Sebelum ditemukan teknologi depot air minum, masyarakat mendapatkan air bersih dengan cara memasaknya sendiri. Sayangnya, kegiatan tersebut dianggap kurang efisien dan menghabiskan banyak tenaga. Tidak heran jika banyak masyarakat yang beralih pada depot air minum.

Fenomena tersebut menyebabkan meroketnya permintaan air minum dari depot isi ulang. Sedangkan, jumlah bisnis depot air minum di Indonesia masih belum tercukupi. Padahal profit bisnis ini sangat tinggi mengingat air minum merupakan kebutuhan dasar manusia.

Komponen Alat Depot Air Minum

Tata letak ruang depot air minum
Tata letak ruang depot air minum

Tertarik berbisnis depot air minum? Jika Anda benar-benar memandang bisnis ini sebagai potensi usaha yang menguntungkan. Maka kenali terlebih dahulu macam-macam peralatan yang dibutuhkan sebagai berikut:

  • Drum Air Bersih

Di mana tempat terbaik untuk menyimpan air minum agar tidak terkontaminasi dengan debu, kotoran dan mikroorganisme jahat? Tentu saja di dalam drum penampung. Ketika berbisnis depot air minum, pastikan Anda sudah mendapatkan drum penampung air bersih yang berkualitas terbaik.

  • Galon Kosong 

Depot isi ulang air minum memang menawarkan pembelian tanpa galon. Di mana, pembeli harus membawa galon kosong sendiri dari rumah. Tapi dalam beberapa kasus, tidak jarang customer yang datang tidak memiliki stok galon sama sekali. Otomatis, Anda harus menyiapkan beberapa galon kosong sebagai persediaan. 

  • Mesin Penjernih Air

Air yang diperoleh dari pegunungan dan diproses di dalam pabrik saja membutuhkan berbagai macam mesin untuk menjernihkan air. Lakukan hal yang sama pada air kemasan Anda. Supaya kualitas air minum yang Anda jual terlindungi dengan baik. Semakin bagus kualitas airnya, semakin banyak pula pembeli yang berdatangan. 

  • Alat Pengisian Air

Mengisi air ke dalam galon tidak bisa menggunakan gayung, bukan? ada alat khusus yang harus Anda gunakan agar proses pengisian air dari drum penampung tidak mempengaruhi kualitas airnya. 

  • Ember dan Sikat Pembersih Galon

Meskipun produk yang dijual adalah air minum kemasan. Pembeli harus tetap dilayani dengan sepenuh hati. Pastikan selalu jika galon kosong yang akan diisi air merupakan galon bersih. Oleh karenanya, sediakan ember dan sikat pembersih galon setiap saat. 

  • Mesin Khusus Membersihkan Bagian Dalam Galon

Sayangnya, bagian dalam galon tidak bisa dibersihkan secara merata hanya dengan sikat. Anda membutuhkan mesin khusus yang mampu membersihkan tiap sela bagian dalam galon. Karena bagian dalam galon lah yang berpengaruh pada cita rasa dan kualitas airnya.

  • Tisu dan Tutup Galon

Meski kesannya sepele, kedua benda ini sangat penting untuk kelancaran bisnis depot air minum Anda. Ada baiknya, gunakan logo brand Anda pada tisu maupun tutup galon sebagai strategi marketing. Juga bermanfaat sebagai identitas bisnis agar nama depot air minum Anda semakin kompetitif dengan milik competitor. 

Dokumen Legal

Apabila seluruh peralatan bisnis depot air minum yang disebutkan di atas sudah terkumpul semua. Selanjutnya, persiapkan berkas yang menandakan jika bisnis depot air minum Anda layak dan resmi. 

Berkas yang dimaksud adalah bukti uji klinis dari kualitas air minum Anda. Lakukan tes di laboratorium Departemen Kesehatan. Bila tes laboratorium hasilnya baik, tandanya bisnis depot air minum Anda sudah layak. 

