Dalam kondisi yang tidak menentu seperti sekarang ini, perusahaan dituntut untuk dapat sesegera mungkin menyusun strategi baru untuk tetap menjalankan roda bisnisnya. Melakukan Analisis SWOT untuk menganalisis kondisi perusahaan saat ini bisa menjadi modal awal dalam menyusun strategi perusahaan ke depan.

SWOT yang merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats tentu tidak hanya bicara mengenai narasi, tetapi juga dapat membantu Anda dalam mengetahui mana yang bekerja dengan baik saat ini dan mana yang tidak di dalam proses bisnis perusahaan.

Apa itu analisa SWOT

SWOT merupakan teknik untuk menganalisa keempat aspek penting dalam sebuah organisasi bisnis. Hasil analisis SWOT ini sendiri dapat dimanfaatkan salah satunya untuk menyusun strategi pengembangan yang tepat di masa yang akan datang.

Tahapan Analisis SWOT

Setidaknya, ada 5 tahapan umum jika kamu ingin melakukan analisa SWOT yang efektif. Kelima tahap tersebut adalah:

  1. Tentukan tujuan dibuatnya analisa SWOT
  2. Buat gambaran umum mengenai profil usaha, bisnis proses serta target market yang perusahaan Anda sasar
  3. Tentukan keempat elemen SWOT mulai dari strength, weakness, opportunity, dan threats
  4. Berikan prioritas mana sisi yang harus diperbaiki terlebih dahulu dari hasil SWOT tersebut
  5. Buat strategi yang terperinci, lebih baik lagi jika dibuat secara kuantitatif menggunakan matriks swot.

Dengan mengikuti lima tahap di atas, Anda dapat lebih mudah menyusun analisa SWOT. Perkaya analisis Anda dengan menggunakan template serta tips-tips yang kami sampaikan di dalam tulisan ini hingga selesai.

Download Template Analisis SWOT

Berikut contoh template untuk membuat analisa swot dalam format Power Point (PPTX). Anda hanya perlu untuk membagikan artikel di salah satu media sosial, lalu menunggu link unduh template ppt muncul dibawah form ini.

Contoh template SWOT dari Karinov
Contoh template SWOT dari Karinov

Aspek Internal dan Eksternal dalam Analisis SWOT

Secara umum, analisa SWOT dapat dibagi ke dalam dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal tersebut meliputi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan faktor eksternal meliputi Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman).

  • Contoh dari faktor internal yang dimaksud disini ialah aspek yang berasal dari dalam perusahaan Anda sendiri. Misalnya mengenai performa karyawan, lokasi dan kondisi kantor fisik perusahaan, serta elemen lainnya yang dapat dikendalikan oleh perusahaan Anda sendiri.
  • Contoh dari faktor eksternal dalam konteks SWOT berarti segala aspek yang tidak bisa dikendalikan dari dalam perusahaan Anda. Diantara yang termasuk faktor eksternal seperti regulasi pemerintah setempat, kondisi ekonomi global, hinnga trend prilaku konsumen.

Cara Membuat Analisis SWOT

Setelah mengetahui pengelompokan keempat elemen dalm analisis SWOT, Anda seharusnya bisa lebih mudah dalam menyusun SWOT yang baik. Berikut panduan umum yang membantu Anda dalam membuat analisis SWOT perusahaan:

Template pertanyaan dalam analisis SWOT

Template pertanyaan dalam analisis SWOT

Strength (Kelebihan)
Strength merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh positif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organsiasi kita?
  • Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
  • Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang menyebabkan perusahaan kita mendapatkan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen kita sebagai suatu kelebihan?

Baca juga: Contoh Company Profile dan Pitch Deck ala Startup

Weakness (Kelemahan)
Weakness merupakan situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan pengaruh negatif pada saat ini atau pun di masa yang akan datang. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Apa yang dapat kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi?
  • Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi kita?
  • Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi kita?

