Sebagai salah satu SEO signals paling populer, selama bertahun-tahun backlink dipercaya sebagai parameter utama pemeringkatan di pencarian Google. Namun apakah hal tersebut masih berlaku di tahun 2020 ini?

Sebelum lebih jauh membahas hal tersebut, ada baiknya kita mengetahui apa saja komponen algoritma Google dalam menentukan SEO signal satu halaman. Berikut gambaran porsi keseluruhan algoritma pencarian dalam menentukan ranking factor dikutip dari Moz.com.

Komponen SEO signal algoritma google
Komponen SEO signal algoritma google

Dari ilustrasi di atas, terlihat bahwa lebih dari 40% algoritma Google diciptakan untuk meninjau backlink halaman Anda. Dari sini, seharusnya Anda sudah bisa melihat relevansi antara kualitas backlink dengan trafik organik suatu website.

Pada tulisan ini, kami akan mencoba membuktikan hipotesa tersebut berdasarkan hasil dari beberapa aktivitas link building yang kami lakukan. Jika Anda belum tahu bagaimana cara kerja backlink pbn kami, Anda dapat melihatnya terlebih dahulu di halaman layanan backlink pbn.

Definisi Backlink Berkualitas

SEO bukanlah suatu hal yang rigid, ia akan terus berkembang seiring dengan perubahan algoritma mesin pencari. Oleh karena itu, jika kita mencari definisi teknis, tentu jawabannya bisa beragam mulai dari rank domain, page authority, hingga anchor yang digunakan. Sayangnya, yang disebutkan itu bisa saja berubah sewaktu-waktu jika algoritma Google merasa faktor tersebut sudah tidak relevan.

Agar lebih mudah, mari kita coba kembali pada hal yang lebih fungsional dari adanya teknologi hyperlink ini. Setidaknya, ada dua hal yang harus dipenuhi agar sebuah link html dapat berfungsi sebagaimana mestinya:

  • Dapat memudahkan dan meningkatkan pengalaman pengunjung
  • Terdapat relevansi antara url referensi dengan teks yang muncul (anchor)

Selain merujuk pada kedua prinsip di atas, tentu masih ada hal pendukung yang dapat membantu merealisasikan tujuan dalam aktivitas link aqcuisition. Berikut beberapa parameter lain yang kami gunakan agar dapat memberikan hasil maksimal dalam proses backlink pbn.

  1. Trafik organik bulanan yang cukup tinggi
  2. Web punya niche spesifik masing-masing
  3. Audience web yang segemented

Dengan adanya kriteria yang jelas, kita akan lebih mudah meng-create backlink berkualitas tersebut. Sudah mulai tercerahkan? Silakan lanjut pada studi kasus riil nya di bawah ini.

Bukan sekadar rekomendasi: 5 Backlink Checker Terbaik

Performa Link dan Blog Placement

Pada studi kasus ini, kami akan memberikan gambaran trafik organik serta trend klik organik yang didapatkan seiring waktu. Berikut beberapa contoh performa blog placement kami yang dilacak menggunakan tools official yaitu Google Search Console.

Keyword jasa cuci karpet

Keyword ini merupakan project pbn yang sudah berjalan hampir satu tahun, dan selama itu pula, laman pbn utama kami sering muncul seputar pencarian “cuci karpet jakarta”. Berikut performa pencarian laman pbn yang berada dalam parent domain karinov.co.id.

performa keyword cuci karpet
Performa keyword cuci karpet

Sebelumnya, perlu Anda tahu bahwa pencarian ini adalah kata kunci yang sangat spesifik (micro-niche). Jadi, boleh dibilang hanya orang yang berniat mencari jasa itu sajalah yang akan mengetikkan kata kunci tersebut di Google. Itulah mengapa walau klik organiknya kecil (8-12 klik per hari), beberapa order untuk cuci karpet kantor cukup sering masuk ke Email/WhatsApp Karinov.

Keyword jasa pajak

Untuk contoh kata kunci kompetitif yang memiliki volume pencarian cukup tinggi, berikut contoh dari performa pbn seputar “jasa pajak jakarta”. Mengingat waktu pengerjaan pbn ini dimulai sekitar 4 bulan lalu, boleh dibilang hasil ini memiliki predikat sangat memuaskan. Berbekal hanya dengan paket PBN premium saja, klien layanan pajak kami berhasil men-generate leads cukup tinggi menjelang akhir tahun 2019. Berikut statistik pencarian di Google Search Console.

performa keyword pajak
Performa halaman “jasa pajak”

Karena ada dua terms pencarian yang berbeda, maka kami membuatkan halaman untuk “jasa pajak” dan juga “tax consultant”. Berikut performa halaman kedua yang ternyata memiliki performa lebih tinggi dari list halaman di atas.

performa keyword tax consultant
Performa keyword tax consultant

Jadi jika ditotal, selama kurang lebih 4 bulan ini saja, halaman PBN seputar pajak di parent domain Karinov saja diklik di Google sudah 9.000 kali. Angka yang cukup fantastis bukan? Apalagi jika data ini dikombinasikan dengan performa pbn di 2-3 domain lainnya yang punya ranking tinggi juga di Google.

