Langsung saja, pada tulisan ini, saya akan memberikan tutorial cara mengubah akun AdWords Express menjadi Google Ads standar. Sebagaimana diketahui, untuk menjaring pengguna iklan sebanyak-banyak nya, Google meluncurkan layanan Ads Express yang tujuan utamanya agar memudahkan para pengiklan dalam melakukan setup iklan (dan tentunya menghabiskan budget marketing mereka di platform Google).

Produk Google AdWords Express sejatinya memiliki fitur yang sangat terbatas dibandingkan dengan Google Ads standar yang kaya akan tools untuk meningkatkan performa iklan. Oleh karenanya, jika ingin performa iklan Anda lebih optimal, melakukan migrasi dari AdWords Express ke akun Google Ads standar adalah pilihan tepat. Berikut tutorial lengkapnya.

  1. Membuat laporan ke tim Google Ads

    Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat permohonan bantuan ke tim Google Ads. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka support ticket pada tautan berikut

    https://support.google.com/google-ads/gethelp

  2. Buka topik “Switch to Adwords Standard”

    Pada tautan di atas, Anda dapat mengisi bagian topik dengan “Switch to Adwords Standard” jika bahasa pengguna yang digunakan adalah bahasa Inggris sedangkan topik “Mutasi akun ke Ads Standar” dapat digunakan untuk akun berbahasa Indonesia.

    Pada bagian kedua, Anda dapat memilih topik “Ads performance” atau
    “other” jika Anda merasa tidak ada text box yang sesuai. Pada bagian detil kontak, cukup Anda pilih kontak dengan email agar permintaan Anda dapat direspon segera.

  3. Respon Email Support di Inbox Anda

    Setelah melengkapi form bantuan dari Google Ads diatas, Anda akan di-email oleh tim AdWords untuk memverifikasi permintaan migrasi akun AdWords. Anda hanya perlu mengisi dengan secara singkat detil yang diminta dan akun Ads Standar Anda akan diproses segera oleh tim AdWords. Berikut contoh email Authorization Letter yang akan Anda terima dan perlu dijawab sesuai dengan detil akun Ads Anda.

Name :____________
Phone Number : ____________________
Email account Google AdWords Express : ________________
CID number Google AdWords Express : __________________

I would like to switch my account from Google Ads Express into Google Ads.

Mungkin akan terdapat perbedaan format email yang dikirimkan tim AdWords, tapi secara singkat, Anda harus memberikan detail nama, nomor kontak, email Google, dan CID AdWords di dalam email jawaban ke mereka. Pada intinya, email ini dibutuhkan untuk memberikan otoritas bagi tim AdWords untuk mengubah tipe akun Anda.

AdWords Express vs Ads Standar

Secara umum, tentu AdWords Express diperuntukkan jika Anda ingin beriklan secara instan tanpa harus berpikir panjang mengenai pengaturan-pengaturannya. Berikut tabel yang dapat memberikan gambaran singkat perbedaan mendasar antar kedua platform iklan milik Google ini.

FITURAdWords ExpressGoogle Ads
Hanya bayar sesuai jumlah klikYaYa
Manajemen iklan secara otomatisYaTidak
Cocok jika belum punya websiteYaTidak
Iklan tampil di G-Search & G-MapsYaYa
Iklan tampil di website terkaitYaYa
Mobile adsYaYa
Format iklan videoTidakYa
Bisa men-target lokasi tertentuYaYa

Oke, itulah cara migrasi akun Google AdWords Express menjadi akun Ads Standar serta perbedaan mendasar antar keduanya. Punya pengalaman menggunakan AdWords Express? Jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar 🙂

There are currently no comments.