Opportunities (Peluang)
opportunities merupakan situasi atau kondisi yang merupakan peluang atau kesempatan di luar perusahaan atau organisasi yang bisa memberikan peluang untuk berkembang di kemudian hari. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Kesempatan apa yang dapat kita lihat?
  • Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

Threats (Ancaman)
Threats merupakan ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi oleh perusahaan atau organisasi yang bisa menghambat laju perkembangan dari perusahaan atau organisasi tersebut. Analisa ini dapat diisi menggunakan panduan berikut:

  • Hambatan apa yang sedang kita hadapi sekarang?
  • Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
  • Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi kita?
  • Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?

Contoh Analisa SWOT dalam Proposal Bisnis Ekspor

Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam proposal rencana bisnis ekspor dari perusahaan Indochemical Agrotech terkait ekspor produk pupuk ke negara Malaysia.

Analisa SWOT Indochemical Agotech dalam Rangka Ekspor Pupuk

Indochemical Agrochemicals Technology merupakan usaha kecil dan menegah (IUKM) yang bergerak dalam bidang produksi pupuk dengan target pasar ekspor.

Faktor Internal Perusahaan

  • Perusahaan memiliki sosial value yang kuat
  • Visi perusahaan didukung oleh latar belakang keilmuan
  • Sistem produksi bebas dari penggunaan bahan kimia
  • Kapasitas produksi cukup untuk memenuhi kebutuhan ekspor
  • Memiliki potensi pengembangan produk hasil pertanian lainnya
  • Belum memiliki sertifikasi organik
  • Workshop permanen masih perlu perbaikan
  • Belum berpengalaman dalam ekspor-impor skala besar

Faktor Eksternal (di luar perusahaan)

  • Sumber bahan baku  dan SDM melimpah
  • Kebutuhan pupuk organik semakin meningkat
  • Regulasi pupuk organik untuk masuk ke negara Malaysia tidak begitu rumit
  • Pupuk vermikompos belum begitu dikenal di level industri
  • Pasar pupuk di Malaysia telah didominasi produk dari Belanda, Thailand, dan China

Contoh di atas mengikuti format analisa swot dengan membagi indikator ke dalam dua kategori terlebih dahulu yaitu faktor internal perusahaan dan faktor eksternal. Contoh lain dari penulisan analisa SWOT dapat dilihat pada 2 contoh lainnya di bawah ini.

Contoh Analisa SWOT dalam Proposal Bisnis Kreatif

analisa swot bisnis plan

Contoh analisa swot dalam bisnis plan

Berikut contoh analisa SWOT dan penggunaannya dalam sebuah bisnis plan BamBoo Speaker. Produk kreatif aksesoris gadget ramah lingkungan, pengeras suara smartphone berbahan dasar bambu.

Analisa SWOT Bisnis Plan Bamboo Speaker

Deskripsi Bisnis: Bamboo speaker dock merupakan produk aksesoris pengeras suara alami untuk smartphone yang terbuat dari bahan bambu yang didesain untuk dapat mengeraskan suara (amplifier) tanpa menggunakan listrik.

Strength

  • Praktis digunakan dan mudah dibawa
  • Unik dan belum ada di pasaran
  • Green Product – ramah lingkungan tanpa baterai
  • Handmade – nilai seni dengan buatan tangan

Weakness

Opportunity

  • Belum banyak saingan
  • Meningkatknya pengguna smartphone di Indonesia
  • Tren Eco-lifestyle anak muda masa kini

Threat

  • Ancaman imitasi produk dari pihak luar
  • Persaingan dari merk yang sudah terkenal sebelumnya
  • Model speaker smartphone yang sering berubah

Contoh Analisa SWOT Untuk Produk Bisnis Makanan

Berikut contoh analisa SWOT dalam proposal usaha makanan berbahan dasar singkong yang diinovasikan dengan varian rasa serta pemasaran kekinian.

Analisis SWOT Produk Cassava Castle

Deskripsi Bisnis: Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam.

