Menjalankan suatu bisnis harus dilakukan dengan pemahaman dan konsentrasi yang tinggi. Jika salah mengambil jalan, tidak menutup kemungkinan Anda akan terjerumus dalam jurang kegagalan. Resiko kegagalan memang selalu ada, tapi akan lebih baik bila dihindari atau setidaknya menyiapkan beberapa rencana untuk menanggulanginya.

Berlaku pula jika Anda berencana melakukan digital marketing. Istilah digital marketing mengacu pada aktivitas penjualan maupun promosi yang dilakukan dengan memanfaatkan fungsi dan peran teknologi digital. Tujuannya untuk menarik minat konsumen, branding produk dan memperkenalkan profile perusahaan secara online.

Meskipun terdengar mudah, nyatanya melakukan promosi online jauh lebih sulit daripada promosi dari mulut ke mulut. Harus ada strategi ditigal marketing yang dimiliki agar kegiatan yang dilakukan sampai ke target marketing dan menghasilkan sesuatu.

7 Strategi Digital Marketing Terbaik di 2019

Mau usaha kecil atau skala besar, strategi harus dimiliki ketika wacana promosi menjadi salah satu projek penting perusahaan. Bila itu berkaitan dengan digital marketing, maka strategi inilah yang Anda butuhkan:

1. Blogging Dengan Menonjolkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) merupakan istilah populer yang berhubungan dengan peringkat web di search engine. Google sebagai search engine terkemuka dan terpopuler di dunia mampu menampilkan banyak sekali informasi cukup dengan mengetikkan kata kunci (keyword).

Sebagai salah satu pengguna rutin Google, kita tentunya ingin nama situs kita yang muncul paling awal ketika searching.

Oleh karena itu, kita memerlukan penerapan teknik SEO yang tepat untuk menjadi situs yang terdepan. Bagaimana caranya? Tidak lain dengan mempelajari cara kerja SEO, termasuk istilah penting yang berhubungan dengannya.

  • Backlink: Link yang ada diwebsite orang lain dan menuju website kita.
  • Black Hat SEO: Bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan peringkat namun sayangnya teknik ini dilarang.
  • PageRank: Algoritma pertama yang kini telah digantikan dengan berbagai algoritma terbaru dibuat khusus oleh Google.
  • Outbond Link: Link yang akan membawa kita memasuki halaman situs milik orang lain.
  • White Hat SEO: Teknik SEO yang diperbolehkan oleh Google dan mesin pencari lainnya.

2. Video Marketing Via YouTube

YouTube masih cukup efektif sebagai media komunikasi dan media promosi visual dengan skala internasional. Di YouTube, Anda bisa mengupload video promosi menarik dengan ciri khas tersendiri. Konten-konten yang ditampilkan di YouTube harus memiliki keunikan yang mampu menarik keinginan pengguna lainnya untuk melihat video Anda.

Semakin banyak jumlah subscriber atau viewers maka akan semakin populer akun YouTube Anda yang nantinya akan berdampak positif terhadap penjualan. Mungkin terdengar mudah dan menyenangkan, tapi nyatanya strategi digital marketing ini cukup sulit dilaksanakan, apalagi bila tidak ada pengalaman menghasilkan video yang bagus.

Teknik editing video dan pengaturan pengambilan gambar harus dilakukan sebaik mungkin, sehingga seseorang yang menonton akan merasa nyaman. Bahkan bisa menangkap informasi yang coba Anda sampaikan di dalamnya. Sebelum memulai video marketing, pelajari lebih dahulu caranya hingga benar-benar mahir.

Psst.. sudah tahu Wistia? Konon kabarnya, platform ini lebih bisa diandalkan daripada YouTube sebagai penyedia video untuk website kamu loh!

3. Email Marketing

Jika jumlah pengunjung di situs Anda sudah cukup banyak bahkan ada pula yang sering memberikan komentar positif. Mulailah untuk menambahkan navigasi newsletter di dalamnya. Tidak ada kata terlambat untuk menggunakan fitur ini.

non stop email marketing by gojek
Non-stop email marketing dari Gojek

Newsletter marketing merupakan fitur modern yang memungkinkan seseorang memperoleh update-an terbaru dari sebuah situs. Cara mengaktifkan newsletter pun sangat mudah, seseorang hanya perlu memasukkan alamat email aktif lalu tekan subscribe.

