Mungkin Anda sering mendengar istilah CMS website tapi belum mengetahui pengertian dan fungsi utamanya. Biasanya, CMS website ini digunakan untuk membantu para pemilik website dalam mengelola kontennya, baik berupa gambar ataupun tulisan. Dengan kemudahan yang diberikan, kini sudah banyak perusahaan yang menggunakannya.

Sebelum menggunakan CMS untuk website, pertama-tama tentu saja Anda harus mengetahui apa itu CMS. Ya, CMS atau yang bisa disebut dengan Content Management System merupakan sebuah perangkat lunak atau sebuah sistem yang memiliki kemampuan untuk mengatur konten pada situs web. Biasanya situs tersebut berupa e-commerce, forum, blog dan lain-lain.

Dengan bantuan CMS ini, Anda bisa mengatur, mengedit atau mempublikasikan konten baru dengan mudah lho. Selain itu, sistem ini juga menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk melakukan pembaharuan konten sendiri tanpa harus bergantung pada programmer. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, yuk simak ulasan berikut.

Mengapa Web Bisnis Harus Menggunakan CMS

Bukan hanya harus mengetahui apa itu CMS saja, Anda juga harus tahu mengenai apa saja alasan web bisnis harus menggunakan sistem ini. Nah bagi Anda yang baru saja memiliki web bisnis, yuk simak beberapa alasannya di  bawah ini:

Mengurangi Biaya Maintenance

Biaya yang dikeluarkan untuk membayar pemeliharaan web bisnis akan menjadi lebih sedikit dengan menggunakan sistem yang satu ini. Jika Anda bisa memahami fungsi fiturnya dengan baik, maka Anda bisa menangani berbagai pembaharuan konten sendiri, sehingga tidak memerlukan biaya banyak untuk mengelola website.

Multiple User

Biasanya website perusahaan tidak dikelola satu orang, melainkan dikelola oleh suatu tim yang terdiri dari beberapa orang. Setiap orang pasti memiliki tugas berbeda-beda seperti misalnya menjawab pertanyaan pelanggan, memperbaharui detail produk, melayani order dan lain-lain.

Situs ini memungkinkan Anda untuk membuat multiple user, sehingga pengelolaan website perusahaan bisa menjadi lebih efisien dan juga lebih baik lagi. Selain itu, dengan menggunakan sistem ini tentu saja Anda akan merasa lebih mudah dalam mengelola website.

Built-in dengan SEO Tools

Alasan lain yang mengharuskan Anda menggunakan CMS ini yaitu Anda bisa mengoptimasi website yang dimiliki dengan SEO tools yang telah disediakan. Dengan menggunakannya, Anda juga dapat mengisi meta description, slug, SEO title dan all text.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan saat menggunakan sistem ini yaitu bisa membuat peringkat website menjadi lebih baik. Dengan demikian, bisnis Anda pun akan berjalan dengan lancar.

Dapat Diakses Kapan Saja dan Dimana Saja

Dengan menggunakan sistem ini Anda bisa mengubah konten dimana saja dan kapan saja. Memang CMS ini sangat memudahkan para penggunanya. Saat ini, CMS tidak hanya bisa diakses melalui desktop. Namun, Anda bisa mengaksesnya melalui perangkat mobile juga lho.

Dapat Kustomasi Web dengan Mudah & Cepat

Nah, alasan selanjutnya yang mengharuskan website bisnis Anda untuk menggunakan CMS adalah Anda bisa komponen dasar dengan mudah. Seperti mengubah header, navigasi, footer ataupun sidebar.

Dengan menggunakan tools yang sudah disediakan, kini Anda tidak perlu mengganti satu persatu setiap komponen secara manual. Sebab, hal ini bisa dilakukan secara otomatis di semua halaman website.

rekomendasi platform cms terbaik
Beragam CMS serta teknologi dibalik halaman web

Rekomendasi 3 CMS Terbaik

Saat ini terdapat banyak sekali CMS yang ditawarkan di internet. Fungsinya juga bermacam-macam seperti CMS khusus untuk e-commerce, blog dan lain-lain. Nah, berikut beberapa CMS terbaik yang sangat recommended untuk Anda:

WordPress

Sebelum masuk dalam bahasan mengenai CMS WordPress, Anda harus tahu dulu bahwa WP tersedia dalam dua versi, pertama WordPress.com dan kedua WordPress.org. WordPress.com adalah website hosted yang memungkinkan pengguna untuk langsung menjalankan blog tanpa harus pusing memikirkan hosting dan domain, cukup ketak-ketik di wp.com maka personal blog Anda sudah langsung online.

