Di zaman yang sudah semodern ini, beberapa keahlian memang harus Kamu kuasai dengan baik, salah satunya ialah keahlian dalam copywriting. Tentu, keahlian yang satu ini diperuntukan bagi mereka para penulis yang ingin meningkatkan keterampilan mereka.

Tidak sedikit dari mereka yang mengeluh mengapa pendapatan yang diterima dari artikel dan posting blog selalu menurun. Hal tersebut tentu membuat kebanyakan penulis merasa khawatir. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan meningkatkan kemampuan copywriting.

Tentu saja, untuk bisa meningkatkan penghasilan dari menulis, Kamu harus bisa menawarkan sesuatu yang berbeda dan dapat mampu memikat siapa saja yang membacanya. Meningkatkan keterampilan copywriting merupakan cara bagi Kamu untuk mengatasi masalah penghasilan yang terus menurun.

4 Skill Wajib dalam Copywriting

Nah, untuk bisa menguasai copywriting ini, ternyata cukup menguasai 4 hal saja. Dan ketika Kamu mampu menguasai keempat hal tersebut, maka tidak dapat dipungkiri lagi jika pendapatan yang bisa Kamu dapatkan nantinya menjadi bertambah.

Apa saja prinsip yang harus Kamu kuasai untuk bisa lebih profesional dalam hal copywriting? Buat Kamu yang sudah penasaran dengan jawabannya, silahkan langsung simak penjelasannya di bawah ini:

  1. Kenali Audiens Terlebih Dahulu

    Hal pertama yang wajib untuk Kamu lakukan ialah dengan mengenali audiens terlebih dahulu. Mengapa jamu harus mengenali audiens terlebih dahulu? Hal ini agar Kamu bisa tahu lebih dalam tentang apa yang sedang mereka rasakan dan apa yang sedang mereka butuhkan.

    Terlebih dahulu, Kamu harus tahu siapa target audiens yang ingin dituju. Jika sudah mendapatkan target, ketahui hal apa saja yang mereka butuhkan. Buatlah tulisan tentang hal yang berkaitan dengan kebutuhan mereka tersebut. Tentu saja dengan menggunakan gaya penulisan yang komunikatif dan mudah untuk dipahami.

  2. Kupas tuntuas Manfaat serta Fitur Utama Produk

    Hal lainnya yang harus Kamu perhatikan dengan baik untuk bisa meningkatkan kemampuan copywriting ialah dengan melihat fitur apa yang bisa digunakan serta manfaat apa yang bisa Kamu dapatkan dari produk yang dipasarkan nantinya.

    Contohnya, jika ABC Firm memasarkan produk yang mereka jual ke XYZ Company, kiranya fitur serta manfaat apa yang paling penting dan paling dibutuhkan?

    Nah, buat Kamu yang masih belum tahu dengan jawabannya, sebenarnya jawaban dari pertanyaan tersebut cukuplah sederhana. Fitur dan manfaat yang paling dibutuhkan oleh XYZ Company adalah berbagai macam hal yang berkaitan dengan profitabilitas, reputasi industri, keunggulan kompetitif dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Jelaskan tentang manfaat yang akan didapatkan terlebih dahulu agar bisa menjadi solusi untuk setiap masalah yang dihadapi oleh XYZ Company. Baru setelah itu Kamu bisa menjelaskan tentang berbagai macam fitur yang dimiliki oleh produk dan layanan yang ditawarkan.

  3. Buatlah Proposisi Penjualan yang Lebih Unik

    Nah, selain kedua prinsip yang telah disampaikan di atas, prinsip berikutnya ialah dengan membuat sebuah proposisi penjualan yang lebih unik. Banyaknya pesaing yang ada saat ini memang membuat pemasaran terbilang lebih sulit.

    Namun, bukan berarti masalah tersebut tidak dapat diatasi dengan baik. Jika Kamu mengalami kesulitan dalam hal penjualan, maka buatlah sebuah proposisi penjualan yang lebih unik dan berbeda dari yang lain.

    Apabila hal tersebut masih dirasa cukup sulit untuk dilakukan, maka Kamu bisa menggunakan trik yang lain untuk mengatasi sulitnya pemasaran. Salah satu trik yang bisa Kamu lakukan ialah dengan melihat dan mengamati apapun yang tidak disorot oleh pesaing.

    Meskipun, pesaing Kamu juga menyediakan produk atau layanan yang sama. Cari dan temukan berbagai macam cara yang untuk membantu klien agar produk atau layanan  yang mereka miliki terlihat lebih menonjol ketimbang yang lain.

    Disinilah pemikiran Kamu akan dikuras habis, karena Kamu harus bisa mencari celah untuk menulis hal yang berbeda dari pesaing. Oleh karena itu, dibutuhkan kejelian yang tinggi dan kreativitas dalam diri Kamu sendiri.

