Sudah bukan lagi rahasia, bahwa backlink merupakan salah satu SEO signal paling utama dalam pemeringkatan mesin pencarian. Sudah banyak data yang dirilis oleh platform search marketing ternama diantaranya MOZ.com yang menguatkan hal tersebut.

Ingin tahu bagaimana sebuah backlink bisa menjadi sarana branding serta leads generation bagi web Anda? Pelajari selengkapnya di studi kasus backlink berkualitas.

korelasi antara backlink dengan ranking Google SERP
Google rankings vs backlink

Dari ilustrasi di atas, tidak heran pada akhirnya banyak orang berpendapat sesederhana ini:

Semakin banyak backlink, maka peringkat pencarian Google akan semakin tinggi

IMers

Mungkin hal tersebut tidak salah jika diterapkan di belasan tahun yang lalu. Sayangnya, setiap waktu, Google selalu memperbaharui algoritma yang mereka miliki hanya untuk mendeteksi mana link yang authentic dan mana yang artifisial.

Dengan beragam update algoritma inilah, hanya link berkualitas dan bebas dari indikasi mencurigakan yang akan efektif mengangkat peringkat web Anda. Itulah mengapa laman Wikipedia hampir selalu masuk peringkat atas Google untuk search intent informational. Karena banyak sekali baik laman web, dokumen pdf, serta ebook yang mensitasi web mereka secara natural.

Lalu bagaimana cara mengecek kualitas setiap backlink baik itu kompetitor ataupun web kita sendiri? Di luar sana, tersedia cukup banyak tools baik yang gratisan maupun berbayar yang dapat dijadikan rujukan.

Backlink Checker Terbaik

Lewat tulisan ini, kami akan mengulas 5 backlink checker terbaik, cara cek, serta parameter penting yang perlu diperhatikan dari kelima tools tersebut.

Ahrefs

Bukan paling populer, tapi menurut kami ini salah satu yang terbaik. Dengan skema freemium dengan fitur free version yang sangat terbatas, Ahrefs semacam memaksa kita untuk mengeluarkan sejumlah uang demi dapat melihat data secara penuh.

Kelengkapan data ini bukan tanpa alasan, dalam rilis resminya, mereka mengklaim bahwa: AhrefsBot is the second most active crawler after Googlebot.

ahref blog rank
Ahrefs blog rank. Source: Ahrefs

Salah satu yang menjadi favorit para webmaster dari tools ini adalah angka DR (Domain Rank). Nilai acuan yang dapat menggambarkan kualitas setiap backlink domain ini cukup akurat untuk digunakan sebagai pengganti PageRank Google. Dari tools ini pula kita bisa lihat jenis backlink yang ada bersifat dofollow (bisa diikuti robot) atau tidak. Untuk dapat menggunakan tools ini secara gratis, Anda dapat langsung menuju ke halaman berikut:

ahrefs.com/backlink-checker

MOZ

Berdiri dengan brand awal SEOmoz, startup berbasis SaaS (Software as a Service) ini berhasil menjadi market leader dalam industri search marketing. Siapa yang tidak tahu DA (Domain Authority), parameter utama para pencari domain serta influencer blogger dalam menentukan backlink suatu website berkualitas atau tidak.

Bukan tanpa alasan hampir semua orang menjadikan DA sebagai salah satu acuan penting dalam dunia SEO. Dalam update terbaru Domain Authority 2.0, MOZ mengklaim bahwa nilai DA ini paling akurat dalam memprediksi peringkat domain di Google.

Anda dapat menggunakan tools ini secara langsung tanpa harus login terlebih dahulu. Namun jika Anda ingin data lebih lengkap, Anda perlu sign up menggunakan email aktif atau bahkan berlangganan jika membutuhkan queries lebih banyak. Berikut backlink checker ala Moz.com.

moz.com/link-explorer

SEMrush / SEOquake

Setelah berakhirnya era PageRank Gooogle di tahun 2012, penggunaan SEO toolbar pada browser agaknya mulai meredup. Hadirnya SEOquake sebagai extension alternatif yang cukup mumpuni berhasil membuat tools dari SEMrush ini terpasang di banyak browser para internet marketer.

Sampai sekarang, SEOquake masih menjadi tools favorit para pakar SEO karena penggunaanya yang relatif mudah dan simpel. Anda hanya perlu menginstal ekstensi di browser, lalu SEO metrics akan muncul di tautan Google SERP tanpa harus melakukan pengecekan manual satu-per-satu.

Contoh tampilan metrics dari SEOquake
Contoh tampilan metrics SEOquake di Google Search

Dengan ekstensi ini, Anda juga dapat melihat jumlah backlink halaman (L) maupun backlink domain total (LD) yang dapat diklik untuk melihat report lengkapnya. Walau versi berbayar dari SEMrush saat ini tidak cukup populer, harus diakui fitur-fitur mereka adalah salah satu yang paling komplit. Anda dapt menuju link berikut untuk langsung menginstal dan menikmati fitur backlink checker otomatis ini.

www.seoquake.com/index.html

Ubersuggest

Berbeda dari 3 tools sebelumnya yang bersifat freemium, tools keempat ini tersedia 100% gratis tanpa biaya apapun. Anda dapat menikmati full features dari Ubersuggest hanya dengan melakukan sign-up tanpa ada embel-embel payment atau donasi dalam bentuk apapun.