Strength

  • Produk memiliki nilai gizi tinggi
  • Bahan baku produk berpotensi untuk dihidangkan bersama seluruh jenis makanan, baik makanan ringan maupun berat, baik rasanya asin ataupu manis
  • Harga terjangkau bagi semua kalangan
  • Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga

Weakness

  • Pada awal pendirian kedai, pekerja kedai masih terbatas
  • Desain kedai yangBahan baku belum dapat diproduksi di lahan sendiri
  • Harga terjangkau bagi semua kalangan
  • Desain kedai yang unik dan menyediakan fasilitas bermain bagi keluarga

Opportunity

  • Gaya hidup masyarakat yang senang makan di luar rumah
  • Kaum sosialita cenderung mencari kuliner unik
  • Bahan baku mudah didapat karena banyak diproduksi di Indonesia
  • Harga bahan baku murah (harga beli rendah) Lokasi kedai mudah ditemukan

Threat

  • Terdapat pesaing makanan yang beraneka rasa walaupun berbahan dasar selain singkong
  • Tantangan dalam menemukan tenaga ahli di bidang tata boga dan kuliner
  • Tantangan untuk menemukan arsitek yang dapat mendesain interior kedai
  • Bahan baku belum dapat ditanam di lahan milik sendiri

Oke, itulah ketiga contoh analisa SWOT baik untuk perusahaan maupun produk dari sebuah bisnis plan. Jika ada pertanyaan, kami terbuka untuk berdiskusi lewat kolom komentar.

Baca juga: Contoh Surat Dinas, Contoh Surat Lamaran Kerja

Tanya-Jawab Seputar Analisis SWOT

Untuk keperluan apa saja SWOT Analysis dibutuhkan?

Pada dasarnya, adanya metode analisa menggunakan teknik S.W.O.T ini bisa diaplikasi dalam bergai kebutuhan, diantaranya analisa perusahaan, analisa diri sendiri, bahkan dapat diimplementasikan dalam perekrutan karyawan oleh HR suatu perusahaan.

Apakah Analisis SWOT hanya bisa dilakukan oleh pihak tertentu?

Tidak, misal kamu ingin membuat analisa tentang bisnis Go-Jek, kamu bisa membuat analisa swot nya tanpa harus menjadi seorang pegawai disana. Bahkan dengan informasi weakness dan opportunity dari analisa sebuah bisnis, bisa saja kamu menciptakan ide bisnis baru untuk memecahkan solusi dari faktor W dan O tadi.

Apa maksud dari faktor internal perusahaan?

Yang dimaksud dengan faktor internal adalah aspek-aspek yang muncul dari dalam perusahaan itu sendiri. Misal yang termasuk faktor internal dalam sebuah perusahaan: aset yang dimiliki, kualitas tenaga kerja, teknologi yang digunakan, dan sebagainya.

Apa arti dari faktor eksternal perusahaan?

Faktor eksternal adalah aspek yang mempengaruhi perusahaan/bisnis namun ia berasal dari luar dan tidak bisa dikontrol oleh perusahaan Anda sendiri. Contoh yang termasuk aspek eksternal perusahaan: regulasi dari pemerintah, performa kompetitor, perubahan cuaca (jika ikut mempengaruhi bisnis anda).

Bagaimana cara menggunakan analisa SWOT ini?

Cara mengimplementasi hasil dari analisa SWOT memang tidak mudah. Diantara cara yang umum digunakan adalah melakukan scoring untuk setiap elemen S.W.O.T. Dengan sistem scoring ini, kamu bisa menentukan posisi perusahaan kamu sebenarnya dalam performa baik atau tidak (dibandingkan pesaing). Improvement yang bisa dilakukan diantaranya ialah mengurangi poin-poin minus pada elemen weakness, serta menjadikan opportunity sebagai strength di masa yang akan datang.

[wbcr_html_snippet id=”7772″]

  • Nurfaidah

    NurfaidahNurfaidah

    Reply

    Bagaimna dengan usaha perdagangan pestisida yang saat ini kami memiliki persainagn yyang sering mempermainkan harta? Trimakasih

    • karinov

      karinovkarinov

      Reply

      Mungkin bisa dijelaskan lebih lanjut korelasinya dengan analisis swot perusahaan mas. hhe…

  • ikhwan ahsani

    ikhwan ahsaniikhwan ahsani

    Reply

    sangat bagus untuk analisis. mohon diberikan contoh analisis pendirian industri pemecah batu andesit (stone crusher)

