Bagi sebagian besar pelajar di level universitas, menyajikan hasil penelitian dalam bentuk presentasi adalah suatu rutinitas. Tidak terkecuali dengan tugas akhir atau skripsi sebagai syarat kelulusan. Sayangnya, metode penulisan skrispi yang kompleks membuat kita kadang terjebak dalam menyajikan presentasi yang rumit dan sulit dimengerti oleh audience.

Pada tulisan ini, kami akan menampilkan template PPT yang dapat membantu Anda untuk dapat menampilkan hasil skripsi dengan lebih menarik. Dengan bantuan background yang relatif simple, Anda juga dapat menampilkan faktor esensi dari sebuah karya ilmiah seperti data, grafik, juga alur metode penelitian.

Panduan Presentasi Skripsi Universitas

Setidaknya, ada beberapa hal dasar yang harus dicantumkan dalam presentasi skripsi atau tugas akhir sarjana Anda. Berikut guidelines singkat apa-apa saja yang harus Anda sertakan mengikuti template PPT berikut ini:

  1. Judul penelitian dan nama penulis skripsi, biasanya dilengkapi juga dengan keterangan program studi serta nama dosen pembimbing.
  2. Background singkat yang melatar belakangi lahirnya penelitian ini. Baik jika disajikan dalam bentuk poin-poin.
  3. Tujuan penelitian. PENTING: Data dan hasil penelitian yang Anda dapatkan harus menjawab tujuan yang disampaikan di bagian ini.
  4. Alur atau metode penelitian. Bagaimana cara Anda melakukan penelitian ini dari mulai tahap persiapan hingga pengambilan data.
  5. Hasil pengamatan dan pembahasan. Sajikan data dalam bentuk grafik dan pastikan Anda dapat menjelaskan fenomena dibalik grafik tersebut.
  6. Kesimpulan dan saran. Berikan jawaban atas tujuan penelitian yang telah Anda kemukakan di awal.
  7. Daftar pustaka. Tulis sitasi dari hasil penelitian-penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan skripsi Anda.

Referensi terkait

Bingung bagaimana cara membawakan presentasi akademik anti boring? Ikuti 5 step dari Harvard Business Review berikut agar presentasi lebih menarik: How to Give a Killer Presentation

Untuk lebih jelasnya, kamu dapat melihat penjabaran cara membuat presentasi skripsi yang baik dari contoh PPT berikut ini.

Slide Cover: Judul dan Nama Penulis

cover ppt skripsi PTN
Contoh cover PPT skripsi

Pada slide pertama ini, Anda harus menuliskan judul presentasi dengan lengkap sesuai dengan judul skripsi yang kamu buat. Contoh diatas merupakan format cover ppt untuk perguruan tinggi negeri yang disyaratkan untuk mencantumkan pula peruntukan presentasi. Dalam hal ini, ppt tersebut dibuat untuk keperluan seminar tugas akhir penelitian.

Latar belakang dan Tujuan Penelitian

Latar belakang penelitian skripsi
Latar belakang penelitian skripsi

Berikan gambaran singkat mengapa akhirnya kamu memilih untuk melakukan penelitian tersebut. Dengan pemaparan latar belakang masalah serta tujuan penelitian yang baik, pendengar presentasi kamu akan lebih mudah untuk memahami konteks dari penelitian yang Anda lakukan.

Metode dan Metodologi Penelitian

Contoh metode dan alur penelitian ilmiah
Contoh metode dan alur penelitian ilmiah

Boleh dibilang, keseriusan dalam membuat skripsi akan mulai terlihat saat Anda mempresentasikan bagian ini. Metode penelitian dapat disajikan dengan lebih mudah berkat bantuan visual dari PowerPoint, namun hal itu tidak berlaku untuk metodologi skripsi. Lalu apa perbedaan metode dengan metodologi?

Metode penelitian berbicara hal yang lebih umum dan mudah dipahami orang awam seperti alat, bahan, dan alur kerja penelitian. Namun metodologi, biasanya lebih berupa prosedur spesifik yang menjelaskan bagaimana cara Anda melakukan pengambilan data, mengolah data tersebut. Agar lebih jelas, kamu dapat melihat contoh penyajian metodologi penelitian dalam slide berikut.