Keyword seputar ambeien

Jika kedua contoh diatas berbicara tentang halaman PBN yang memang memiliki target market micro-niche, maka bagaimana jika kata kuncinya lebih general dan sangat kompetitif? Berikut hasil studi kasus kami untuk laman PBN tema kesehatan dengan permintaan keyword seputar penyakit wasir/ambeien.

performa keyword ambeien
Performa keyword seputar ambeien

Seiring dengan volume pencarian yang lebih umum dan banyak dicari via Google, halaman PBN kami juga memiliki klik organik yang jauh lebih tinggi. Performa klik organik nya pun boleh dibilang cukup merata baik di domain utama ataupun subdomain sekundernya. Bisa dilihat, halaman di subdomain id.karinov dan wiki.karinov memiliki klik yang lebih rendah karena tipe keyword yang juga lebih spesifik. Jika dibandingkan dengan hasil dua keyword sebelumnya, tentu mendapatkan hampir 20ribu klik dalam waktu sekitar 4 bulan adalah insentif SEO yang cukup baik bukan?

Pengaruh Backlink dalam Meningkatkan Trafik Organik

Harus diakui, tidak semua klien kami menggunakan jasa konten advertorial PBN semata-mata untuk mendapatkan leads. Sebagian besarnya justru hanya ingin mendapatkan backlink berkualitas untuk meningkatkan ranking mereka di Google. Oleh karena itu, pada bagian terakhir ini, kami coba untuk melihat apakah pengerjaan PBN kami berdampak pada peningkatan traffic website klien.

Note: Tidak mudah mencari web klien yang menggunakan optimasi backlink hanya dari Karinov.co.id. Banyak diantara mereka yang sudah pernah menggunakan jasa backlink lainnya sebelum ini. Oleh karena itu, kami hanya mencantumkan peningkatan di dua domain yang dipastikan belum pernah menggunakan jasa backlink manapun selain layanan kami.

Demi privasi perusahaan klien, domain web terpaksa kami sembunyikan untuk kenyamanan semua pihak.

Web Klien #1

Website ini sudah didaftarkan sejak tahun 2018 dan pengerjaan backlink kami lakukan sekitar bukan Agustus 2019, berikut trend performa trafik organiknya.

Performa trafik organik web pertama

Karena ini adalah website perusahaan yang relatif dibuat bukan sebagai media marketing, maka secara traffic juga cenderung kurang diperhatikan dan minim akan optimasi. Namun dapat dilihat, setelah pengerjaan backlink di bulan Juli-Agustus 2019, ada peningkatan traffic yang cukup progresif hingga saat ini. Jika dibanding performa trafik bulan Juni yang hanya di kisaran 20 user/bulan, trafik 200an user per bulan adalah peningkatan yang cukup signifikan.

Web klien #2

Pada contoh kedua ini, kami memberikan website yang kami optimasi baik dari sisi off-page maupun on-page. Pengerjaan backlink dimulai dari bulan September dan dapat dilihat penambahan trafik organik persis juga terjadi di waktu tersebut.

Performa trafik organik web kedua

Jika dibandingkan dengan yang pertama, web kedua ini relatif lebih baru dan domainnya baru didaftarkan di penghujung tahun 2018. Namun bisa dilihat, dalam rentang tahun 2019, boleh dibilang hampir tidak ada trafik organik sebelum dilakukannya proses link building.

Kesimpulan

Berdasarkan data dan trend organic traffic di atas, dapat disimpulkan bahwa aktivitas link building masih menjadi salah satu kunci SEO secara keseluruhan. Pertanyaan yang tersisa hanyalah bagaimana cara kita membangun backlink yang berkualitas di mata mesin pencari.

Satu hal yang menarik, semua trafik organik di atas bertambah hanya dengan puluhan bahkan belasan backlink domain. Dari sini jelas, bahwa kualitas backlink jauh lebih penting, bertolak belakang dengan mitos bahwa sebuah domain butuh ratusan bahkan ribuan backlink sampai ia bisa dianggap authority oleh Google.

  • Yohanes

    YohanesYohanes

    Reply

    Thanks infonya…
    Apa jasa backlink ini khusus utk web berbahasa indonesia saja? Ataupun bahasa asing jg?

    Yohanes

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      bisa juga untuk web bahasa asing, namun halaman PBN nya rata-rata tetap berbahasa Indonesia dan main organic traffic nya bersumber dari negara Indonesia.

  • Info Lomba

    Info LombaInfo Lomba

    Reply

    butuh biaya berapa untuk bisa menaikan 1 keyword?

  • Writer Daylight

    Writer DaylightWriter Daylight

    Reply

    Kayanya skrg backlink ga ngaruh min ditambah skrg algoritma google penguin itu yang semakin kesini semakin ribet

  • Roffif syafruddin

    Roffif syafruddinRoffif syafruddin

    Reply

    Backlink masih tetap berpengaruh besar terhadap kualitas sebuah website, ketika saya ikut kelas di skill academy by ruang guru dengan materi “cara membuat website eksis di halaman pertama google” di situ di jabarkan pentingnya backlink terhadap website, karena backlink merupakan salah satu off page optimation..

    anyway terima kasih artikelnya, sangat bermanfaat