Memiliki sebuah website atau blog, tidak hanya sekedar menulis saja. Tetapi juga perlu menjaga kualitas konten dan membangun keterlihatan web agar bisa dibaca oleh banyak orang.

Salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas ini Adalah dengan membangun backlink berkualitas yang dapat membantu robot dan pembaca memahami konteks laman website secara utuh. Berikut panduan sederhana bagaimana cara membangun backlink yang aman dan sesuai dengan update algoritma terbaru Google.

Dalam proses SEO, kita mengenal istilah backlink yang seringkali diterapkan pada website atau blog. Backlink merupakan suatu cara untuk membantu menaikkan peringkat pencarian dengan menyisipkan link satu halaman web pada halaman web lainnya.

Link Building untuk membangun E-A-T

Berikut adalah panduan dasar yang perlu diperhatikan berkenaan dengan membangun backlink.

1. Mengenal Jenis Backlink

Sebelum menerapkan backlink, Anda harus mengetahui jenis mana yang pantas digunakan untuk website atau blog Anda. Tidak semua backlink yang cocok dan sesuai dengan konten tersebut.

Ada macam-macam backlink yang bisa Anda gunakan, seperti contextual backlink, link profile, blog comment, hingga media sosial. Berikut pengertian dari masing-masing istilah diatas:

  1. External Link vs Internal Link

    Secara sederhana, sebuah tautan dalam satu halaman web dapat dibagi menjadi dua kategori. External link berarti tautan yang menuju halaman website di domain lain, sedangkan internal link berarti tautan yang mengarah ke laman lain dalam di situs yang sama (halaman berada dalam satu domain).

  2. Contextual Backlink

    Contextual backlink berarti sebuah link yang berada pada halaman situs yang memiliki pembahasan relevan dengan situs yang disematkan linknya.

  3. Link Profile

    Link profile adalah metode penyisipan link melalui situs profile seperti profil Linkedin, Ask.fm, maupun laman personal di situs kampus, instansi, dan semacamnya.

  4. Blog Comment

    Metode blog commenting dapat diartikan sebagai penambahan link aktif ketika berkomentar pada situs orang lain. Walau begitu, metode ini agak kurang efektif mengingat tingginya indikasi spam, relatif tidak disukai pemilik situs, dan click rate yang relatif rendah.

  5. Media sosial

    Walaupun sebagian besar platform media sosial menambahkan atribut nofollow pada external link, nyatanya metode ini masih sering digunakan. Caranya adalah dengan membuat akun sosial media dan membagikan link dari situs kita. Platform yang paling umum digunakan untuk tujaun SEO diantaranya adalah Pinterest.

Butuh backlink berkualitas? Kunjungi Jasa backlink PBN ala Google Webmaster

Masing-masing backlink memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri. Dari semua jenis backlink diatas, contextual adalah yang paling banyak dan konon paling berpengaruh.

Dalam satu media atau situs, tidak hanya satu backlink yang bisa disisip, boleh lebih, namun jangan pula terlalu banyak. Contohnya, dalam satu artikel, Anda boleh menuliskan kata kunci yang mengandung backlink. Untuk itu, pilihlah jenis backlink yang efisien dan mudah menarik pengunjung.

2. Pengaruh Backlink Terhadap Mesin Google

Sebelum beranjak lebih dalam pada penerapan backlink, Anda juga perlu mengetahui bagaimana sebenarnya pengaruh dari suatu link terhadap penilaian robot peramba Google.

Setiap website atau blog memiliki nilai performa masing-masing. Semakin baik authority suatu website, maka semakin besar pula pengaruh positif backlink yang ada di laman tersebut.

Oleh sebab itu, teknik link building di web dengan authority tinggi menjadi salah satu kunci sukses agar halaman Anda berada di peringkat atas pencarian Google.

Dalam melakukan link building, Anda harus menjauhi teknik yang bersifat spamming. Google bisa memberikan penalty pada website yang tidak sesuai dengan aturan main, hukuman tersebut diantaranya dieksekusi oleh Google Sandbox dan Google Panda.

Penalty dari google tak pandang bulu, entah itu pengguna yang masih baru ataupun lama. Jika ada sedikit saja kesalahan, pada penempatan backlink ini, maka Google tak segan-segan akan menurunkan peringkat website atau blog Anda.

Contoh mudah agar terhindar dari penalty adalah dengan menempatkan backlink secara natural yang memang ditujukan untuk membantu user memahami informasi yang Anda sajikan. Backlink seperti ini juga biasa disebut sebagai contextual backlink. Dibandingkan backlink dari komentar blog, social media shares, resiko contextual link terhindar dari penalty akan lebih kecil.

Mengenal Google EAT

EAT (Expertise – Authority – Trustworthiness) adalah sebutan yang dibuat oleh Google untuk mendefinisikan kebutuhan sebuah halaman agar mampu tampil prima di mesin pencari mereka. Lebih lengkap, Anda dapat melihat referensi tentang ini di Google.

