Apa itu daftar pustaka? Daftar pustaka merupakan susunan tulisan di akhir sebuah karya ilmiah, daftar pustaka menerangkan nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit. Daftar pustaka berfungsi sebagai sumber sitasi atau rujukan penulis dalam menulis karya ilmiah tersebut.

Daftar pustaka juga berfungsi menghindarkan karya ilmiah dari plagiat. Karya ilmiah yang tidak memuat daftar pustaka, namun di dalamnya terdapat teori atau sebagian teks dari sebuah referensi buku, tentu dapat dicurigai sebagai plagiarisme apabila tidak mencantumkan daftar pusraka.

Selain itu, daftar pustaka berfungsi sebagai bentuk penghargaan atas jerih pikir atau penelitian yang dikutip dalam karya ilmiah tersebut dan daftar pustaka juga berfungsi sebagai rujukan apabila pembaca karya ilmiah akan melakukan penelusuran lebih jauh terhadap hal-hal yang dikutip di dalam karya ilmiah tersebut.

Penulisan daftar pustaka merupakan bagian penting dari kode etik penelitian.

Daftar Pustaka on Karinov

Teman-teman pasti sudah sangat tidak asing dengan daftar pustaka, di pelajaran Bahasa Indonesia sudah diajarkan berulang kali mengenai hal ini. Namun, banyak sekali versi penulisan daftar pustaka, nah pada artikel ini, akan dijelaskan beberapa cara dalam membuat daftar pustaka sesuai kaidah yang berlaku bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal

Kebanyakan perguruan tinggi dalam membuat daftar pustaka yang bersumber dari junal, buku, dan berbagai situs web menggunakan harvard style. Harvard style merupakan style penulisan daftar pustaka paling populer yang banyak digunakan oleh peneliti, penulis, maupun institusi perguruan tinggi.

Referensi: libguides.mq.edu.au/referencing/Harvard

Apa saja aturan-aturan terkait dalam menulis daftar pustaka versi Harvard style? Penulisan daftar pustaka harvard style ditulis satu spasi, berurutan secara alfabetis tanpa nomor berdasarkan nama akhir pengarang atau organisasi yang bertanggung jawab, jika literatur ditulis oleh satu orang, nama penulis ditulis nama belakangnya lebih dulu, kemudian diikuti singkatan (inisial) nama depan dan nama tengah, dan apabila ada beberapa karya yang ditulis oleh pengarang yang sama, urutkan berdasarkan tanggal terbitnya (dimulai dari yang paling lama ke yang paling baru).

Penulisan untuk artikel jurnal dengan menggunakan harvard style adalah sebagai berikut:

Nama belakang pengarang, inisial Tahun Publikasi, Judul artikel menggunakan tanda kutip tunggal, Nama jurnal menggunakan format italic, Nomor volume (ditulis vol.), Nomor halaman.

Contoh:

Jumlah PengarangContoh Penulisan Dapus
Pengarang tunggalHall, M 1999, ‘Breaking the silence: marginalisation of registered nurses employed in nursing homes’, Contemporary Nurse, vol. 8, no. 1, hh. 232-237.
Dua pengarangDavis, L, Mohay, H & Edwards, H 2003, ‘Mothers’ involvement in caring for their premature infants: an historical overview’, Journal of Advanced Nursing, vol. 42, no. 6, hh. 578–86.
Lebih dari dua pengarangWijaya, K, Phillips, M & Syarif, H 2002, ‘Pemilihan sistem penyimpanan data skala besar’, Jurnal Informatika Indonesia, vol. 1, no. 3, hh. 132-140.
Tanpa pengarang‘Building human resources instead of landfills’ 2000, Biocycle, vol. 41, no. 12, hh. 28-29.
Contoh daftar pustaka dari jurnal

Sementara itu, dalam penulisan jurnal online dengan metode harvard style penulisannya adalah sama dengan jurnal full-text hanya pada jurnal online setelah penulisan nomor volume jurnal (vol.) selanjutnya ditambahkan dengan tanggal diakses dan alamat web. Adapaun penulisannya yakni sebagai berikut:

Birbeck, D & Drummond, M 2006, ‘Very young children’s body image: bodies and minds under construction’, International Education Journal, vol. 7, no.4, dilihat 12 Desember 2006, IEJ

Contoh daftar pustaka dengan DOI number
Contoh daftar pustaka dengan DOI number

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet

Di zaman yang modern ini tidak heran kalau apa-apa bisa dicari dengan internet. Selain mudah dan lebih menghemat waktu, di internet juga tersebar berbagai jurnal yang berkualitas dan gratis. Untuk kepenulisan daftar pustaka dari internet terdapat berbagai macam versi, berikut salah satunya:

1. Nama

Cara penulisan nama untuk artikel daring tidak berbeda dengan penulisan nama dari sumber buku maupun artikel cetak.

