Perkembangan zaman yang semakin canggih, menuntut individu untuk mampu berwirausaha. Hal tersebut menciptakan banyak peluang berdirinya wirausahawan. Dalam kehidupan sehari kita mengenalnya dengan sebutan pebisnis.

Wira memiliki arti keberanian, sedangkan usaha mengandung arti tindakan — Karinov.co.id

Menjadi pebisnis yang memulai sebuah usaha tentu bukanlah hal mudah, namun tidak ada yang tidak mungkin. Pebisnis yang hebat adalah pebisnis yang memiliki jiwa kewirausahaan, tanpa jiwa kewirausahaan tentu seperti pohon yang tanpa batang, akan mudah roboh tertiup walau angin semilir.

Pengertian Kewirausahaan secara Bahasa

Kewirausahaan sendiri merupakan kata yang terdiri dari dua kata yaitu “wira” dan “usaha” dengan sebuah awalan “ke” dan akhiran “an”. Wira mengandung arti tentang keberanian. Sedangkan kata usaha mengandung arti sebuah tindakan dalam membangun bisnis. Sehingga dapat dimaknai bahwa kewirausahaan merupakan sebuah keberanian dalam diri individu untuk melakukan tindakan dalam membangun bisnis.

pengertian kewirausahaan dari para ahli

Untuk memulai usaha butuh keberanian

Untuk lebih jelas memahami apa itu kewirausahaan, berikut pengertian kewirausahaan menurut para ahli serta difinisi resmi dari pemerintah Republik Indonesia.

Menurut Drs. Joko Untoro

Kewirausahaan merupakan keberanian dalam melakukan berbagai upaya memenuhi kebutuhan hidup berdasarkan pada kemampuan yang dimiliki dengan memanfaatkan seluruh potensi untuk menghasilkan hal yang bermanfaat baik bagi dirinya maupun orang lain.

Menurut Eddy Soeryanto Soegoto

Kewirausahaan merupakan melakukan upaya yang kreatif dengan berdasarkan pada inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai, mempunyai  manfaat serta menciptakan lapangan kerja  baru bagi orang lain.

Menurut Ahmad Sanusi

Kewirausahaan merupakan nilai yang diaplikasikan dalam sebuah perilaku untuk menjadi sumber daya manusia dan alam, tenaga baru yang mempunyai tujuan dan menghasilkan bisnis.

Menurut Soeharto Prawiro

Kewirausahaan merupakan suatu nilai-nilai dalam memulai sebuah usaha baru maupun usaha yang telah berjalan dan sangat diperlukan oleh setiap wirausaha.

Menurut Peter Drucker

Kewirausahaan merupakan kemampuan seseorang dalam membuat sesuatu yang belum pernah dan baru serta tidak sama dengan yang lainnya.

Menurut Thomas Zimmerer

Kewirausahaan merupakan suatu proses dalam menerapkan inovasi dan kreativitas untuk mengatasi masalah yang ada, sehingga tercipta sebuah peluang bisnis.

Menurut Siswanto Sudomo

Kewirausahaan merupakan semua hal yang berkaitan penting dengan seorang wirausaha, dalam hal ini yaitu seorang pekerja keras, berupaya dan bertekad kuat serta kemampuan untuk menerima segala konsekuensi atas keputusan yang diambilnya.

Menurut Robbin & Coulter

Kewirausahaan merupakan proses di mana individu maupun kelompok yang melakukan usaha yang telah direncanakan dan saran yang telah dibuat untuk menciptakan sebuah peluang. Sehingga terbentuk suatu hal yang mempunyai nilai dan dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Menurut Penrose

Kewirausahaan merupakan suatu kegiatan yang meliputi bermacam-macam peluang untuk mengidentifikasi suatu proses ekonomi.

Menurut Richard Cantillon

Kewirausahaan merupakan bagian dari tindakan sebuah pekerjaan. Seorang wirausaha yang mampu menganalisa sebuah resiko dan ketidakpastian terkait tindakan yang dipilihnya.

Menurut Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio

Kewirausahaan adalah suatu mekanisme yang terdiri cari cara identifikasi, pengembangan dan sebuah visi yang dimilikinya.

Menurut Pemerintah Republik Indonesia

Pengertian kewirausahaan berdasarkan Keputusan Menteri Koperasi dan Pembinaan Pengusaha Kecil Nomor. 961/KEP/M/XI/1995:

Kewirausahaan merupakan rangkaian dari sikap, perilaku dan kemampuan serta semangat, individu untuk mengatur sebuah kegiatan yang bertujuan pada usaha menciptakan, menemukan dan menetapkan mekanisme kerja teknologi ataupun produk yang belum ada sebelumnya.

Menurut Raymond

Kewirausahaan merupakan individu yang kreatif, inovatif serta mampu mewujudkan kesejahteran diri baik dalam sebuah lingkungan, masyarakat maupun keluarga.

Yes we can help

Ingin profil bisnis mu tampil di Karinov.co.id dan muncul di halaman pertama Google? Simak bagaimana kerja search marketing kami telah membantu banyak pebisnis seperti Anda: SEO by Karinov

Menurut Harvey Leibenstein

Kewirausahaan merupakan kegiatan yang diperlukan melaksanakan sebuah perusahaan dengan semua komponen fungsi produksi yang tidak diketahui sebelumnya.

Menurut Joseph Schumpeter

Kewirausahaan merupakan sebuah kesempatan langka yang diperoleh sehingga menciptakan peluang untuk memperoleh kesempatan tersebut.

There are currently no comments.