  4. Perluas Pengetahuan

    Kamu pasti pernah menjumpai sebuah situs web yang tidak jelas isi dan tujuannya bukan? Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan yang dimiliki.

    Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menarik minat para pengunjung dan pembaca? Cara yang bisa Kamu lakukan ialah dengan memperluas pengetahuan. Dengan memperluas pengetahuan, Kamu bisa membuat sebuah tulisan yang berbobot dan berisi. Tak hanya itu, bahkan para pembaca juga bisa paham dengan maksud dan tujuan yang Kamu sampaikan di dalamnya.

    Untuk menjadi seorang penulis yang profesional, tentu tidak hanya sekedar memiliki modal “Yang penting bisa nulis”. Namun, Kamu juga bisa menguasai beberapa hal. Salah satunya ialah dengan menguasai copywriting.

Untuk menyempurnakan 4 hal di atas,walau Anda telah memiliki pengalaman serta jam terbang yang tinggi sebagai copywriter artikel multitopik, tetaplah rendah hati sebagaimana nasihat mentor Steve berikut:

Stay Hungry, Stay Foolish

Steve Jobs

Copywriting ini memiliki peranan yang teramat sangat penting untuk meningkatkan penghasilan Kamu sebagai penulis artikel. Jadi, jika Kamu ingin mendapatkan penghasilan yang lebih baik dan tulisan yang lebih berbobot, maka menguasai empat prinsip copywriting di atas merupakan hal yang wajib untuk Kamu lakukan.

Skill Pendukung Copywriting

Nah, jika Kamu sudah mampu fokus dengan keempat prinsip copywriting yang telah disampaikan di atas dan mampu lebih unggul jika dibandingkan dengan beberapa penulis lainnya, maka jangan mudah berpuas diri. Kamu juga wajib untuk mengikuti perkembangan serta kebutuhan pasar, apa demand dan platfrom teknologi pendukungnya.

Sebagai penutup, berikut keterampilan tambahan yang bisa Kamu kembangkan setelah menguasai 4 prinsip copywriting diatas. Berikut tambahan yang bisa jadi pemanis tulisanmu:

  1. Ketahuilah, bahwa kata utama yang akan Kamu gunakan sama pentingnya dengan beberapa kata yang akan Kamu gunakan setelahnya.
  2. Kamu harus bisa mengidentifikasi manfaat dari suatu produk ataupun layanan dalam sudut pandang yang baru shingga calon konsumen melihatnya lebih segar dan tidak cliche
  3. Sebaiknya, kamu juga mampu mengerjakan beberapa pekerjaan yang berkaitan seperti membuat brosur, iklan, menulis landing page dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa keterampilan tersebut wajib untuk dikuasai oleh Kamu yang sudah mahir dalam copywriting. Namun, jika Kamu ingin mempelajari keterampilan tersebut bersama dengan 4 prinsip copywriting yang harus dikuasai tentu bukanlah sebuah masalah.

Yang menjadi masalah adalah ketika Kamu tidak mau berbuat apa-apa dan tidak mau mengembangkan diri dengan perkembangan zaman saat ini. Setiap pekerjaan yang digeluti tentu memiliki tantangan tersendiri. Nah, salah satunya adalah menjadi seorang penulis.

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari hasil tulisan yang Kamu buat, memiliki modal bisa menulis saja memang tidak cukup. Kamu juga harus menguasai keterampilan lainnya seperti copywriting.

Contoh Best Practice Copywriting

Diantara sekian banyak landing page yang kami lihat, berikut kami berikan contoh yang memang ideal dar berbagai sisi, mulai dari tulisan, layout, serta tematik yang sesuai dengan calon audience nya.

Contoh diatas merupakan landing page untuk pre order buku Scale-up, terlihat dari desain yang memberi kesan “Make something from scratch“, sangat sesuai dengan filosofi startup yang menjadi target konsumen mereka. Hal-hal seperti ini yang tidak boleh terlewat dalam melengkapi sebuah copywriting, bukan hanya kata-kata yang akan menghipnotis pelanggan, tapi juga penampilan!

santara copywriting
Contoh copywriting ideal Buku Scale-up dari Santara

Oke, itulah beberapa referensi cara menguasai teknik copywriting untuk membantu Kamu menjadi penulis yang lebih professional. Skill ini bukan hanya tetang bagaimana kamu bisa menghasilkan kualitas tulisan yang lebih baik, tapi juga membantu kamu mendapatkan konversi dan tentunya revenue yang jauh lebih tinggi hanya dengan meningkatkan skill copywriting.

There are currently no comments.