  • Muwa

    MuwaMuwa

    Reply

    Kalau untuk organisasi lembaga pemerintah seperti BNN itu bagaimana cara menganalisis SWOT?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      biasanya analisis swot dilakukan oleh orang yang ada di dalam organisasi yang bersangkutan. karena strengh dan weakness yang tahu persis hanyalah orang yang ada dalam organisasi tersebut.

      tapi jika kamu memang harus menganalisis badan seperti bnn, mungkin kamu bisa berasumsi seolah2 kamu tahu fakta yang ada dalam organisasi tersebut. contohnya seperti ini.

      analisis swot BNN sebagai lembaga penanggulangan narkoba di Indonesia

      strength: kepastian sumber dana dari pemerintah (misal)
      weakness: tidak punya otoritas untuk menindak pelaku bisnis narkotika (misal)

      kalau threat dan opportunity adalah hal yang berasal dari luar, jadi kamu pun seharusnya bisa menganalisis sesuai dengan realitanya. semoga membantu

  • syafrizal

    syafrizalsyafrizal

    Reply

    Bagaimana cara menyusun rumusan hasil SWOT, saya telah melakukan wawancara dengan orang dalam perusahaan. Namun saya agar kesulitan untuk melahirkan rekomendasinya. Apakah bisa bantu ?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      bisa mengacu pada contoh2 yang ada di atas pak. semakin sering membaca contoh2 analsis swot yang baik tentu kemampuan untuk analisa nya akan semakin baik

  • nabil

    nabilnabil

    Reply

    apakah ada tools yang dapat digunakan untuk menganalisa 4 komponen swot satu persatu ?, sehingga jelas apa yang menjadi kekuatan, kelemahan, ancaman, dan peluang bagi suatu perusahaan atau organisasi tersebut

    di sebagian artikel dijelaskan dengan tabel yang digabungkan seperti Strength dan opportunity (SO), weakness dan opportunity (WO), strength dan threat (ST), weakness dan threat (WT). itu bagaimana proses pembuatannya ?, bisakah dijelaskan di arrtikel yang lain ?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      Untuk sementara ini, penjelasan mengenai analisis swot hanya seperti yang kami jabarkan di atas. terima kasih atas masukannya.

    • Laura

      LauraLaura

      Reply

      Apakah cara menganalisis swot pada perusahaan harus melalui wawancara langsung dang mendalam pada perusahaan terkait?

      • Editorial Staff

        Editorial StaffEditorial Staff

        Reply

        tidak harus, wawancara itu salah satu cara untuk mendapatkan data primer, sedang metoda lain untuk mendapatkan data sekunder masih bisa didapatkan seperti studi literatur, membaca SOP perusahaan dsbg.

  • angeline suwandi

    angeline suwandiangeline suwandi

    Reply

    halo, saya sedikit kebingungan dalam mendapatkan data utk analisis SWOT. kira-kira data apa yang perlu saya minta dari perusahaan terkait? apakah analisis SWOT harus menggunakan kuesioner atau bisa hanya dengan wawancara dengan top management dan pengamatan? mohon bantuannya

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      ya, semua metoda di atas dapat dilakukan untuk merumuskan analisis swot. sebenarnya, tidak harus masuk langsung ke pihak dalam perusahaannya karena analisis swot juga bisa dilakukan oleh pihak luar (eksternal)

  • Ramlah

    RamlahRamlah

    Reply

    Salam..untuk analisis di lembaga keuanga kak contohnya kyak gmana. Kan biasanya lembaga keuangan sensitif dan biasa.y sifat.y privasi

  • sunarto

    sunartosunarto

    Reply

    ijin nyimak pak, masih dalam masa belajar

  • Gunawan zebua

    Gunawan zebuaGunawan zebua

    Reply

    Analisa SWOT ini cukup membantu menurut saya, tapi sulit untuk di jalankan. Saya mau bertanyak, bagaimana cara kita untuk menganalisa/observasi sekolah, penjara dalam bentuk analisa SWOT. Sehingga saya dapat mencari tahu karakter mereka dalam pertumbuhan Rohani, dalam bidang pastoral konseling, mohon bantu.

