PDF memudahkan semua orang. Dari mahasiswa sampai pebisnis dimudahkan oleh adanya PDF ini, selain lebih resmi, file PDF tidak dapat diubah-ubah secara sembarangan. Hampir semua piranti pengetikan dapat disimpan dalam bentuk PDF. Namun, terkadang kita perlu mengonversi, menggabungkan, atau mengeditnya. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bekerja dengan PDF bisa jadi rumit, terutama jika kamu mencoba menggabungkan beberapa dokumen menjadi satu.

Pada artikel ini kita akan belajar menggabungkan file PDF dengan beberapa cara yakni cara menggunakan Adobe Acrobat, Mac, dan secara daring menggunakan beberapa online tools.

Menggabukan File PDF Menggunakan Adobe Acrobat

Salah satu piranti paling populer untuk menggabungkan PDF adalah Adobe Acrobat, tetapi perangkat lunak itu akan dikenakan biaya setidaknya $13/bulan untuk berlangganan. Untungnya, ada beberapa cara lain untuk menggabungkan PDF secara gratis, apa pun jenis komputer yang kamu gunakan. Simak artikel ini sampai akhir untuk mengetahuinya.

Software Adobe Acrobat
Software Adobe Acrobat

Metode berikut menggunakan Adobe Acrobat Pro DC, editor PDF terbaik yang dapat kamu unduh. Acrobat Pro DC adalah perangkat lunak premium, artinya kamu harus membayar hak istimewa/lisensi untuk menggunakannya. Dan biaya untuk berlangganannya kurang lebih tiga belas dolar dalam sebulan. Untungnya, ada versi uji coba gratis/free trial yang dapat kamu gunakan. Kamu dapat menggunakan Adobe Acrobat Pro DC untuk menggabungkan file PDF.

  1. Unduh Adobe Acrobat Pro DC

    Unduh dan instal uji coba gratis Adobe Acrobat Pro DC.

  2. Pilih Menu Tools

    Setelah terinstal, buka perangkat lunak dan klik tab Tools di sudut kiri atas.

    adobe acrobat pdf

  3. Pilih Combine File

    Klik tombol Combine File.

  4. Pilih Dokumen yang ingin Digabung

    Klik tombol biru Add Files dan pilih dokumen PDF yang ingin kamu gabungkan. Perlu dicatat bahwa metode ini berfungsi untuk semua jenis file, tidak hanya PDF.

    add files adobe acrobat

  5. Combine Files

    Dengan PDF yang telah kamu pilih, klik Combine File.

  6. Simpan dokumen yang baru

    PDF milikmu sekarang telah digabungkan menjadi satu. Yang perlu kamu lakukan adalah menyimpannya ke lokasi baru, yang dapat kamu lakukan dengan mengklik File diikuti dengan Save As dan kemudian memilih nama dan lokasi untuk file baru kamu.

    pilihan menu file di acrobat reader

Selain Adobe Acrobat, banyak opsi pihak ketiga yang perlu dipertimbangkan yang dirancang khusus untuk Windows untuk menggabungkan beberapa file PDF. Berikut beberapa pilihan tools lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengerjakan tugas ini.

Menggabungkan File PDF Menggunakan Finder

Versi terbaru MacOS Mojave dan Catalina membuat penggabungan PDF menjadi sangat mudah berkat MacOS Finder. Finder baru menampilkan pratinjau file dan menambahkan menu kontekstual di samping, memungkinkan pengguna Mac untuk melakukan sejumlah tindakan cepat tanpa membuang banyak waktu.

Langkah 1: Buka Finder dan pilih semua file PDF yang ingin kamu gabungkan.

Software Finder untuk gabung file PDF
Software Finder untuk gabung file PDF

Langkah 2: Setelah kamu memilih file yang ingin kamu gabungkan, jendela Finder akan menampilkan pratinjau file dengan tombol Create PDF di bawahnya. Klik tombol itu dan PDF baru akan dibuat untukmu.

Langkah 3: Kamu kemudian dapat membuka file yang baru dibuat dengan Pratinjau. Urutan halaman dapat diubah hanya dengan menarik dan melepas thumbnail halaman di sisi kiri. Kamu juga dapat membuat membuat perubahan seperti memutar halaman sesuai kebutuhan.

Langkah 4: Setelah selesai, pastikan untuk mengganti nama file yang baru digabungkan. Pilih File > Ubah nama untuk melakukan ini.

Menggabungkan File PDF Secara Online

Ada banyak piranti gratis berbasis online yang memungkinkan kamu menggabungkan file PDF. Jika kamu perlu menggabungkan file dengan cepat, berikut ada bebeapa opsi dari kamu yang bisa kamu lakukan. Kamu hanya perlu memerlukan koneksi internet, kamu tidak perlu melakukan instalasi pada PC kamu.

