Jangan senang dulu jika Anda baru pertama kali memiliki website dengan tampilan yang baik. Hal penting selanjutnya yang harus dipikirkan adalah bagaimana mengoptimalkan laman website untuk muncul di hasil pencarian.

Teknik untuk mengoptimalkan web kita dalam mesin pencari disebut dengan SEO atau Search Engine Optimization.

Pada tulisan ini, saya akan berbagi mengenai hal yang sangat dasar dari cara optimasi SEO berdasarkan panduan resmi dari Google. Berikut tahapan yang harus dilakukan pada website baru Anda.

1. Cek Apakah Web Anda sudah Ter-index Google

Pada tahap ini, harus Anda lakukan simpel saja, cukup ketikkan kaat kunci seperti ini di kolom pencarian Google Search,

site:namawebsitekamu.com
Dengan mengisi kata kunci diatas, maka semua hasil pencarian nantinya adalah semua halaman web kamu yang sudah ter-index Google. Misal, untuk web Karinov, Anda akan lihat hasil pencarian seperti di halaman ini: google.co.id/search?q=site:karinov.co.id

Jika Anda tidak mau repot, ganti saja url “karinov.co.id” di atas dengan alamat atau nama domain web kamu.

Lalu bagaimana jika ternyata web saya belum terindex, atau dari sekian banyak halaman website hanya terindex beberapa saja?

Jika hal ini terjadi, artinya kamu perlu untuk submit laman kamu secara manual dengan Google submit url. Jika kamu ingin submit otomatis, mau tidak mau kamu harus mengintegrasikan web kamu dengan Google Search Console.

2. Pastikan Web Anda memiliki Isi yang Berkualitas

Ini hal kedua yang harus diingat. Sejatinya, Google merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa. Apa jasa yang mereka sediakan?

Google menyediakan jasa untuk membantu menemukan informasi sesuai yang diinginkan oleh penggunanya. Oleh karena itu, jika isi website Anda dapat menjawab kebutuhan pengguna pencarian Google, otomatis mesin pencari pun akan suka dengan website Anda.

Parameter hal ini dapat dibaca oleh Google dengan melihat berapa lama pengunjung bertahan di website Anda (session duration). Jika setelah masuk ke web Anda, pengujung langsung kabur (bounce rate tinggi), siap-siap, Google bisa menilai web Anda memiliki isi yang tidak berkualitas.

3. Kecepatan Loading dan Kompatibilitas antar-device

Seiring dengan tren penggunaan internet serta pencarian online mulai didominasi dari perangkat mobile, Google pun menyesuaikan dengan algoritmanya yang ikut mempertimbangkan aksesibilitas dari sebuah website.

Cukup banyak faktor yang menetukan pada bagian ini seperti, tempat hosting website, template yang digunakan, platform cms yang dipakai, hingga dukungan teknologi kompresi.

Secara umum, untuk mengetahui performa website secara umum khusus pada bagian ini, Anda bisa mengecek langsung melalui tools milik Google berikut g.co/mobilefriendly.

Disana, Anda cukup memasukkan URL website dan tunggu beberapa saat hingga akhirnya muncul hasil audit serta rekomendasi yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan performa website.

Nah, itulah 3 poin dasar bagaimana cara optimasi website yang masih baru agar tampil di mesin pencarian Google. Jika Anda merasa membutuhkan bantuan dalam mengoptimasi website, Anda bisa mempertimbangkan untuk merekrut pihak ketiga yang dapat menyediakan jasa optimasi SEO untuk Anda.

Hal ini juga disarankan oleh Google secara khusus dengan mendefinisikan praktisi SEO sebagai pihak yang akan membantu penampilan web Anda di mesin pencari. Berikut kutipannya:

Do I need external help?

SEOs or Search Engine Optimizers are professionals who can help you improve your website and increase visibility on search engines.

— Google Webmaster Checklist

Bagaimana, memilih untuk merekrut jasa SEO atau melakukannya sendiri? Kami siap membantu dan berdiskusi lewat kolom komentar.

  • CateringMahasiswa

    CateringMahasiswaCateringMahasiswa

    Reply

    Terimakasih bro, saya dapat informasi baru di artikel ini tentang cara cek situ web di search engine.

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      Senang tulisan ini bisa membantu. Salam juga mas.

  • Tourwiz

    TourwizTourwiz

    Reply

    Mantap artikel yang sungguh membantu ,Memang optimasi seo web gampang gampang sulit

  • Desti

    DestiDesti

    Reply

    Kenapa ya kok susah banget buat loading blog jadi baik.. terutama di google Pgespeed..
    Apakah mungkin karena saya pakai blogspot jd susah… gimana kalau wordpress???

    Terima Kasih. . .

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      secara default, loading blog dari blogspot (blogger.com) seharusnya cukup baik, karena menggunakan layanan server Google. mungkin perlu dicek lagi apakah template yang digunakan bisa jadi salah satu penyebab tidak baiknya skor di google pagespeed

  • resep inyong

    resep inyongresep inyong

    Reply

    kalau backline berpengaruh gak?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      mungkin backlink ya maksudnya. masih cukup berpengaruh, khususnya bagi backlink yang dapat memberikan traffic (sering diklik oleh pengunjung). Tidak termasuk bagus dampaknya backlink yang ditanam secara sporadis dalam suatu halaman dan tidak diklik oleh orang yang melihatnya.

  • zoel

    zoelzoel

    Reply

    mantap gan ulasannya

  • Joni

    JoniJoni

    Reply

    This comment has been removed by the author.

  • ananta

    anantaananta

    Reply

    Terima kasih infonya….