KBLI diambil dari singkatan dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). Hal ini penting bagi pengusaha atau bagi anda yang baru akan mendirikan usaha. Sebabnya, kode KBLI tercantum di Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan perizinan investasi yang dikeluarkan oleh notaris dan berpengaruh bagi kegiatan usahanya. 

Kini, dunia perdagangan di Indonesia memberlakukan KBLI 2017 dalam proses kegiatannya. Kenali jenis KBLI ini dan bedanya dengan sistem serupa yang diterapkan pada tahun-tahun sebelumnya.

Mengenal Kode KBLI

KBLI disusun berdasarkan kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk baik barang atau jasa. Daftar ini terdiri dari struktur kegiatan ekonomi yang konsisten dan saling terkait sesuai kesepakatan internasional.

Suatu badan usaha dengan kode KBLI tertentu tidak bisa ikut dalam tender atau melakukan usaha di luar kode yang tercantum dalam akte pendirian. Apalagi kini dibatasi hanya 3 kode KBLI yang bisa dicantumkan, berbeda dengan beberapa tahun lalu yang jumlahnya kodenya bisa lebih banyak. 

Penyusunan ini terdiri dari beberapa digit angka dengan karakteristiknya masing-masing. Dua digit pertama mewakili golongan pokok bidang usaha seperti perdagangan besar yang diwakili angka 46 dan 47 bagi perdagangan eceran. Angka tersebut kemudian dikembangkan dengan lebih spesifik sesuai dengan cabang usahanya hingga 3 sampai 5 digit. 

Penyesuaian yang sedemikian rupa oleh KBLI Indonesia sebenarnya juga seragam dengan standart international yang mana hal tersebut sudah tertuang pada ISIC (International Standard Industrial Classification if All Economic Activities)

Pengaturan ini merupakan milik United Nations of Statistical Division (UNSD) yang merupakan divisi statistik United Nation (UN) atau Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Karena itulah, kodenya sama di seluruh dunia. Keuntungan lainnya ialah kode yang berlaku global ini memudahkan ketika ingin bergaul dengan pebisnis di dunia internasional atau ketika akan mengembangkan bisnis. 

Mengenal Kode KBLI 2017

Dalam ranah usaha domestik, KBLI 2017 menjadi hal penting harus dipenuhi. Alasannya agar sesuai dengan Online Single Submission (OSS) yang merupakan sistem perizinan terbaru yang berlaku dalam bidang ini. Maksud pemberlakuan klasifikasi ini adalah agar badan usaha dapat membangun keahlian dan jasanya pada bidang tertentu saja.

Kode KBLI 2017 merupakan rilisan terakhir dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang harus dijadikan acuan oleh pengusaha. Dasar hukumnya adalah Peraturan Kepala BPS No.19/2017 tentang Perubahan KBLI 2015.

Perusahaan yang berdiri setelah 2017 wajib menggunakan penomoran ini sedangkan perusahaan yang lebih tua harus melakukan penyesuaian. Maksudnya, banyak perusahaan lama belum menggunakan sistem yang ditetapkan pada 8 Maret 2017 ini sehingga harus melakukan perbaikan dengan ketentuan yang terbaru.

Perbedaan KBLI 2015 vs KBLI 2017

Ada  beberapa perbedaan yang sangat signifikan antara KBLI 2015 dan KBLI 2017 antara lain:

  • Jumlah digit kode angka

Meski hanya berjarak 2 tahun perilisannya, perbedaan yang sangat terasa ialah soal penggunaan kode angka. Jika sebelumnya kode yang digunakan hanya terdiri dari 4 digit maka KBLI 2017 memiliki kode angka dengan jumlah 5 digit. Salah satu yang paling dirasakan ialah sulitnya mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) dari sistem OSS. 

  • Izin yang diberlakukan

Perbedaan lainnya adalah perubahan izin yang diberlakukan. Contohnya adalah usaha yang dalam daftar KBLI 2017 memiliki jenis usaha dengan 73100. Kategorinya sendiri adalah badan usaha yang berizin dengan Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP). Padahal sebelumnya, pada KBLI 2015, jenis usaha periklanan ini memiliki kode angka 7310 dengan tipe administrasi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). 

Jika bidang usahanya cenderung sama sebenarnya lebih minim kendala. Namun sayangnya hal tersebut bertentangan dengan UU Menteri Priwisata yakni No 10 Tahun 2018.

Aturan ini menyebutkan secara jelas jika bidang usaha periklanan tidak bisa masuk dalam ranah kementriaan pariwisata. Akibatnya, badan usaha yang terlanjur memiliki kode lama tidak bisa ikut serta dalam kegiatan ekonomi di bawah naungan Kemenpar. 

kode klasifikasi kbli 2017
Ilustrasi klasifikasi baku lapangan usaha 2017

Solusi Klasifikasi KBLI 2017

Ada solusi yang bisa diambil bagi badan usaha yang mengalami masalah seperti ini. Pelaku usaha harus mengajukan koreksi dengan datang langsung ke lembaga OSS di Kantor Pusat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Masalahnya tidak hanya terjadi di bidang pariwisata namun juga bidang usaha lainnya. Ada banyak kasus perbedaan pemakaian KBLI 2017 dan daftar sebelumnya oleh para pelaku usaha. Karena banyakanya keluhan maka diterbitkan pengumuman bersama kementrian hukum dan HAM RI.

