Banyak yang bilang, seseorang bisa disebut sebagai 'orang' jika sudah sukses dalam pekerjaannya. Sayangnya, mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan harapan bukan perkara mudah. Karena tiap kali melamar pekerjaan yang input lowongan bukan hanya Anda melainkan puluhan bahkan mungkin ribuan orang. Sehingga, kesempatan untuk meraih pekerjaan yang diinginkan sangat kecil kemungkinannya.

Berhasil lolos ke tahap pemberkesan pun bukan berarti Anda telah diterima sepenuhnya oleh perusahaan. Masih ada banyak tes yang harus dilalui termasuk wartegg test. Pernah dengan dengan istilah wartegg test? Atau baru pertama kali mendengarnya?

Definisi Wartegg Test

Wartegg test merupakan satu dari sekian banyak tes psikotes yang menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam menyaring calon karyawan. Mengapa demikian? tes ini secara tidak langsung akan menguji keterampilan dan asah otak Anda dalam meneruskan gambar yang belum sempurna sehingga menjadi satu gambar sempurna yang familiar atau memiliki makna.

Dalam wartegg test, Anda akan menghadapi elemen-elemen grafis pada masing-masing gambar yang bila disambung dan dikaitkan akan memproyeksikan sebuah konten. Konten ini memiliki cerita dan makna tersendiri yang secara tidak langsung menggambarkan jenis kepribadian Anda.

Tes psikotes ini bukan berkembang dengan sendirinya, namun dikembangkan oleh Leipzig University dengan pengawasan penuh dari dua tokoh utama yakni Sander dan Krueger. Wartegg test yang biasa Anda hadapi saat tes melamar pekerjaan merupakan hasil penyempurnaan oleh Kinget dan Ehrig Wartegg. Tidak heran jika pada akhirnya tes psikotes ini disebut sebagai wartegg test sesuai dengan penggagasnya.

Mengapa Perlu Melakukan Wartegg Test?

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi suatu perusahaan melakukan tes psikotes ini. Alasan umum adalah untuk mengenal karakter kepribadian dari masing-masing peserta test yang selanjutnya akan diolah untuk pengambilan keputusan.

Meskipun tes ini terkesan sepele dan mudah, faktanya wartegg test memberikan aspek penilaian dalam bidang psikologi, pendidikan, organisasi dan lainnya.

Uniknya, wartegg test bukanlah tes untuk menguji benar dan salah seperti tes soal pembelajaran pada umumnya. Karena dalam tes psikologi tidak ada yang benar dan salah, tujuannya memang untuk menilai kepribadian seseorang. Ke arah mana dan bagaimana caranya bersikap dan mengambil suatu keputusan.

Karena dalam dunia pekerjaan, pengambilan suatu keputusan yang tepat itu dibutuhkan. Seorang karyawan tidak bisa sepenuhnya mengandalkan atasan untuk mengerjakan sesuatu. Bagaimana pun juga, bekerja memiliki konteks dan aplikasi yang berbeda dengan belajar atau sekolah.

Download Soal Wartegg Test [PDF]

Berikut contoh soal wartegg test dalam format PDF yang disediakan oleh The American Society of Professional Graphologists Webpage (www.aspghandwriting.org). Anda dapat mengunduh file berikut setelah memasukkan alamat email yang valid.

Tips Mengerjakan Wartegg Test

Wartegg test adalah tes gambar, meski demikian yang dinilai bukan seberapa bagus gambar yang dihasilkan namun apa gambar yang berhasil digambar. Pemahaman ini seringkali disalah tafsirkan oleh para pelamar kerja. Sehingga dalam mengerjakan wartegg test, mereka cenderung menggambar indah bukannya menggambar sesuatu yang unik dan kreatif.

Agar lebih jelasnya, simak beberapa tips mengerjakan wartegg test di bawah ini:

  1. Rencanakan Apa Gambar yang Akan Dibuat

    Merencanakan gambar yang akan dibuat akan mempersingkat waktu pengerjaan tes ini. Karena sejak awal, Anda sudah tahu ingin membuat apa. Misalnya kotak pertama diisi dengan gambar lapangan tennis, lalu kotak kedua dengan bangunan kerajaan dan selanjutnya adalah bunga matahari.

    Ketika seluruh kotak telah digambar secara utuh, Anda bisa memilih gambar yang paling bagus dan terbaik. Saat mengerjakan wartegg test, usahakan untuk menggambar sesuatu yang kreatif dan unik. Jangan menggambar sesuatu yang standar yang bisa dilakukan oleh anak Sekolah Dasar.

  2. Berlatih Secara Rutin

    Jika Anda bukan pelukis yang baik, maka latihan menggambar sangat diperlukan. Semakin jelas dan bersih gambar yang Anda hasilkan maka akan semakin baik. Untuk mendapatkan hal itu, dibutuhkan latihan yang lebih keras.

    Jangan menyerah sebelum tes atau menganggap tes gambar ini mudah, sehingga saat wartegg test berlangsung Anda menggambar dengan setengah hati.

  3. Kerjakan Elemen Grafis Paling Mudah

    Dari sekian banyak kotak yang harus diisi, pilih elemen grafis yang paling mudah dibuat menjadi gambar utuh. Dengan cara ini, Anda bisa mengerjakan lebih banyak gambar dan mempercepat waktu. Usahakan untuk tidak terpaku hanya pada satu grafis saja.

  4. Jaga Kertas Tes Selalu Bersih

    Mengapa perlu melakukan hal ini? Menjaga kertas selalu bersih menandakan Anda telah melakukan persiapan dan perencanaan yang matang. Karena semakin banyak noda penghapus yang terlihat atau semakin kotor kertas, menandakan semakin rendahnya persiapan Anda.

    Tentunya, Anda tidak ingin memberikan nilai negative pada pemberi tes, bukan? apalagi jika perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan merupakan perusahaan bonafit yang benar-benar Anda harapkan untuk bisa diterima di sana.

    Untuk menjaga kertas tes selalu bersih, pikirkan terlebih dahulu gambar yang akan digambar. Setelah dapat gambar yang bagus, baru mulai gambar di atas kertas.

  5. Acak Urutan Gambar

    Sebelum lembar wartegg test dikumpulkan, Anda diwajibkan untuk memberi urutan gambar mulai dari gambar terbaik hingga yang terburuk. Saat melakukan hal ini, usahakan untuk mengurutkan gambarnya secara acak.

    Kombinasi antara nomor 5678 lalu dilanjutkan dengan 4321 merupakan kombinasi urutan terbaik yang dipandang penguji memiliki kepribadian yang seimbang. Berbanding terbalik bila Anda mengurutkannya secara sistematis, dari angka 1-8. Urutan tersebut melambangkan sifat kaku dan kepribadian konservatif.

test wartegg untuk melihat kepribadian
Tes wartegg untuk melihat kepribadian

Sementara urutan yang terlalu acak menandakan jika Anda merupakan orang yang terlalu kreatif. Sementara orang yang terlalu kreatif memiliki kecenderungan untuk melawan hukum.

Apa sudah memahami apa itu wartegg test? Dengan menyimak penjelasan di atas diharapkan Anda bisa memahami bagaimana cara mengerjakan soal wartegg test dengan baik dan benar.

Karena meski terkesan mudah dan sepele, tidak sedikit peserta yang harus gugur saat melakukan tes ini. Persiapkan diri dan mental sebaik mungkin sebelum mengerjakan wartegg test. Supaya hasil akhirnya sesuai dengan harapan Anda.

There are currently no comments.