Menghimbau orang lain untuk membayar pajak bukan perkara sulit, tapi sudahkah Anda memberikan contoh langsung dengan membayar pajak? Membayar pajak merupakan kewajiban semua masyarakat terutama mereka yang memenuhi syarat dan telah ditetapkan sebagai wajib pajak.

Ironisnya, masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya membayar pajak, bahkan mengaku kesulitan untuk memahami konsep layanan pajak berbasis daring seperti eNofa atau SSE pajak.

Apa itu eNofa?

Pernah dengar tentang faktur pajak? faktur pajak merupakan bukti pemungutan pajak yang dilakukan seorang penjual pada pembeli. Misalnya, harga tomat yang dijual di supermarket atau marketplace online. Penjual sengaja menawarkan harga tomat  di luar harga pokok, artinya ada keuntungan dan nilai pajak pada sebuah tomat yang dibeli oleh konsumen.

Di supermarket besar, barang yang dijual sangat beragam bukan hanya tomat atau bahan makanan mudah busuk lainnya. Coba bayangkan betapa sulitnya pengusaha melaporkan Barang Kena Pajak (BKP) jika tidak ada faktur pajak? 

Bertekad untuk mempermudah permohonan faktur pajak, pemerintah kemudian menghadirkan layanan eNofa. ENofa merupakan situs khusus yang bisa diakses oleh semua orang secara daring untuk memperoleh Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) secara online.

Sementara NSFP, adalah persyaratan penting yang wajib dimiliki Pengusaha Kena Pajak (PKP) jika berencana membuat faktur pajak. Dengan kehadiran eNofa, diharapkan masyarakat khususnya PKP mampu mendapatkan NSFP online dengan mudah dan cepat sehingga pelaporan SPT Pajak Pertambahan Nilai bisa berjalan lancar.

Update Peraturan Terbaru

Sejak tahun 2016, Pengusaha Kena Pajak atau PKP sudah tidak lagi membuat faktur pajak secara manual melainkan harus melalui eFaktur. Dengan sistem faktur pajak elektronik ini, penerbitan NSFP akan melalui tahapan validasi yang ketat dan dapat terhindar dari pemalsuan.

Siapa saja Pengguna eNofa?

Apakah eNofa bisa diakses oleh semua orang? jawabannya bisa, asalkan memenuhi persyaratan berikut ini:

Badan Usaha Terdaftar Sebagai Pengusaha Kena Pajak

Seseorang dikatakan sebagai WP atau PKP jika mereka memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Persyaratan lainnya, akun PKP sudah diotorisasi Dirjen Pajak dan PKP memiliki omset kekayaan lebih dari Rp 4,8 miliar/tahun. 

Mempunyai Sertifikat Elektronik

Akses ke situs eNofa memang dibuka secara bebas, tapi untuk menggunakan fasilitas tersebut PKP wajib memiliki Sertifikat Elektronik. Bagaimana cara mendapatkan SE dan di mana tempat mengambilnya?

Sertifikat Elektronik bisa diperoleh manual di KPP atau secara online. Syarat yang dibutuhkan sangat sederhana, cukup bawa KTP/KITAP/KITAS serta Kartu Keluarga

Cara Mendapatkan NSFP Melalui eNofa

Usai melengkapi seluruh persyaratan eNofa, lanjutkan dengan mengajukan permohonan NSFP daring dengan mengikut langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk Ke Situs eNofa

    Pertama-tama, silahkan Anda masuk ke situs resmi e-Nova di efaktur.pajak.go.id/login. Silahkan pilih salah satu browser yang ada di laptop atau komputer. Hindari aktivasi mendapatkan NSFP melalui smartphone, usahakan pilih laptop atau komputer untuk menghindari kesalahan pengisian formulir.

  2. Login

    Ketika berada di menu login, silahkan isi NPWP di kolom pertama dan lanjutkan dengan mengisi password. Jika lupa password, pilih “lupa password”

  3. Klik “Permintaan NSFP”

    Selanjutnya pilih “permintaan NSFP” untuk mengajukan permohonan NSFP online. Otomatis situs akan membawa Anda ke halaman baru.

  4. Isi Formulir dan Klik “Proses”

    Terakhir, isi data yang dibutuhkan dengan valid. Setelah semua terisi dengan baik, klik “proses” .

Download Aplikasi eFaktur

Selain aplikasi eFaktur berbasis online (web portal), Ditjen Pajak juga menerbitkannya dalam bentuk aplikasi yang dapat diinstal secara offline. Berikut daftar file yang Anda butuhkan dalam menjalankan aplikasi ini di komputer masing-masing:

  • Aplikasi e-Faktur
  • Mem_Config versi Terbaru
  • Aplikasi ETaxInvoiceUpd untuk Windows (64 dan 32 Bit)
  • Patch Update Aplikasi e-Faktur

Mengingat beberapa aplikasi tersebut ada yang tidak bisa dijalankan di OS Linux dan Mac, ada baiknya Anda hanya menggunakan komputer berbasis Windows saat menginstal program diatas. Adapun daftar unduhan software resmi yang dirilis oleh Ditjen Pajak dapat Anda lihat pada tautan efaktur.pajak.go.id/aplikasi.

Himbauan Pembuatan e-Faktur via @ditjenpajakri
Himbauan Pembuatan e-Faktur via @ditjenpajakri

Tanya-Jawab

Apa Itu eNofa?

eNofa merupakan aplikasi yang diterbitkan secara resmi oleh Ditjen Pajak agar wajib pajak dapat menerbitkan Nomor Seri Faktur Pajak (NSFP) secara online.

Dimana saya dapat menemukan password eNofa?

Setelah proses aktivasi akun PKP (Pengusaha Kena Pajak) selesai, maka password eNofa akan dikirim ke alamat email yang Anda gunakan saat registrasi. Anda dapat mengecek inbox email atau kotak sampah (spam) untuk melihat password eNofa pada akun email yang Anda daftarkan.

Apa itu Faktur Pajak?

Faktur pajak merupakan bukti bahwa Anda telah membayarkan pajak untuk setiap unit atau transaksi kena pajak. Faktur ini harus disimpan oleh wajib pajak dan diserahkan ke dinas perpajakan untuk mendorong adanya transparansi perpajakan.

Mengapa perlu ada efaktur pajak?

Sistem pembuatan faktur pajak sebelumnya yang dibuat secara manual membuka peluang adanya pemalsuan faktur pajak. Adanya sistem pembuatan faktur secara online dan terintegrasi membuat nomor faktur di-generate otomatis oleh sistem dan lebih mudah untuk divalidasi.

There are currently no comments.