Di zaman yang semakin canggih ini, semua informasi bisa Anda temukan tanpa harus ribet datang ke sumber informasi tersebut. Ya, caranya adalah dengan melihat di beberapa media elektronik salah satunya yaitu menggunakan Google Search. Pasti Anda pernah melihat hasil pencarian Google dengan tanda Ads di depannya bukan?

Sebenarnya tanda tersebut adalah iklan yang berasal dari berbagai jenis digital marketing atau PPC. Untuk mengetahui iklan tersebut, tentu saja Anda harus tahu dulu tentang apa itu PPC. Nah, PPC atau yang bisa disebut dengan Pay Per Click ini merupakan jenis digital marketing dimana sebuah bisnis membayar setiap kali iklan tersebut diklik.

PPC bisa juga dikatakan sebagai cara untuk membeli kunjungan dan bukan mendatangkan traffic website secara organik. Jadi, sebelum masuk ke dalam dunia PPC, Ada baiknya kamu melakukan perhitungan sederhana dulu berapa budget serta perhitungan yang pas untuk dialokasikan dalam paid ads. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai apa itu PPC,  yuk simak ulasan di bawah ini.

Jenis Iklan PPC Mainstream

Setelah Anda mengetahui tentang apa itu PPC, kini saatnya Anda harus mengenal lebih dekat mengenai iklan ini. Terdapat berbagai macam iklan PPC yang bisa gunakan. Berikut ulasan selengkapnya:

Search Advertising

Nah, iklan yang satu ini merupakan salah satu jenis PPC yang paling terkenal. Pasti Anda sudah sering melihatnya di search engine result page. Misalnya seperti di Google atau Bing. Jika Anda mencari sesuatu di Google, terkadang pada halaman awal terdapat logo kecil “Ad” yang letaknya berada di awal judul.

Tanda tersebut merupakan icon sebuah iklan yang apabila di klik, pemasang iklan tersebut baru akan membayar biaya tampilan iklannya (pay-per-click advertising). Jenis yang satu ini juga bisa dibilang sebagai salah satu jenis PPC yang bisa menghasilkan traffic website secara cepat.

Bagi Anda yang ingin melakukan search advertising di Google, gunakanlah produk advertising Google yaitu Google Ads. Dengan demikian, Anda bisa lebih mudah untuk mendapatkan traffic website.

Social Advertising

Iklan yang satu ini biasanya bermunculan di beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook atau Instagram. Meski sering dikatakan sebagai social media marketing, namun hal ini juga sebenarnya masih bagian dari PPC. Cara kerjanya sama dengan iklan yang lain. Ya, Anda akan membayar saat ada orang yang mengklik link tersebut.

Remarketing

Nah, untuk iklan yang menggunakan remarketing ini biasanya muncul di suatu website atau feed social media. Iklan ini juga dianggap sebagai PPC yang paling efektif. Hal ini dikarenakan strategi iklan ini menargetkan orang-orang yang sudah tertarik dengan brand, website atau bisnis Anda.

Remarketing ini bersifat mengingatkan pengunjung, sehingga para pengunjung yang sudah pernah masuk ke website Anda akan selalu diingatkan agar kembali lagi ke website dan melakukan transaksi. Tentu pengaktifan fitur ini membutuhkan instalasi tracking khusus, namun tenang saja, cara seperti ini tidak sulit untuk dipelajari dan dapat bekerja secara efektif.

Display Advertising

Dengan menggunakan display advertising ini iklan Anda akan diperlihatkan di seluruh website partner Google. Selain itu, Anda juga bisa memilih siapa yang akan menjadi audience iklan agar lebih tepat sasaran. Dengan menggunakan cara seperti ini Anda tidak akan menghabiskan banyak waktu dan biaya.

Jadi, waktu yang tersisa bisa Anda gunakan untuk keperluan lain yang lebih penting. Sedangkan sisa biayanya bisa digunakan untuk hal lain. Display advertising ini juga menawarkan tipe iklan berupa teks dan gambar. Hal ini bertujuan agar iklan yang Anda pasang bisa terlihat lebih menarik.

Google Shopping

Saat Anda sedang mencari barang di Google, pasti pada saat halaman muncul akan muncul juga beberapa kotak dengan gambar produk yang dicari. Kotak tersebut akan mengarahkan Anda ke halaman produk yang dicari pada berbagai website e-commerce.

Nah, jika Anda bergerak dalam bidang e-commerce Google shoping ini bisa sangat membantu. Hal ini dikarenakan para pembeli bisa langsung melihat nama produk, gambar barang dan harganya sekaligus sebelum masuk ke website. Dengan demikian, kemungkinan terjadinya transaksi akan lebih dan ROI Anda bisa lebih maksimal.