Backlink checker Ubersuggest ini asalnya dibeli oleh konglomerat digital Neil Patel. Karena merasa tools ini dapat menjadi sumber traffic yang mumpuni, akhirnya Neil memutuskan untuk menggratiskan penggunaan Ubersuggest. Ulasan yang cukup unik dari strategi marketingnya ini dapat Anda baca dalam blog pribadinya, My New SEO Strategy.

Jangan salah, walau tools ini gratis, beliau mengkalim bahwa biaya bulanan yang harus dikeluarkan untuk menjalankan Ubersuggest ada di angka $120.000. Fantastis bukan? Langsung saja masuk ke halaman berikut untuk tahu betapa powerfulnya backlink checker sekaligus keyword tools berikut ini.

app.neilpatel.com/en/seo_analyzer/backlinks

Google.com

Berbeda dari tools bahkan dari artikel mengenai backlink yang sudah diulas di web lainnya. Pada bagian terakhir ini, kami turut merekomendasikan mesin pencari Google sebagai salah satu backlink checker yang cukup akurat.

Sebenarnya, pada Webmaster Tools versi lama, Anda dapat melihat backlink langsung dari versi Google. Namun, pada dasbor Search Console yang baru, agaknya fitur tersebut lebih dikesampingkan. Namun jangan khawatir, Anda masih dapat melakukan pengecekan backlink dengan akurat via Google Search.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menambahkan kata “link:” sebelum url yang akan dicari backlinknya. Misal, Anda mencari backlink untuk artikel ini: karinov.co.id/jasa-digital-marketing/

Maka kata kunci yang Anda ketikkan di Google search adalah sebagai berikut:

link:karinov.co.id/jasa-digital-marketing/

Sebenarnya cara ini sudah tidak begitu populer dilakukan mengingat Google tidak akan menampilkan semua data backlink seperti SEO tools di atas. Namun, saya pribadi masih suka menggunakan cara ini untuk melihat sitasi yang diberikan secara natural oleh para pembaca kami di Karinov.co.id.

Nah, itu dia 5 backlink checker terbaik saat ini versi Karinov.co.id. Tentu masih ada lagi tools lainnya seperti Majestic atau Alexa, namun keduanya menyediakan fitur yang sangat terbatas jika Anda bukan pelanggan berbayar.

Kembali lagi, bagi kami di Karinov, backlink hanyalah salah satu support signal dalam dunia SEO, yang utama tetaplah kualitas konten bagi para pembaca. Oleh karenanya, agak sayang nampaknya kalau Anda menghabiskan budget marketing hanya untuk audit dan evaluasi backlink. Yup! Masih banyak hal-hal lainnya yang lebih esensial dan bisa Anda priortiaskan guna tampil di mesin pencarian.

  • Faaris

    FaarisFaaris

    Reply

    tapi kebanyakan backlink checker jadi pihak ketiga dari ahref, kan jadi terbatas ngechecknya apalagi kaya saya yang gapunya banyak uang.. haha

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      Kalau mau cari yang agak berbeda style indexingnya bisa cek backlink dari alexa.

  • mimi

    mimimimi

    Reply

    makasih infonya, sangat berguna buat saya yang baru belajar.

  • Lapakfoto

    LapakfotoLapakfoto

    Reply

    makasih oms infonya, sangat bermanfaat..

  • kemang

    kemangkemang

    Reply

    Manfaat nih mas infonya

  • budi

    budibudi

    Reply

    kalo saya biasa mengecek website saya menggunakan ahref

    • Rumbai

      RumbaiRumbai

      Reply

      Mau tanya master, bagaimana cara melihat spam backlink. Atau ada pengaruhnya untuk pagerank? Trims

      • Karinov

        KarinovKarinov

        Reply

        bisa dilihat menggunakan tools seperti moz.com, disana akan kelihatan halaman backlink cenderung harmful atau tidak tergantung dari angka spam score nya.

  • Adanpedia

    AdanpediaAdanpedia

    Reply

    Dari kelima tools diatas, semuanya sudah saya coba, dan kenapa hasilnya beda-beda ya min?

  • Andi

    AndiAndi

    Reply

    Artikel ini sangat membantu bagi para pemula.
    Terima kasih.

  • Didik

    DidikDidik

    Reply

    Terima kasih, saya menggunakan ubersugest dan ternyata backlink saya 0 hehe

    • Karinov

      KarinovKarinov

      Reply

      Ya, artinya Anda butuh untuk mendapatkan lebih banyak referral link dari situs-situs ber pagerank tinggi. Diantara metode yang bisa digunakan sudah kami ulas di tulisan cara membangun backlink ini.

  • Ledcreatifity

    LedcreatifityLedcreatifity

    Reply

    Sangat bermanfaat infonya gan.
    Izin nyimak

  • ulma lisa

    ulma lisaulma lisa

    Reply

    makasih min, langsung coba nih hhehe

  • Fadlil

    FadlilFadlil

    Reply

    Siap gan, makasih buat infonya sangat membantu..

  • Yoga

    YogaYoga

    Reply

    Terima kasih gan sangat membantu sekali