2. Tahun Penayangan

Tuliskan tahun penayangan dari artikel tersebut.

3. Judul

Judul artikel daring tidak ditulis secara italic, melainkan hanya diapit tanda kutip (“).

4. URL

Jangan lupa menyalin alamat URL dari artikel tersebut agar dapat diakses jika ada yang ingin membuktikan kesahihannya.

5. Waktu Pengambilan

Sertakan waktu akses sumber informasi tersebut secara lengkap.

Selain urutan, masalah tanda batas dalam daftar pustaka yang diambil secara internet/daring agak berbeda dengan penulisan dari sumber cetak. Tanda titik (.) sebagai batas hanya berlaku untuk mengakhiri nama penulis dan tahun penayangan. Sementara itu, pembatasan dari judul ke URL dan dari URL ke waktu pengambilan data berupa tanda koma (,).

Contohnya adalah sebagai berikut:

Reza, Jeko Iqbal. 2015. “Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global”, http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, diakses pada 10 Februari 2016 pukul 10.27.

Bagaimana dengan penulisan daftar pustaka dengan metode harvard style? Pola penulisan daftar pustaka dengan menggunakan metode harvard style menggunakan pola yakni sebagai berikut:

Nama pengarang atau editor atau penyusun Tahun, Judul Artikel (Italic), Nama lamam yang memuat, Tanggal akses, Alamat web.

Contoh:

Jardins, M 1998, How to succeed in postgraduate study, Applied Ecology Research Group, University of Canberra, dilihat 26 April 2001, <http://aerg.canberra.edu.au/jardins/t.htm>. (Disarikan dari berbagai sumber).

contoh daftar pustaka dalam format paper
Contoh daftar pustaka dalam format paper

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Buku

Pola dasar penulisan referensi berjenis buku adalah:

Nama Belakang Pengarang, Inisial tahun terbit, Judul buku (Edisi jika edisinya lebih dari satu), Tempat diterbitkan, Penerbit.

Hal yang perlu diperhatikan adalah judul buku yang dituliskan secara italic dengan penggunaan huruf kapital mengikuti standar penulisan kalimat. Jumlah pengarang yang boleh didaftarkan di satu referensi maksimal berjumlah enam. Jika pengarang berjumlah lebih dari enam maka pengarang ketujuh dan selanjutnya dituliskan sebagai et al.

Contoh:

Jumlah PengarangContoh Penulisan Dapus
Satu pengarangConley, D 2002, The daily miracle: an introduction to journalism, Oxford University Press,New York.
Dua pengarangAnna, N & Santoso, CL 1997, Pendidikan anak, edk 5, Family Press, Jakarta.
Lebih dari dua pengarangKotler, P, Adam, S, Brown, L & Armstrong, G 2003, Principles of marketing, 2nd edn, Pearson Education Australia, Melbourne.
Tidak ada nama pengarangComputer Graphics Inter-Facing 1996, 3rd edn, Modern technology Corporation, Minnepolis.
Contoh daftar pustaka dari buku

Demikian cara penulisan daftar pustaka menggunakan harvard style dari berbagai sumber. Daftar pustaka memiliki peran vital sebagai penutup dalam sebuah karya ilmiah. Bisa dibayangkan kalau karya ilmiah tidak dicantumkan, maka kredibilitas dan kualitas sebuah karya ilmiah akan dipertanyakan.

Orang-orang yang paling telah mengenyam bangku pendidikan SMA sederajat sudah pasti diajarkan mengenai daftar pustaka ini dan seharusnya paham mengenai kaidah kepenulisan daftar pustaka. Cara menulis daftar pustaka tidak selalu sama, hal tersebut tergantun dari mana sumber pengambilan kutipan/informasi tersebut.

Pembaca dapat menilai kredensial suatu karya ilmiah melalui daftar pustaka apakah telah memenuhi standar umum atau belum, menilai apakah seorang penulis kredibel, dan melalui daftar pustaka pula pembaca dapat melakukan pemeriksaan mengenai kebenaran data yang digunakan pada karya tulis. 

Untuk lebih memahami penggunaan daftar pustaka dalam sebuah karya ilmiah, Anda dapat merujuk pada artikel contoh proposal penelitian.

Download Template Daftar Pustaka

Untuk kamu yang merasa kesulitan mengatur format ataupun style tulisan dalam membuat daftar pustaka di Microsoft Word, berikut kami berikan template daftar pustaka dalam format DOCX (editable) yang bisa digunakan secara instan. Anda hanya perlu mengganti text nama pengarang, tahun, dan judul referensi dari daftar pustaka yang sudah tertera dalam dokumen berikut.

Untuk menampilkan link unduh kedua dokumen contoh dapus diatas, Anda perlu membagikan artikel ini terlebih dahulu. Selamat mencoba, jika ada pertanyaan, kami terbuka untuk berdiskusi lewat kolom komentar 🙂

There are currently no comments.