Uji kelayakan air minum tidak hanya dilakukan sekali sebelum bisnis dimulai. Setidaknya, Anda harus menyambangi laboratorium Departemen Kesehatan tiap 6 bulan sekali. 

Harga Jual Air Minum Isi Ulang

Di Indonesia kebutuhan air minum memang besar tapi untuk mendapatkan air minum juga sama mudahnya. Tidak mengherankan jika harga jual air isi ulang di depot air minum sangat terjangkau. 

Air minum per galon dijual mulai dari Rp 3.500-Rp 7.000 tergantung wilayah atau area penjualan air minum di wilayah masing-masing. Perbedaan harga air minum di depot dipengaruhi oleh beberapa aspek. Belum tentu depot air minum menjual produk dengan harga yang sama meskipun berdiam di satu kota. 

Uniknya, meskipun harga jualnya sangat terjangkau, bisnis depot air minum tetap berpotensi mendapatkan keuntungan yang sangat besar. Pendapatan bersih yang mereka dapatkan sekitar 50%-70%. 

Persentase yang sangat tinggi mengingat kebutuhan administrasi bisnis depot air minum yang tak sedikit. Termasuk membayar gaji karyawan, bayar listrik dan biaya lainnya. 

Jenis Mesin Depot Air Minum

Bisnis depot air minum di tanah air bisa berjalan dengan lancar karena mengaplikasikan teknologi modern. Berikut ini dua jenis mesin yang paling sering ditemui di bisnis depot air minum:

Mesin Reverse Osmosis

Foto mesin RO 2000 GPD
Foto mesin RO 2000 GPD

Bisnis depot air minum yang menggunakan teknologi ini memiliki kualitas air terbaik. Disebut demikian, karena air diolah sebanyak dua kali. Pertama pengolahan air baku dengan sistem pretreatment. Selanjutnya, air akan kembali disaring dengan sistem reverse osmosis.

Bila dipresentasikan, jumlah bakteri, virus maupun mikroorganisme jahat akan tersaring sebanyak 98% oleh mesin reverse osmosis. Persentase tersebut hampir menyentuh angka 100% sama dengan air murni. 

Masalahnya, budget atau modal yang dibutuhkan untuk membeli mesin ini cukup besar. Jumlah investasinya diyakini 2x lebih banyak daripada menggunakan mesin air minum mineral. 

Sebanding dengan modalnya, keuntungan yang diperoleh dari bisnis ini juga lebih tinggi. Anda bisa menjual air minum dengan harga lebih mahal mengingat kualitas airnya yang lebih baik. 

Mesin Air Minum Mineral

Teknologi mesin air minum mineral jauh lebih sederhana daripada mesin reverse osmosis. Mengutamakan sistem pretreatment juga pemanfaatan desinfektan. Dengan kombinasi keduanya, air minum akan tersaring dengan baik. Entah itu, kuman atau bakteri keduanya akan tersingkir secara optimal.

Jika Anda tertarik untuk membuka bisnis depot air minum dan menggunakan mesin ini sebagai mesin tunggal. Pastikan agar kualitas airnya benar-benar baik. Sehingga mesin tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membunuh bakteri jahat.

contoh-marketing-depo-air-minum
Spanduk Marketing Depot Air Minum

Membuka bisnis depot air minum bisa menjadi jalan kesuksesan bagi Anda. Agar diawali dengan baik dan terencana, pastikan Anda menyerap informasi ini dengan baik. Jadi, sudah siapkah Anda memulai bisnis depot air minum?

Tirta Mandiri | Konsultan Depot Air Minum

Konsultan depot air minum dan spesialist mesin RO yang dipercaya dalam proses pengolahan air. Menyedi]akan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan.

CP: 0821175 755 75 / 0878 75 222220
Alternative: 0813 8805 1980 / 0896 1777 4888

There are currently no comments.