Dalam kondisi yang tidak menentu seperti sekarang ini, perusahaan dituntut untuk dapat sesegera mungkin menyusun strategi baru untuk tetap menjalankan roda bisnisnya. Melakukan Analisis SWOT untuk menganalisis kondisi perusahaan saat ini bisa menjadi modal awal dalam menyusun strategi perusahaan ke depan.

SWOT yang merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats tentu tidak hanya bicara mengenai narasi, tetapi juga dapat membantu Anda dalam mengetahui mana yang bekerja dengan baik saat ini dan mana yang tidak di dalam proses bisnis perusahaan.

Apa itu analisa SWOT

SWOT merupakan teknik untuk menganalisa keempat aspek penting dalam sebuah organisasi bisnis. Hasil analisis SWOT ini sendiri dapat dimanfaatkan salah satunya untuk menyusun strategi pengembangan yang tepat di masa yang akan datang.

Daftar isi: Tahapan Analisis SWOTDownload Template SWOTAspek Internal dan EksternalCara pembuatan SWOTContoh SWOT bisnis eksporContoh SWOT bisnis kreatifContoh SWOT bisnis MakananTanya-jawab SWOT

Tahapan Analisis SWOT

Setidaknya, ada 5 tahapan umum jika kamu ingin melakukan analisa SWOT yang efektif. Kelima tahap tersebut adalah:

  1. Tentukan tujuan dibuatnya analisa SWOT
  2. Buat gambaran umum mengenai profil usaha, bisnis proses serta target market yang perusahaan Anda sasar
  3. Tentukan keempat elemen SWOT mulai dari strength, weakness, opportunity, dan threats
  4. Berikan prioritas mana sisi yang harus diperbaiki terlebih dahulu dari hasil SWOT tersebut
  5. Buat strategi yang terperinci, lebih baik lagi jika dibuat secara kuantitatif menggunakan matriks swot.

Dengan mengikuti lima tahap di atas, Anda dapat lebih mudah menyusun analisa SWOT. Perkaya analisis Anda dengan menggunakan template serta tips-tips yang kami sampaikan di dalam tulisan ini hingga selesai.

Download Template Analisis SWOT

Berikut contoh template untuk membuat analisa swot dalam format Power Point (PPTX). Anda hanya perlu untuk menekan tombol download template ppt dibawah ini.

Contoh template SWOT dari Karinov
Contoh template SWOT dari Karinov

Aspek Internal dan Eksternal dalam Analisis SWOT

Secara umum, analisa SWOT dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut meliputi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan faktor eksternal meliputi Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).

  • Contoh dari faktor internal yang dimaksud disini ialah aspek yang berasal dari dalam perusahaan Anda sendiri. Misalnya mengenai performa karyawan, lokasi dan kondisi kantor fisik perusahaan, serta elemen lainnya yang dapat dikendalikan oleh perusahaan Anda sendiri.
  • Contoh dari faktor eksternal dalam konteks SWOT berarti segala aspek yang tidak bisa dikendalikan dari dalam perusahaan Anda. Diantara yang termasuk faktor eksternal seperti regulasi pemerintah setempat, kondisi ekonomi global, hinnga trend prilaku konsumen.

Cara Membuat Analisis SWOT

Setelah mengetahui pengelompokan keempat elemen dalm analisis SWOT, Anda seharusnya bisa lebih mudah dalam menyusun SWOT yang baik. Berikut panduan umum yang membantu Anda dalam membuat analisis SWOT perusahaan:

Template pertanyaan dalam analisis SWOT
Template pertanyaan dalam analisis SWOT

Strength (Kelebihan)
Strength merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh positif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?
  • Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
  • Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?

Baca juga: Contoh Company Profile dan Pitch Deck ala Startup

Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh negatif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
  • Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
  • Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?

Opportunities (Peluang)
opportunities merupakan situasi atau kondisi yang merupakan peluang atau kesempatan di luar perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan peluang untuk berkembang di kemudian hari. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
  • Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

Threats (Ancaman)
Threats merupakan ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang bisa menghambat laju perkembangan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
  • Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
  • Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
  • Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?

Contoh Analisa SWOT dalam Proposal Bisnis Ekspor

Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam proposal rencana bisnis ekspor dari perusahaan Indochemical Agrotech terkait ekspor produk pupuk ke negara Malaysia.
Analisa SWOT Indochemical Agotech dalam Rangka Ekspor Pupuk

Indochemical Agrochemicals Technology merupakan usaha kecil dan menegah (IUKM) yang bergerak dalam bidang produksi pupuk dengan target pasar ekspor.

Faktor Internal Perusahaan

Strength

  • Perusahaan memiliki sosial value yang kuat
  • Visi perusahaan didukung oleh latar belakang keilmuan
  • Sistem produksi bebas dari penggunaan bahan kimia
  • Kapasitas produksi cukup untuk memenuhi kebutuhan ekspor
  • Memiliki potensi pengembangan produk hasil pertanian lainnya

Weakness

  • Belum memiliki sertifikasi organik
  • Workshop permanen masih perlu perbaikan
  • Belum berpengalaman dalam ekspor-impor skala besar

Faktor Eksternal (di luar perusahaan)

Opportunity

  • Sumber bahan baku dan SDM melimpah
  • Kebutuhan pupuk organik semakin meningkat
  • Regulasi pupuk organik untuk masuk ke negara Malaysia tidak begitu rumit

Threat

  • Pupuk vermikompos belum begitu dikenal di level industri
  • Pasar pupuk di Malaysia telah didominasi produk dari Belanda, Thailand, dan China

Contoh di atas mengikuti format analisa swot dengan membagi indikator ke dalam dua kategori terlebih dahulu yaitu faktor internal perusahaan dan faktor eksternal. Contoh lain dari penulisan analisa SWOT dapat dilihat pada 2 contoh lainnya di bawah ini.