Aturan ini mengklarifikasi jika memang benar ada perbedaan data yang berlaku di Sistem OSS dengan Sistem Sistem Administrasi Badan Hukum (ABH). Pasalnya, Kementriaan Koordinator Bidang Perekonomian melalui sistem OSS menggunakan sistem KBLI 2017 sedangkan Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) dari Kementriaan Koordinator Bidang Perekonomian masih berpatokan pada KBLI 2015.

Akibatnya sebagaimana disebutkan di atas, ada sejumlah badan usaha yang NIB-nya tidak dapat diproses pada Sistem OSS. 

Peraturan itu juga menyebutkan jika pengusaha harus segera melakukan pembaruan sesuai dengan klasifikasi yang terbaru. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan pengusaha apabila melakukan penyesuaian mengacu pada KBLI 2017.

Dengan akta pendirian perusahaan yang sesuai sistem OSS maka perusahaan akan memiliki legalitas yang sesuai dengan peraturan terbaru. Adapun, tidak perlu mengajukan izin baru karena yang lama tetap berlaku. Izin tersebut juga tidak memiliki masa berlaku dan tidak terbatas domisili. Dengan sistem OSS, suatu badan usaha tidak membutuhkan Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP) untuk mendapatkan izin usaha,komersil maupun operasional. 

Karena itu, guna mengembangkan usaha dan meningkatkan profit bisnis, ada baiknya cermat memilih kode klasifikasi KBLI 2017 yang paling sesuai dengan peraturan yang terbaru.

Cara Cek Kode KBLI 2017

BPS mengeluarkan dokumen khusus terkait daftar kode ini dalam bentuk pdf dan data online. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan cek KBLI 2017 via online lewat laman spkonline.bps.go.id/spkonline.

Melalui laman SPK Online, ada 4 macam pencarian yang bisa dilakukan, berikut diantaranya:

  1. Pencarian dari Deskripsi ke Kode

    Pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) dapat digunakan untuk mencari kode klasifikasi dengan memasukkan kata kunci (keyword) tertentu.

    SPK Online Keyword Search

  2. Pencarian dari Kode ke Deskripsi

    Pencarian berdasarkan kode KBLI dapat digunakan untuk mengetahui deskripsi/ penjelasan rinci dari kode tersebut. Gunakan pencarian metode ini jika Anda telah mengetahui kode KBLI yang akan dimasukkan.

    SPK Online Description Search

  3. Pencarian Eksternal

    Pencarian eksternal adalah pencarian informasi tentang istilah klasifikasi yang kurang dapat dipahami (belum familiar) melalui situs search engine eksternal seperti Google dan situs Wikipedia yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep klasifikasi.

    Sayangnya saat ini fungsi tool tersebut di laman SPK Online belum optimal, Anda dapat membuka langsung via kedua situs tersebut untuk mencari informasi yang diinginkan.

  4. Percarian mode Eksplor

    Pencarian Eksplor adalah pencarian kode klasifikasi dengan cara mengeksplorasi dimana semua kode klasifikasi ditampilkan sesuai dengan level (jumlah digit) dan kategori usaha yang diinginkan. Pada mode ini, Anda dapat memilih jumlah digit kode mulai dari 2 hingga 5 digit.

    SPK Online Eksplor

Download PDF KBLI 2017

Selain dapat melakukan pengecekan secara online, Anda juga dapat mengakses dokumen ini secara offline dalam bentuk softfile ataupun cetakdengan mengunduh file PDF berikut. Silakan memasukkan validasi email lewat kolom berikut untuk men-generate link download KBLI dalam format pdf.

Tentukan kode yang paling pas dan sesuai dengan visi dan misi perusahaan agar tidak menghambat pengembangan usaha nantinya. Bisa pula berkonsultasi dengan rekan bisnis agar kode yang dipilih tidak malah berkebalikan dengan rencana jangka panjang pengembangan usaha yang ingin dilakukan. Meskipun bisa mengajukan perubahan namun tentunya tidak efektif jika harus terlalu sering melakukan perubahan dokumen.

Aplikasi Playstore KBLI Mobile

Selain dapat dicek secara online baik menggunakan web SPK Online atau offline dengan download pdf di atas, kode klasifikasi KBLI terbaru dapat dicek juga melalui smartphone. Saat ini, baru apps versi android (format .apk) saja yang tersedia, berikut link download/install KBLI mobile version resmi hasil pengembangan tim Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

play.google.com/id.go.bps.sumbar.kbli

Contoh Implementasi KBLI 2017

Jika dilakukan dengan tepat dan cermat, pengusaha bisa terus melakukan ekspansi usaha tanpa harus terhambat regulasi apapun. Sebagai contoh adalah perusahaan startup lokal seperti Gojek yang awalnya hanya melayani ojek online kini juga menyediakan banyak layanan pengembang mulai transportasi yang lebih banyak, pembayaran, kuliner, hingga kecantikan.

Namun hal ini tetap sesuai dengan identitasnya sebagai perusahaan teknologi informasi. Alibinya adalah perusahaan tersebut memanfaatkan kecanggihnya teknologi untuk menyediakan layanan tersebut bagi konsumennya.

Sekian panduan singkat perihal kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) versi terbaru 2017, semoga dapat memberikan pencerahan bagi rekan pengusaha sekalian, salam karya inovasi!

There are currently no comments.