Di bawah ini adalah beberapa piranti online paling populer untuk menggabungkan file PDF, tetapi perlu diingat bahwa semuanya pada dasarnya melakukan hal yang sama: menggabungkan file. Jika kamu terdapat masalah menggunakan salah satunya, kamu bisa coba yang lain.

  • PDF Merge: Buka PDF Merge, dan kamu akan melihat jendela sederhana dengan bilah untuk menyeret dan melepaskan beberapa file PDF. Perangkat lunak ini menyediakan opsi menggabungkan file secara sederhana untuk menggabungkannya. Namun, perhatikan bahwa layanan ini hanya gratis jika file yang kamu masukkan adalah 5MB atau kurang atau yang relatif rendah. Setelah itu, kamu akan diminta membayar.
  • PDF Joiner: PDF Joiner sangat ideal untuk semua jenis perubahan dan perubahan format file. Tentu saja, kamu dapat menggabungkan PDF dengan piranti ini. Bedanya dari PDF Merge, dengan menggunakan PDF Joiner ini kamu juga dapat mengonversi dokumen akhir kamu menjadi file teks atau JPG (atau sebaliknya).
  • Smallpdf: Klaim ketenaran Smallpdf adalah mudahnya mengunduh file langsung dari Dropbox atau Google Drive. Smallpdf memiliki banyak fitur yang membuatmu menghemat banyak waktu. Terdapat fitur yang sangat membantu kamu saat mengerjakan proyek kolaboratif. Smallpdf adalah pilihan yang terbaik untuk menggabungkan file. Fitur konversi dan pemisahan juga tersedia, seperti ekstensi Chrome dan aplikasi desktop.
  • FoxyUtils Merge PDF: FoxyUtils cocok untuk kamu yang sadar lingkungan. Saat kamu menggabungkan file PDF, kamu telah berkontribusi pada proyek penanaman pohon. Fitur ini menjadikan FoxyUtils Merge PDF pilihan yang sangat baik untuk perusahaan ramah lingkungan. Satu-satunya kekurangannya adalah ukuran file maksimum dibatasi hingga 50MB.

Menggabungkan File PDF Secara Online

Berikut ini contoh menggabungkan file PDF secara online menggunakan PDF 24 Tools:

Langkah 1: Kunjungi PDF24 Tools dan Klik Merge PDF.

Tampilan opsi di PDF24
Tampilan opsi di PDF24

Langkah 2: Pada langkah berikutnya, unggah dokumen PDF yang ingin kamu gabungkan.

Menu merge PDF
Menu merge PDF


Langkah 3: Periksa Urutan Halaman PDF. Untuk mengubah urutan dokumen yang diunggah, klik salah satu PDF dan seret ke posisi yang benar. Kamu kemudian dapat mengekspor file baru. Cukup klik tombol “Merge”.

Tambahkan file yang akan digabung
Tambahkan file yang akan digabung

Langkah 4: Setelah langkah ketiga, PDF24 Tools akan menampilkan semua halaman satu per satu. Pilih yang kamu butuhkan di PDF baru. Cara tercepat untuk melakukannya adalah menggunakan simbol plus dan minus. Ini memungkinkan kamu menambahkan semua halaman secara berurutan:

Tampilan semua halaman PDF
Tampilan semua halaman PDF

Kemudian PDF24 Tools akan menampilkan semua halaman yang telah kamu pilih untuk PDF yang digabungkan. Sebelum mengekspor file, kamu juga memiliki opsi di sini untuk menyesuaikan urutan halaman. Untuk melakukannya, klik bagian yang diinginkan dan seret ke posisi baru. Setelah selesai mengedit, kamu dapat mulai mengekspor file dengan mengklik tombol “Merge”.

Tombol merge untuk menggabungkan file pdf
Tombol merge untuk menggabungkan file pdf

Setelah itu kamu dapat mengunduhnya. Sebagai alternatif, kamu juga dapat menggunakan opsi ekspor lainnya, seperti mengirim melalui email, menyimpan di Dropbox atau Google Drive serta mengirim melalui faks. PDF24 Tools ini juga memungkinkan kamu untuk mengedit atau mengurangi dokumen, mengatur proteksi kata sandi serta membagi dokumen menjadi beberapa PDF.

Download file PDF yang sudah tergabung
Download file PDF yang sudah tergabung

Dengan begitu banyak opsi untuk menggabungkan file PDF, kamu tidak perlu bersusah payah lagi. Apa pun OS yang kamu jalankan atau berapa banyak file yang perlu kamu gabungkan selalu ada jalan untuk menggabungkannya dari berbayar sampai gratis, tergantung pilihanmu. Selamat mencoba, semoga bemanfaat!

There are currently no comments.