Memiliki sebuah website entah untuk kebutuhan pribadi atau bisnis seperti toko online adalah hal yang normal di masa kini. Apalagi sejak pandemi Covid-19 membuat kebiasan manusia untuk online makin tinggi. Hanya saja bagi pemilik bisnis, meningkatnya penggunaan internet juga membuat mereka harus mempelajari tips supaya website aman.

Lhoh, memangnya kenapa harus begitu?

Karena di dunia internet ada banyak website yang menjadi korban kejahatan online. Tentu ini akan merugikan si pemilik website yang menyimpan sejumlah data penting dalam server situs mereka. Karena jika dibobol atau diretas oleh hacker, website bisa kehilangan akses dan informasi yang sudah pasti merugikan.

5 Tips Agar Website Toko Online Makin Aman

Tips Web Lebih Aman
Tips Web Lebih Aman

Pada pertengahan 2020 dilaporkan bahwa ada sekitar 90 ribu serangan hacker di platform WordPress setiap menitnya. Data-data pribadi yang diretas ini bisa membuat rekening seseorang dibobol dan merusak tampilan situs. Karena itulah, mengetahui seperti apa sih tips supaya website aman adalah hal penting. Seperti apa? Berikut lima di antaranya yang bisa dicoba:

1. Pilih Penyedia Hosting Aman

Tips supaya website aman yang paling utama adalah memilih hosting terbaik, karena jika itu tak dilakukan tips-tips lain tak bisa diterapkan. Ada banyak layanan hostingi di Indonesia, tapi pastikan Anda memilih yang menawarkan fitur keamanan maksimal seperti teknologi Imunify360 yang melindungi website dari hacker, malware dan virus berbahaya.

2. Pasang Plugin Keamanan dan SSL

Plugin keamanan dan SSL pada website ibaratnya tembok pada rumah. Sehingga agar website terlindungi, pastikan memasang kedua hal ini. Ada banyak plugin keamanan seperti iThemes Security, Wordfence Security hingga SecuPress Free. Begitu juga SSL yang membuat perpindahan data antar website dan pengunjung menjadi aman, wajib juga terpasang.

3. Pasang Antivirus Berkualitas

Virus yang membobol keamanan website juga kerap terjadi saat Anda mengunggah file yang berisi malware. Untuk itulah penting memasang antivirus berkualitas pada website seperti Kaspersky Total Security, BitDefender Antivirus Plus hingga ESET Smart Security Premium yang semuanya berfungsi melindungi website dari file-file unggahan berbahaya.

4. Selalu Update Website

Melakukan update pada platform website adalah keharusan kalau memang Anda ingin memperoleh keamanan maksimal. Update ini bertujuan agar keamanan website makin maksimal dan lebih baik. Layanan hosting yang berkualitas biasanya menawarkan kemudahan dalam jadwal update platform website.

5. Pakai Kata Sandi Kuat

Salah satu aksi yang dilakukan hacker adalah brute force attack yakni mencoba login dengan username dan password bertubi-tubi. Untuk mencegah peluang ini sekaligus tips supaya website aman adalah dengan memilih username dan kata sandi akses yang rumit serta kuat.

Jika perlu, padukan karakter angka dan huruf termasuk kapital dalam kata sandi. Karena dengan kata sandi yang rumit, tentu aksi brute force attack ini akan cukup sulit dilakukan oleh seorang hacker, sehingga website Anda sepenuhnya terlindungi.

Hosting Gratis Niagahoster Punya Keamanan Lengkap

Dari sejumlah tips di atas, terbukti kalau ada banyak fitur keamanan yang dibutuhkan dalam membangun website berkualitas. Namun tenang Anda tak perlu pusing, semua fitur mulai dari plugin, SSL, teknologi perlindungan keamanan hingga antivirus itu sudah disediakan Niagahoster kepada semua konsumennya.

Bahkan bagi Anda yang memperoleh penawaran hosting gratis, semua fitur keamanan itu bisa didapatkan sekaligus. Semua ini tidak lepas dari ambisi Niagahoster sebagai penyedia hosting gratis Indonesia yang berkualitas dan terbukti aman. Jadi tunggu apalagi? Solusi hosting profesional? Tentu cuma di Niagahoster!

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.