Contoh Analisa SWOT dalam Proposal Bisnis Kreatif

analisa swot bisnis plan
Contoh analisa swot dalam bisnis plan

Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam sebuah bisnis plan BamBoo Speaker. Produk kreatif aksesoris gadget ramah lingkungan, pengeras suara smartphone berbahan dasar bambu.

Analisa SWOT Bisnis Plan Bamboo Speaker

Deskripsi Bisnis: Bamboo speaker dock merupakan produk aksesoris pengeras suara alami untuk smartphone yang terbuat dari bahan bambu yang didesain untuk dapat mengeraskan suara (amplifier) tanpa menggunakan listrik.

Strength

  • Praktis digunakan dan mudah dibawa
  • Unik dan belum ada di pasaran
  • Green Product – ramah lingkungan tanpa baterai
  • Handmade – nilai seni dengan buatan tangan

Weakness

Opportunity

  • Belum banyak saingan
  • Meningkatknya pengguna smartphone di Indonesia
  • Tren Eco-lifestyle anak muda masa kini

Threat

  • Ancaman imitasi produk dari pihak luar
  • Persaingan dari merk yang sudah terkenal sebelumnya
  • Model speaker smartphone yang sering berubah

Contoh Analisa SWOT Untuk Produk Bisnis Makanan

Berikut contoh analisa SWOT dalam proposal usaha makanan berbahan dasar singkong yang diinovasikan dengan varian rasa serta pemasaran kekinian.

Analisis SWOT Produk Cassava Castle

Deskripsi Bisnis: Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam.

Strength

  • Produk memiliki nilai gizi tinggi
  • Bahan baku produk berpotensi untuk dihidangkan bersama seluruh jenis makanan, baik makanan ringan maupun berat, baik rasanya asin ataupu manis
  • Harga terjangkau bagi semua kalangan
  • Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga

Weakness

  • Pada awal pendirian kedai, pekerja kedai masih terbatas
  • Desain kedai yangBahan baku belum dapat diproduksi di lahan sendiri
  • Harga terjangkau bagi semua kalangan
  • Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga

Opportunity

  • Gaya hidup masyarakat yang senang makan di luar rumah
  • Kaum sosialita cenderung mencari kuliner unik
  • Bahan baku mudah didapat karena banyak diproduksi di Indonesia
  • Harga bahan baku murah (harga beli rendah) Lokasi kedai mudah ditemukan

Threat

  • Terdapat pesaing makanan yang beraneka rasa walaupun berbahan dasar selain singkong
  • Tantangan dalam menemukan tenaga ahli di bidang tata boga dan kuliner
  • Tantangan untuk menemukan arsitek yang dapat mendesain interior kedai
  • Bahan baku belum dapat ditanam di lahan milik sendiri

Oke, itulah ketiga contoh analisa SWOT baik untuk perusahaan maupun produk dari sebuah bisnis plan. Jika ada pertanyaan, kami terbuka untuk berdiskusi lewat kolom komentar.

Baca juga: Contoh Surat Dinas, Contoh Surat Lamaran Kerja

Tanya-Jawab Seputar Analisis SWOT

Untuk keperluan apa saja SWOT Analysis dibutuhkan?

Pada dasarnya, adanya metode analisa menggunakan teknik S.W.O.T ini bisa diaplikasi dalam bergai kebutuhan, diantaranya analisa perusahaan, analisa diri sendiri, bahkan dapat diimplementasikan dalam perekrutan karyawan oleh HR suatu perusahaan.

Apakah Analisis SWOT hanya bisa dilakukan oleh pihak tertentu?

Tidak, misal kamu ingin membuat analisa tentang bisnis Go-Jek, kamu bisa membuat analisa swot nya tanpa harus menjadi seorang pegawai disana. Bahkan dengan informasi weakness dan opportunity dari analisa sebuah bisnis, bisa saja kamu menciptakan ide bisnis baru untuk memecahkan solusi dari faktor W dan O tadi.

Apa maksud dari faktor internal perusahaan?

Yang dimaksud dengan faktor internal adalah aspek-aspek yang muncul dari dalam perusahaan itu sendiri. Misal yang termasuk faktor internal dalam sebuah perusahaan: aset yang dimiliki, kualitas tenaga kerja, teknologi yang digunakan, dan sebagainya.

Apa arti dari faktor eksternal perusahaan?

Faktor eksternal adalah aspek yang mempengaruhi perusahaan/bisnis namun ia berasal dari luar dan tidak bisa dikontrol oleh perusahaan Anda sendiri. Contoh yang termasuk aspek eksternal perusahaan: regulasi dari pemerintah, performa kompetitor, perubahan cuaca (jika ikut mempengaruhi bisnis anda).

Bagaimana cara menggunakan analisa SWOT ini?

Cara mengimplementasi hasil dari analisa SWOT memang tidak mudah. Diantara cara yang umum digunakan adalah melakukan scoring untuk setiap elemen S.W.O.T. Dengan sistem scoring ini, kamu bisa menentukan posisi perusahaan kamu sebenarnya dalam performa baik atau tidak (dibandingkan pesaing). Improvement yang bisa dilakukan diantaranya ialah mengurangi poin-poin minus pada elemen weakness, serta menjadikan opportunity sebagai strength di masa yang akan datang.

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.