Ketika alamat email telah terhubung dengan web, maka update terbaru akan dikirim secara otomatis ke alamat email. Strategi ini bisa menjadi cara promosi jangka panjang tanpa perlu banyak action. Yang perlu Anda lakukan cukup update konten baru nan menarik secara teratur.

4. Social Media Marketing

Punya Facebook, Instagram, Twitter dan social media lainnya? jika jawabannya ya, maka tidak perlu ragu untuk memanfaatkannya sebagai digital marketing. Anda bisa melakukan promosi maupun mengupload produk baru di social media sehingga konsumen bisa mengetahuinya dengan lebih cepat.

Selain efektif, Anda bahkan tidak perlu membayar sama sekali. Cukup usahakan agar jumlah follower atau pertemanan Anda di social media terus bertambah setiap bulannya sehingga makin banyak orang yang mengenal brand dan produk Anda.

Jika modalnya ada, Anda bisa memilih untuk menggunakan fasilitas iklan yang ditawarkan oleh social media tersebut seperti Facebook Ads atau Instagram Ads.

5. Bergabung Bersama Forum dan Komunitas

Salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis adalah komunikasi yang baik. Menghandle konsumen dan klien tidak bisa dilakukan tanpa keahlian tersebut. Begitu pula bila Anda berencana memasuki Facebook Pages, Kaskus maupun forum dan komunitas populer lainnya. Pastikan tidak melakukan hal ini setelah Anda join komunitas maupun forum:

  • Jangan Melakukan Spam Promosi

Ada banyak forum diskusi yang bisa kita searching di Kaskus dan tidak semuanya membahas tentang produk dan penjualan. Beberapa forum membahas seputar gaya hidup, pekerjaan, pengalaman pribadi dan lainnya.

Jadilan anggota komunitas atau forum yang bermartabat dengan menghargai dan menghormati seluruh anggota yang bergabung. Jangan asal mempromosikan produk Anda di forum pendidikan maupun kesehatan apalagi jika produk tersebut tidak ada kaitannya dengan dua tema tersebut.

  • Jangan Menyebarkan Link Mentah

Ketika telah menemukan forum diskusi yang tepat, usahakan untuk membuat orang lain merasa impresif dengan link yang Anda sharing. Jangan menyebarkan link mentah yang konten di dalamnya masih memiliki banyak kekurangan bahkan tidak masuk standar SEO sama sekali.

Sebarkan link yang memiliki poin-poin penting sehingga orang merasa tidak menyesal telah membuka link Anda.

6. Podcasting

Podcast sekilas hampir mirip dengan saluran radio biasa karena menampilkan banyak stasiun radio yang dikenal sebagai podcasting. Perbedaannya terletak pada hasil suaranya. Podcast merupakan suara rekaman sedangkan radio dipublikasikan secara langsung dan biasanya dalam podcast jarang ada iklan yang wara wiri.

Meskipun belum umum di Indonesia, digital marketing melalui media ini sangat populer di luar negeri mengingat industry radio internasional telah mengalami penurunan minat pendengarnya. Banyak pihak yang yakin jika podcast akan sangat populer di masa depan, mengingat tema yang ditawarkan sangat beragam.

Kita tidak hanya mendengarkan siaran musik saja, melainkan bisa mendengarkan rekaman suara tentang politik, ekonomi, bisnis, hobi, kesehatan dan masih banyak lagi. Anda yang tertarik, bisa belajar membuat podcast sendiri bahkan melakukan kombinasi dan interview dengan pengguna podcast lainnya.

7. Pasang Iklan Berbayar

Namanya bisnis maka tidak ada yang gratis, membuat iklan membutuhkan banyak modal termasuk iklan di sebuah situs. Tapi ingatlah, tidak ada sesuatu yang berjalan cepat tanpa uang. Bagaimana pun juga waktu adalah uang.

Karena alasan itulah, Anda bisa mulai memikirkan untuk membuat dan memasang iklan berbayar. Pastikan untuk memperhatikan 3 aspek ini sebelum memasang iklan yakni pengunjung, budget dan commerciality. Ketika ketiganya sukses maka modal yang Anda keluarkan untuk pasang iklan akan kembali dengan cepat dan mudah melalui pendapatan yang melimpah.

Itulah ketujuh strategi digital marketing yang wajib diimplementasikan oleh pelaku bisnis online jika berharap produk maupun brandingnya sukses di pasaran. Karena tidak akan ada hasil bila tidak ada usaha dan keringat.

There are currently no comments.