Indochemical Agrotech terkait ekspor produk pupuk ke negara Malaysia.

Analisa SWOT Indochemical Agotech dalam Rangka Ekspor Pupuk

Indochemical Agrochemicals Technology merupakan usaha kecil dan menegah (IUKM) yang bergerak dalam bidang produksi pupuk dengan target pasar ekspor.

Faktor Internal Perusahaan

  • Perusahaan memiliki sosial value yang kuat
  • Visi perusahaan didukung oleh latar belakang keilmuan
  • Sistem produksi bebas dari penggunaan bahan kimia
  • Kapasitas produksi cukup untuk memenuhi kebutuhan ekspor
  • Memiliki potensi pengembangan produk hasil pertanian lainnya
  • Belum memiliki sertifikasi organik
  • Workshop permanen masih perlu perbaikan
  • Belum berpengalaman dalam ekspor-impor skala besar

Faktor Eksternal (di luar perusahaan)

  • Sumber bahan baku  dan SDM melimpah
  • Kebutuhan pupuk organik semakin meningkat
  • Regulasi pupuk organik untuk masuk ke negara Malaysia tidak begitu rumit
  • Pupuk vermikompos belum begitu dikenal di level industri
  • Pasar pupuk di Malaysia telah didominasi produk dari Belanda, Thailand, dan China

Contoh di atas mengikuti format analisa swot dengan membagi indikator ke dalam dua kategori terlebih dahulu yaitu faktor internal perusahaan dan faktor eksternal. Contoh lain dari penulisan analisa SWOT dapat dilihat pada 2 contoh lainnya di bawah ini.

Contoh Analisa SWOT dalam Proposal Bisnis Kreatif

Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam sebuah bisnis plan BamBoo Speaker. Produk kreatif aksesoris gadget ramah lingkungan, pengeras suara smartphone berbahan dasar bambu.

Analisa SWOT Bisnis Plan Bamboo Speaker

Deskripsi Bisnis: Bamboo speaker dock merupakan produk aksesoris pengeras suara alami untuk smartphone yang terbuat dari bahan bambu yang didesain untuk dapat mengeraskan suara (amplifier) tanpa menggunakan listrik.

Strength

  • Praktis digunakan dan mudah dibawa
  • Unik dan belum ada di pasaran
  • Green Product – ramah lingkungan tanpa baterai
  • Handmade – nilai seni dengan buatan tangan

Weakness

Opportunity

  • Belum banyak saingan
  • Meningkatknya pengguna smartphone di Indonesia
  • Tren Eco-lifestyle anak muda masa kini

Threat

  • Ancaman imitasi produk dari pihak luar
  • Persaingan dari merk yang sudah terkenal sebelumnya
  • Model speaker smartphone yang sering berubah

Contoh Analisa SWOT Untuk Produk Bisnis Makanan

Berikut contoh analisa SWOT dalam proposal usaha makanan berbahan dasar singkong yang diinovasikan dengan varian rasa serta pemasaran kekinian.

Analisis SWOT Produk Cassava Castle

Deskripsi Bisnis: Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam.

Strength

  • Produk memiliki nilai gizi tinggi
  • Bahan baku produk berpotensi untuk dihidangkan bersama seluruh jenis makanan, baik makanan ringan maupun berat, baik rasanya asin ataupu manis
  • Harga terjangkau bagi semua kalangan
  • Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga

Weakness

  • Pada awal pendirian kedai, pekerja kedai masih terbatas
  • Desain kedai yangBahan baku belum dapat diproduksi di lahan sendiri
  • Harga terjangkau bagi semua kalangan
  • Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga

Opportunity

  • Gaya hidup masyarakat yang senang makan di luar rumah
  • Kaum sosialita cenderung mencari kuliner unik
  • Bahan baku mudah didapat karena banyak diproduksi di Indonesia
  • Harga bahan baku murah (harga beli rendah) Lokasi kedai mudah ditemukan

Threat

  • Terdapat pesaing makanan yang beraneka rasa walaupun berbahan dasar selain singkong
  • Tantangan dalam menemukan tenaga ahli di bidang tata boga dan kuliner
  • Tantangan untuk menemukan arsitek yang dapat mendesain interior kedai
  • Bahan baku belum dapat ditanam di lahan milik sendiri

Oke, itulah ketiga contoh analisa SWOT baik untuk perusahaan maupun produk dari sebuah bisnis plan. Jika ada pertanyaan, kami terbuka untuk berdiskusi lewat kolom komentar.

Baca juga: Contoh Surat Dinas, Contoh Surat Lamaran Kerja

Tanya-Jawab Seputar Analisis SWOT

Untuk keperluan apa saja SWOT Analysis dibutuhkan?

Pada dasarnya, adanya metode analisa menggunakan teknik S.W.O.T ini bisa diaplikasi dalam bergai kebutuhan, diantaranya analisa perusahaan, analisa diri sendiri, bahkan dapat diimplementasikan dalam perekrutan karyawan oleh HR suatu perusahaan.

Apakah Analisis SWOT hanya bisa dilakukan oleh pihak tertentu?

Tidak, misal kamu ingin membuat analisa tentang bisnis Go-Jek, kamu bisa membuat analisa swot nya tanpa harus menjadi seorang pegawai disana. Bahkan dengan informasi weakness dan opportunity dari analisa sebuah bisnis, bisa saja kamu menciptakan ide bisnis baru untuk memecahkan solusi dari faktor W dan O tadi.