Berbeda dengan WordPress.org dimana Anda membutuhkan hosting dan domain untuk mengistall software ini (self-hosted). Kelebihan dari WP model kedua ini adalah Anda dapat lebih bebas dalam hal modifikasi, penyimpanan file, serta instalasi plugin pihak ketiga.

Tentu Anda sudah tidak asing lagi, WordPress merupakan sebuah aplikasi open source yang sangat populer digunakan sebagai blog engine. Bukan hanya bisa digunakan sebagai aplikasi blog saja, WordPress juga dapat digunakan sebagai CMS untuk berbagai keperluan. Bahkan, saat ini aplikasi tersebut berhasil menempati posisi CMS terbaik dan terbanyak digunakan oleh pengguna web.

Walaupun WP notabene nya adalah aplikasi gratisan, tapi jangan salah, teknologi satu ini kaya dengan beragam fitur mulai dari yang sederhana higga kompleks untuk memenuhi hampir semua kebutuhan web untuk bisnis. Berikut beberapa keunggulan lain dari WordPress yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda:

  • Sangat user-friendly dan bisa digunakan oleh siapa saja
  • Kebutuhan resource server yang tidak terlalu besar
  • Fasilitas trackback dan pingback
  • Memiliki fitur multi kategori dalam satu artikel
  • Terdapat fitur blocks pada WordPress Gutenberg agar tampilan teks lebih menarik
  • Template dan desain sangat mudah disesuaikan dengan kebutuhan pengguna
  • Pilihan plugin yang sangat bervariasi dan komplit untuk semua kebutuhan
  • Didukung oleh komunitas yang besar di seluruh dunia
platform wordpress cms paling populer
Platform WordPress CMS paling populer saat ini

Joomla

Salah satu CMS yang masih eksis hingga saat ini adalah joomla. Meski tidak sepopuler wordpress, joomla ini masih banyak situs web yang mempercayainya sebagai sistem manajemen konten yang dimiliki. Sistem yang satu ini mempunyai paket terpisah dan tentu saja mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan.

Situs ini dibuat dengan menerapkan prinsip model-view-controller yang saat ini banyak digunakan pada sistem perangkat lunak. Selain itu, sistem ini juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti:

  • Majalah, publikasi online dan koran
  • Website bisnis kecil
  • Portal situs web untuk perusahaan
  • Situs web pribadi
  • E-commerce dan pemesanan online.

Drupal

Meski keberadaannya tidak sepopuler WordPress ataupun Joomla, sistem yang satu ini memiliki penggemar tersendiri yang bisa membuatnya bertahan sampai sekarang. Proses instalasi sistem ini hampir sama dengan CMS lain. Caranya yaitu dengan mengunduh paket drupal kemudian jalankan instalasinya.

Sistem yang satu ini sangat terpercaya keamanannya. Jika terdapat masalah keamanan, maka drupal akan menampilkan informasi pada halaman situsnya saat sudah ditambal. Selain itu, sistem yang satu ini juga memiliki keunggulan yang tentu saja sangat menguntungkan Anda, seperti berikut ini:

  • Mudah Digunakan

Dengan tampilannya yang sangat sederhana ini tentu saja bisa memudahkan para penggunanya, sehingga saat akan menggunakan drupal tidak perlu ribet menggunakannya.

  • Lebih Fleksibel

Dengan menggunakan sistem ini Anda bisa menentukan struktur konten dengan menambahkan custom fields, komentar, pengguna dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ratusan modul yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website.

  • Skalabilitas Tinggi

Setelah sistem ini mengalami perbaikan pada drupal 7, dengan bantuan optimasi CSS dan Java Script website Anda akan terasa lebih cepat. Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan sistem yang satu ini web bisnis Anda bisa menjadi lebih responsif dan juga mampu menangani user dalam jumlah besar.

  • Open Source

Salah satu keunggulan sistem ini yang paling menonjol adalah open source. Sehingga, Anda bisa menggunakannya tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak. Memang hal ini sangat menakjubkan dan mampu membuat banyak orang tertarik menggunakannya.

Tak heran jika ribuan orang produktif bekerja sama untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja drupal.


Nah, setelah mengetahui apa itu CMS kini Anda bisa menggunakannya tanpa ragu. Terdapat banyak sekali keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah menggunakan sistem yang satu ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, CMS ini sangat baik digunakan untuk web bisnis.

Bukan hanya memudahkan saja tapi juga menguntungkan para pemilik website. Selain itu, sistem ini juga sangat mudah digunakan lho. Bagi Anda yang belum menggunakannya, buruan gunakan sekarang juga!

There are currently no comments.