Contoh metodologi pengolahan data skripsi
Contoh metodologi pengolahan data skripsi

Hasil dan Pembahasan

Kesalahan terbesar para presenter skripsi mayoritas ada di bagian ini. Mulai dari ukuran tulisan yang lebih kecil dari standar, penyajian data yang sulit dipahami, hingga tidak adanya seleksi data mana yang ingin ditampilkan jadi isu utama kebanyakan orang.

Penting untuk diingat bahwa pada saat presentasi waktu yang Anda miliki terbatas. Oleh karenanya, pastikan apa yang Anda sampaikan pada slide ini hanyalah hasil signifikan yang memang mendukung kesimpulan utama dalam skripsi Anda.

Hasil pembahasan dalam presentasi skripsi

Cara pembuatan slide di bagian hasil ini bisa Anda lakukan dengan hanya menyajikan grafik dan data dengan keterangan jelas saja. Adapun pembahasan lebih detil lebih baik jika disampaikan dalam bentuk lisan sebagai bukti bahwa Anda menguasai sepenuhnya arti dari setiap data di presentasi skripsi ini.

Perlu dicatat bahwa dalam setiap pencantuman grafik atau tabel tertentu, pastikan Anda memberikan keterangan pendukung yang membuat orang dapat memahami arti angka tersebut. Dalam kasus grafik diatas, keterangan terdapat pada y axis dan x axis masing-masing sumbu.

Kesimpulan, Saran dan Daftar Pustaka

Bagian ini merupakan bagian terakhir yang akan menutup presentasi skripsi Anda. Rasa-rasanya, tidak ada tips trik khusus dalam menyusun presentasi bagian akhir ini kecuali Anda harus sebisa mungkin meminimalisir kesalahan dari dua slide terakhir ini. Kesimpulan dan saran dapat Anda sajikan dalam bentuk pointer dan daftar pustaka dapat Anda buat sesuai pedoman format skripsi instansi masing-masing.

Tidak semua contoh slide presentasi skripsi kami jabarkan dalam poin di atas. Ingin informasi lebih lengkap? Silakan unduh template PPT untuk presentasi skripsi lewat form download di bawah ini.

Download Template PPT Skripsi

Buat kamu yang tertarik dengan template presentasi skripsi di atas, Anda dapat mengunduhnya secara gratis dalam format PPT (editable) melalui form di bawah ini.

Sebenarnya, contoh presentasi ilmiah ini memiliki desain yang sangat sederhana dengan dua warna dasar (monochrome). Oleh karena itu, penggunaannya untuk presentasi skripsi cukup sesuai mengingat kesan formal serta tidak banyak distraksi dari sisi desain dan warna. Akan lebih baik jika presentasi ini dilengkapi dengan penggunaan font serta grafik dengan warna yang tidak mencolok.

Download Background PPT

Pada bagian pojok kanan dan kiri Anda dapat menambah dan menyesuaikan presentasi dengan gambar yang sesuai dengan konteks penelitian kamu masing-masing. Adapun background awal yang bisa Anda langsung tempel dalam aplikasi power point dapat Anda lihat di bawah ini.

background template PPT skripsi
Background template PPT skripsi

Jika kurang jelas, Anda dapat mengunduh dalam resolusi yang lebih baik lewat tautan berikut: background monochrome. Dari gambar latar di atas, Anda dapat dengan bebas menaruh gambar pendukung dengan ukuran dan warna yang sesuai. Jika ingin meniru gaya gambar dalam presentasi ini, Anda dapat mengubah derajat transparansi (opacity) sehingga lebih menyatu dengan background di atas. Contoh hasil aplikasinya dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.

Background ppt dengan gambar pendukung

Oke, sekian artikel panduan mengenai cara menyusun PPT skripsi yang baik dan sesuai dengan standar perguruan tinggi. Bagaimana, sudah lebih siap menghadapi penguji presentasi skripsi kamu? Silakan tinggalkan pesan di kolom komentar jika kamu masih punya pertanyaan.

There are currently no comments.