3. Mempersiapkan Konten yang Baik

Sebagaimana SEO secara umum, konten berkualitas akan tetap menjadi ujung tombak eksisnya sebuah backlink. Disinilah kamu bisa meyakinkan robot peramba bahwa tautan yang kamu tambahkan berguna untuk pembaca terlihat dari aktivitas klik yang ada dan penempatan link yang sesuai.

Format konten yang biasanya paling efektif untuk aktivitas link building biasanya berupa tulisan atau artikel SEO friendly, hal ini disebabkan anchor dalam text tulisan dapat dimodifikasi dengan mudah. Selain itu, ada beberapa format konten lainnya yang jika mengandung backlink, akan sulit dibaca oleh robot contohnya file flash (.swf) atau teks di dalam iframe.

Usahakanlah membangun konten yang berkualitas dan bermutu dengan ide-ide kreatif. Konten seperti ini tidak akan membuat pengunjung web bosan membacanya.

4. Melihat Jangkauan

Jangan terpaku dengan satu platform saja dalam membangun backlink. Carilah kanal-kanal non-konvensional yang tepat untuk Anda menambahkan backlink yang tidak hanya bersifat passing-pagerank tapi juga dapat menghadirkan traffic berkualitas.

Diantara platform yang terbukti efektif dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan potensial hanya dengan membangun backlink adalah platform tanya-jawab nomor wahid, Quora.

Buat jangkauan seluas mungkin dengan meletakkan backlink di beberapa platform berbeda.

Link building with Karinov.co.id

5. Melakukan Pembaruan Link

Ada kalanya ketika mengklik salah satu backlink, Anda akan diarahkan pada halaman yang tidak ditemukan atau “Page Not Found/ 404 Not Found“. Jika Anda pernah menemukan hal ini, itu artinya backlink pada situs tersebut mengalami kerusakan.

Kerusakan atau sering disebut broken link bisa terjadi karena beberapa hal. Penyebabnya bisa karena domain atau direktori web yang berubah hingga kesalahan pengetikan tautan.

Broken link dapat mempengaruhi kualitas SEO jika tidak dipelihara dengan baik. Peringkat SEO akan turun perlahankarena algoritma pencarian seperti google akan membaca bahwa situs Anda kurang baik.

Bukan hanya link yang Anda tempatkan pada situs lain, tetapi juga sebaliknya. Backlink orang lain yang memanfaatkan situs Anda dan menimbulkan broken link juga dipercaya dapat menurunkan performa website.

Tak ada salahnya sesekali di kala senggang memeriksa backlink yang pernah dipublikasikan ketika Anda mengubah domain. Malah akan lebih bagus lagi ketika mengganti domain, Anda langsung melakukan pembaruan pada backlink tersebut.

Bagi orang lain yang menggunakan situs Anda sebagai teknik backlink mereka, rajinlah untuk memeriksa dengan menggunakan online tools khusus untuk mendeteksi adanya broken link. Anda tentu tidak ingin jika website atau blog yang sudah dipelihara sedemikian rupa akan jatuh hanya karena ada satu broken link terabaikan.

6. Bergabung dengan Forum dan Komunitas sejenis

Backlink ternyata juga efektif ketika ditempatkan di sebuah forum online dengan cara yang tepat. Contoh yang paling umum dan ramai digunakan adalah Kaskus. Kaskus memiliki ruang forum untuk membahas berbagai hal.

Anda bisa dengan mudah menyisipkan backlink ketika tergabung dalam forum tersebut. Bisa dibilang ini merupakan salah satu bentuk promosi bagi Anda yang masih pemula.

Membuat thread pada forum bisa menjembatani website atau blog Anda dengan pengguna akun lainnya. Namun, tak semua forum yang memperbolehkan Anda untuk menyisipkan backlink. Pilihlah forum yang dirasa aman dan sesuai dengan niche website yang Anda miliki.

7. Mempromosikan Lewat Media Sosial

Bentuk promosi lainnya adalah lewat media sosial. Media sosial yang paling sering digunakan saat ini adalah Instagram dan Facebook. Bahkan tak sedikit pula yang menyisipkan link pada text description di postingan akun Youtube sebagai referensi sumber atau rujukan untuk disinggahi penonton.

8. Memanfaatkan Pertukaran Link

Dalam sebuah bisnis, akan ada namanya persaingan, baik yang sehat maupun tidak. Persaingan sehat tidak akan saling menjatuhkan satu sama lain. Justru mereka akan saling bertukar link untuk sama-sama meningkatkan visibilitas.

Ketika Anda telah menjalin keakraban dan hubungan dengan teman sesama blogger atau pengguna website, pertukaran link cukup ampuh. Apalagi jika mereka telah memiliki banyak pengikut dan pengunjung.

Menggunakan sistem backlink dalam SEO akan sangat bermanfaat jika dipadukan dengan strategi marketing perusahaan yang ada. Untuk itu, lakukanlah link building sebaik mungkin sesuai panduan ini agar pengaruh SEO web Anda bekerja secara maksimal.

  • Renda Oktavia

    Renda OktaviaRenda Oktavia

    Reply

    Untuk algoritma google terbaru saya memang kurang terlalu mengerti. Jadi, terimakasih untuk panduan dasar link building nya.