    • Budi irawan

      Budi irawanBudi irawan

      Reply

      Bagaimana cara menentukan analisis SWOT di rumah sakit? Jika weekneses lebih besar dari oppurtunity bagaimana? Apakah rumah sakit dibubarkan? Tapi dalam hal strong lebih besar dari threat.

  • IDA S

    IDA SIDA S

    Reply

    Bagaimana jika swot dipakai untuk pembelajaran di sekolah?

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      Bisa saja, kalau dalam dunia perkuliahan biasanya masuk di bahasan kewirausahaan.

  • Andi

    AndiAndi

    Reply

    Informasinya sangat mudah dipahami.
    Terima kasih.

  • Ahmad aoleh

    Ahmad aolehAhmad aoleh

    Reply

    ANALISIS SWOT LG ELECTRONICS
    1. PENDAHULUAN

    LG Group

    Logo LG

    LG Group adalah sebuah chaebol (konglomerat) besar Korea Selatan, yang memproduksi perangkat elektronik (termasuk domotik), telepon genggam, dan petrokimia.

    Nama LG berasal dari singkatan “Lucky – Goldstar”, nama perusahaan tersebut sampai 1995.

    Sejarah

    Didirikan pada 1947, Lucky Chemical Industrial Co. (sekarang disebut LG Chemical), adalah merupakan perusahaan kimia pertama di Korea. Perusahaan ini merupakan sebuah kerja sama antara keluarga Koo dan Heo, yang telah memiliki bisnis yang saling bersaing satu sama lain untuk beberapa generasi. Grup ini memperluas ke peralatan rumah tangga pada 1958 di bawah nama Goldstar Electronics Co. (sekarang disebut LG Electronics), yang merupakan perusahaan elektronik pertama di negara tersebut.

    Pada tanggal 4 November 1959, Kookje Daily News, sebuah surat kabar paling berpengaruh di Korea mempublikasikan kisah tentang radio buatan Korea yang pertama yang dikembangkan dan dirakit oleh Goldstar yaitu A-501. Dengan kandungan komponen lokal sebesar 60%, A-501 menciptakan sejarah baru bagi industri elektronik Korea.

    Menyandang gelar sebagai ” Perusahaan Elektronik Pertama Korea”, slogan seperti “The First” dan ” The Best” selalu menyertai LG Electronics. Setelah suskses memproduksi radio, berturut-turut LG Electronics mengembangkan berbagai produk buatan Korea pertama, a.l telepon, lemari es, televisi, pendingin udara dan mesin cuci.

    Sponsor

    LG Electronics mensponsori klub sepak bola Inggris yaitu Leicester City dan Weyside Rovers (Guildford) dari tahun 2000 sampai 2002. LG Electronics sekarang mensponsori Fulham F.C, klub sepak bola Brazil São Paulo F.C., AEK dari Yunani, International Cricket Council, klub Australia Fremantle Football Club dan klub National Rugby League, Cronulla Sharks.

    Divisi Bisnis

    * Mobile communications

    Produknya adalah: telepon seluler dan notebook (sejak 2008, sebelumnya diproduksi oleh Digital Media) dengan ikon-ikon yang terkenal, a.l. Chocholate, Shine, Secret dan Cookie dan X-Note untuk notebook.

    * Digital appliance

    Produknya adalah: kulkas, AC, mesin cuci, vacuum cleaner, air purifier, wine storage dll.

    * Digital display

    Produknya adalah: televisi (CRT, LCD dan PDP), monitor (CRT dan LCD), proyector (LCD dan DLP)

    * Digital media

    Produknya adalah: perangkat audio/video (car audio, home theater system, DVD player, DVD recorder dll)

    Merk Dagang

    * & – Pemutar MP3
    * Cyon – Handphone
    * Dios – Perangkat Elektronika
    * Flatron – Monitor komputer, TV
    * IrisAccess
    * Platon – TV CRT
    * Super Multi – Paten untuk Pembakar DVD+R(W)/-RAM
    * Whisen – Pendingin Udara
    * Xcanvas – HDTV PDP & LCD
    * Xnote – Laptop
    * XD Engine – Teknologi TV
    * Xpion – Komputer Desktop