Apa maksud dari faktor internal perusahaan?

Yang dimaksud dengan faktor internal adalah aspek-aspek yang muncul dari dalam perusahaan itu sendiri. Misal yang termasuk faktor internal dalam sebuah perusahaan: aset yang dimiliki, kualitas tenaga kerja, teknologi yang digunakan, dan sebagainya.

Apa arti dari faktor eksternal perusahaan?

Faktor eksternal adalah aspek yang mempengaruhi perusahaan/bisnis namun ia berasal dari luar dan tidak bisa dikontrol oleh perusahaan Anda sendiri. Contoh yang termasuk aspek eksternal perusahaan: regulasi dari pemerintah, performa kompetitor, perubahan cuaca (jika ikut mempengaruhi bisnis anda).

Bagaimana cara menggunakan analisa SWOT ini?

Cara mengimplementasi hasil dari analisa SWOT memang tidak mudah. Diantara cara yang umum digunakan adalah melakukan scoring untuk setiap elemen S.W.O.T. Dengan sistem scoring ini, kamu bisa menentukan posisi perusahaan kamu sebenarnya dalam performa baik atau tidak (dibandingkan pesaing). Improvement yang bisa dilakukan diantaranya ialah mengurangi poin-poin minus pada elemen weakness, serta menjadikan opportunity sebagai strength di masa yang akan datang.

  • Nurfaidah

    NurfaidahNurfaidah

    Bagaimna dengan usaha perdagangan pestisida yang saat ini kami memiliki persainagn yyang sering mempermainkan harta? Trimakasih

    • karinov

      karinovkarinov

      Mungkin bisa dijelaskan lebih lanjut korelasinya dengan analisis swot perusahaan mas. hhe…

  • ikhwan ahsani

    ikhwan ahsaniikhwan ahsani

    sangat bagus untuk analisis. mohon diberikan contoh analisis pendirian industri pemecah batu andesit (stone crusher)

  • Muwa

    Kalau untuk organisasi lembaga pemerintah seperti BNN itu bagaimana cara menganalisis SWOT?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      biasanya analisis swot dilakukan oleh orang yang ada di dalam organisasi yang bersangkutan. karena strengh dan weakness yang tahu persis hanyalah orang yang ada dalam organisasi tersebut.

      tapi jika kamu memang harus menganalisis badan seperti bnn, mungkin kamu bisa berasumsi seolah2 kamu tahu fakta yang ada dalam organisasi tersebut. contohnya seperti ini.

      analisis swot BNN sebagai lembaga penanggulangan narkoba di Indonesia

      strength: kepastian sumber dana dari pemerintah (misal)
      weakness: tidak punya otoritas untuk menindak pelaku bisnis narkotika (misal)

      kalau threat dan opportunity adalah hal yang berasal dari luar, jadi kamu pun seharusnya bisa menganalisis sesuai dengan realitanya. semoga membantu

  • syafrizal

    syafrizalsyafrizal

    Bagaimana cara menyusun rumusan hasil SWOT, saya telah melakukan wawancara dengan orang dalam perusahaan. Namun saya agar kesulitan untuk melahirkan rekomendasinya. Apakah bisa bantu ?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      bisa mengacu pada contoh2 yang ada di atas pak. semakin sering membaca contoh2 analsis swot yang baik tentu kemampuan untuk analisa nya akan semakin baik

  • nabil

    apakah ada tools yang dapat digunakan untuk menganalisa 4 komponen swot satu persatu ?, sehingga jelas apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang bagi suatu perusahaan atau organisasi tersebut

    di sebagian artikel dijelaskan dengan tabel yang digabungkan seperti Strength dan opportunity (SO), weakness dan opportunity (WO), strength dan threat (ST), weakness dan threat (WT). itu bagaimana proses pembuatannya ?, bisakah dijelaskan di arrtikel yang lain ?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Untuk sementara ini, penjelasan mengenai analisis swot hanya seperti yang kami jabarkan di atas. terima kasih atas masukannya.

    • Laura

      Apakah cara menganalisis swot pada perusahaan harus melalui wawancara langsung dang mendalam pada perusahaan terkait?

      • Editorial Staff

        Editorial StaffEditorial Staff

        tidak harus, wawancara itu salah satu cara untuk mendapatkan data primer, sedang metoda lain untuk mendapatkan data sekunder masih bisa didapatkan seperti studi literatur, membaca SOP perusahaan dsbg.

  • angeline suwandi

    angeline suwandiangeline suwandi

    halo, saya sedikit kebingungan dalam mendapatkan data utk analisis SWOT. kira-kira data apa yang perlu saya minta dari perusahaan terkait? apakah analisis SWOT harus menggunakan kuesioner atau bisa hanya dengan wawancara dengan top management dan pengamatan? mohon bantuannya

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      ya, semua metoda di atas dapat dilakukan untuk merumuskan analisis swot. sebenarnya, tidak harus masuk langsung ke pihak dalam perusahaannya karena analisis swot juga bisa dilakukan oleh pihak luar (eksternal)

  • Ramlah

    Salam..untuk analisis di lembaga keuanga kak contohnya kyak gmana. Kan biasanya lembaga keuangan sensitif dan biasa.y sifat.y privasi

  • sunarto

    sunartosunarto

    ijin nyimak pak, masih dalam masa belajar