Cara Kerja PPC Membantu Bisnis Anda

 

Tidak semua orang menggunakan PPC. Hal ini dikarenakan mereka belum paham mengenai apa itu PPC. Selain itu juga sebagian orang menganggap bahwa mereka bisa mendapatkan traffic secara organik dan gratis. 

Namun, pada kenyataannya, Anda bisa mendapatkan traffic lebih baik dan lebih banyak dengan menggunakan PPC. Meski berbayar tapi hasilnya lebih memuaskan. Nah, berikut beberapa alasan mengapa PPC sangat diperlukan:

  1. Target Customer yang Lebih Tepat

    Memasang iklan dengan menggunakan PPC memungkinan Anda untuk mendapatkan customer yang lebih luas dan beragam. Sebab, Anda bisa memilih profil audience sesuai dengan keinginan. Terdapat banyak sekali pilihan iklan pay-per-click yang bisa diatur sendiri. Seperti misalnya Anda bisa mengatur iklan berdasarkan hobi, demographic dan lain-lain.

    Oleh karena saat ini banyak sekali orang yang mengakses website menggunakan smartphone, hal ini tentu saja akan menjadi keuntungan tersendiri. Selain itu, Anda juga bisa menarik kembali orang yang mengunjungi website agar mau berkunjung kembali. Sehingga mereka bisa melakukan transaksi.

  2. Budget yang Lebih Terkontrol

    Memasang iklan biasanya membutuhkan dana yang sangat besar. Namun, bagi Anda yang tidak ingin mengeluarkan biaya besar bisa menggunakan PPC ini. Dengan  menggunakannya, Anda bisa mengontrol budgetnya. Jadi, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

    Selain itu, Anda juga bisa mengedit dan menyesuaikan biaya pay-per-click nya kapan saja. Jadi, Anda dapat menambah atau mengurangi budget ads harian, sesuai dengan hasil serta performa iklan. Namun ingat juga, semakin kecil budget yang dikeluarkan, running iklan pun akan semakin jarang muncul.

    Nah, biasanya keyword yang digunakan terlalu banyak akan menambah biaya iklan menjadi lebih besar. Apabila Anda tidak ingin membayar lebih banyak, gunakanlah keyword yang lebih spesifik atau menggunakan fitur [match phrase].

  3. Return On Investment (ROI) Lebih Terukur

    Salah satu alasan mengapa PPC menjadi populer hingga saat ini yaitu Anda bisa membayarnya hanya saat ada orang yang klik iklan yang dipasang. Jika tidak ada yang klik, Anda tidak perlu membayarnya.

    Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menggunakan pay-per-click ini Anda akan membantu Anda dalam menghitung ROI yang akuran dan tentunya bisa menghemat budget marketing bisnis Anda. Selain itu, iklan berbayar ini juga bisa bekerja lebih efektif karena audience bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Nah fitur terakhir ini yang akan membuat kamu makin ketagihan, di Google Ads, kamu juga bisa mengaktifkan fitur conversion tracking, dari sana, kita akan tahu sebarapa besar pengaruh iklan terhadap leads yang masuk dalam bisnis Anda.

    contoh click vs conversions di ppc
    Contoh click vs conversions (leads) di ppc ads

  4. Berdampak baik bagi SEO

    Memang aturan SEO selalu berubah-ubah karena Google sering mengupdate dan mengubah algoritma SEO. Walaupun dalam rilis resminya, Google selalu mengatakan bahwa paid ads sebesar apapun tidak akan mempengaruhi hasil pencarian, namun yakinlah iklan Google/Facebook tetap bisa membantu secara tidak langsung.

    Hal ini dikarenakan, salah satu dari 200 SEO signals diyakini berkaitan erat dengan traffic. Bukankah selain dengan SEO, paids ads adalah cara termudah untuk men-generate traffic berkualitas? Itulah mengapa pay-per-click ini bisa membantu SEO website Anda jika dilakukan secara bersamaan. SEO organic membutuhkan waktu untuk bisa selalu muncul di halaman Google. Sedangkan PPC akan memberikan hasil yang instan.

    Bahkan, dengan menggunakan pay-per-click Google ads, Anda dapat langsung muncul di-ranking pertama halaman hasil pencarian kata kunci. PPC ini juga bisa menjadi riset untuk mencari mana keyword yang bekerja optimal menghasilkan pengunjung terbanyak. Yang nantinya keyword ini bisa digunakan untuk strategi SEO Anda.

Setelah melihat penjelasan mengenai apa itu PPC, sudah tertarikkah Anda untuk mulai bergabung dan membuatnya? Dengan menggunakan PPC sebagai jembatan informasi dan komunikasi, hal ini bisa menguntungkan Anda para pemilik web. Jadi, bagi Anda yang belum menggunakannya, buruan bergabung dan tampilkan iklan di Google sekarang juga!

There are currently no comments.