Seiring dengan baru dirilisnya aplikasi mobile berupa WhatsApp Business, banyak pertanyaan yang muncul terkait dengan fitur, perbedaan, serta cara verifikasi akun WhatsApp bisnis.

Jika sebelumnya kami telah menulis mengenai cara download aplikasi wa bisnis, maka tulisan lebih banyak merangkum beberapa tanya-jawab yang sering muncul mengenai aplikasi baru ini.

Berikut permasalahan terkait aplikasi WhatsApp bisnis yang kami rangkum berdasarkan rilis resmi Frequently Asked Questions dari pihak WhatsApp.

Apa itu WhatsApp Bisnis

WhatsApp Bisnis adalah aplikasi Android tersendiri yang gratis untuk diunduh, dan didesain untuk pemilik usaha kecil. WhatsApp Bisnis membuat interaksi dengan pelanggan menjadi mudah dengan menyediakan cara-cara untuk mengotomatisasi, menyortir, dan merespons pesan-pesan secara cepat.

cara download whatsapp bisnis

aplikasi WhatsApp bisnis telah resmi dirilis

WhatsApp Bisnis juga bertujuan untuk bekerja sama seperti WhatsApp Messenger. Anda dapat menggunakannya untuk melakukan semua hal yang biasa Anda lakukan, dari berkirim pesan hingga mengirim foto.

Sebagian fitur-fitur yang saat tersedia di aplikasi WhatsApp Bisnis adalah:

  • Profil bisnis untuk mendata informasi penting, seperti alamat, email, dan situs web perusahaan.
  • Statistik untuk melihat seberapa banyak pesan yang terkirim, tersampaikan, dibaca, dan diterima.
  • Produk berkirim pesan untuk merespons pesan secara cepat ke pelanggan.

Anda dapat mempelajari selengkapnya bagaimana cara mengunduhnya di sini.

Tanda Verifikasi akun WhatsApp Bisnis

Berikut tanda pada akun whatsapp bisnis yang dapat Anda lihat pada profil akun mereka. 3 jenis tanda berikut memiliki arti yang berbeda, berikut penjelasannya.

  • Tanda tanya/business account: Akun ini menggunakan aplikasi WhatsApp Business, namun belum dikonfirmasikan atau diverifikasikan oleh WhatsApp. Akun bisnis memiliki lencana tanda tanya berwarna abu-abu di profilnya.
  • Tanda centang abu-abu/terkonfirmasi: WhatsApp telah mengkonfirmasi bahwa nomor telepon akun cocok dengan nomor telepon perusahaan tersebut. Akun yang telah terkonfirmasi akan memiliki lencana tanda centang berwarna abu-abu di profilnya.
  • Lencana centang hijau/terverifikasi: WhatsApp telah memverifikasi bahwa perusahaan yang memiliki akun ini adalah perwakilan merek yang sebenarnya. Akun yang telah terverifikasi akan memiliki lencana tanda centang berwarna hijau di profilnya.

Bagaimana Cara Verifikasi Nomor WhatsApp Bisnis

Untuk saat ini, belum ada cara atau prosedur resmi dari pihak WhatsApp bagi para pemilik bisnis untuk melakukan verifikasi nomor bisnisnya. Hal ini sebagaimana pesan di laman resminya mengenai cara verifikasi WhatsApp bisnis.

Sebuah bisnis tidak dapat meminta atau membayar agar akunnya dapat terverifikasi atau terkonfirmasi.

Pada saat ini, hanya sebagian akun bisnis yang terverifikasi di WhatsApp. Verifikasi bisnis berdasarkan berbagai macam faktor, seperti apakah merk bisnis tersebut tepercaya dan dikenal secara luas.

Akun bisnis mungkin terkonfirmasi jika nomor telepon WhatsApp mereka cocok dengan nomor telepon untuk bisnis.

Jika akun bisnis tidak terverifikasi atau terkonfirmasi, melengkapi profil bisnis Anda dapat memberikan informasi yang berguna kepada pelanggan. Informasi ini termasuk situs web, alamat, dan jam kerja bisnis Anda.

Mungkin karena aplikasi ini baru dirilis sehingga WhatsApp belum menyediakan fitur verifikasi nomor bisnis. Kita hanya bisa berharap semoga dalam waktu dekat fitur verifikasi ini segera diluncurkan, setuju kan?

  • pernando

    pernandopernando

    Reply

    pantas gak bisa..