Pasti diantara para pelaku bisnis disini sudah tidak asing lagi mendengar perusahaan agensi atau jasa digital marketing kan? Ya, sektor bisnis yang mulai tumbuh mulai tahun 2010 menggantikan bisnis pemasaran dan periklanan konvensional ini semakin dibutuhkan seiring dengan maraknya trend toko online, startup, serta para pengusaha di sektor online.

Pilih yang sesuai dengan Kebutuhan Perusahaan

Dalam memilih jasa digital marketing yang cocok dengan kategori perusahaan bukanlah hal yang mudah, dan seringnya kita mentok pada dua pilihan klasik.

Dapat jasa digital marketing yang murah tapi kurang menjanjikan benefitnya bagi perusahaan, atau menggunakan jasa digital marketing yang bonafid namun mematok harga selangit.

Ketahuilah hal ini merupakan hal yang sangat umum pada sebuah sektor bisnis yang boleh dibilang masih baru sehingga belum ada istilah setimbangnya harga pasar akibat supply dan demand yang belum stabil.

Walau kita semua tahu, bahwa setiap pelaku bisnis akan berusaha mengimplementaskan hukum harga termurah untuk satu tingkat kepuasan tertentu.

Parameter dalam Memilih Jasa Digital Marketing

Oleh karena itu, saya akan memberikan tips bagaima memilih jasa digital marketing berdasarkan harga dan perkiraan performa mereka nantinya berdasarkan beberapa parameter yang akan kami jelaskan lewat tulisan di bawah ini.

Kredibilitas Website Penyedia Layanan (Agensi)

Pertama, perhatikan domain, tampilan, serta isi yang dimiliki oleh agensi digital marketing tersebut. Apakah mereka menggunakan domain legal yang kredibel (contoh menggunakan domain resmi untuk perusahaan .co.id), apakah tampilan website nya meyakinkan dari sisi desain serta kemudahan navigasi bagi pengunjung web, apakah website tersebut mengandung isi yang informative, bermanfaat, serta jelas layanan apa yang mereka tawarkan.

Jika dalam mengembangkan website sendiri (sebagai elemen utama digital marketing) saja sudah tidak bagus, lalu bagaimana kita bisa mempercayakan mereka akan mengerjakan marketing digital perusahaan kita dengan benar?

Cek Portofolio

Kedua, lihat portofolio yang sudah mereka kerjakan sebelumnya. Bukankah karya berbicara lebih lantang daripada bahasa? Maksudnya, dari hasil karya dan proyek yang telah mereka lakukan, darisana kita bisa menilai kualitas pekerjaan sebuah agensi digital marketing.

Teliti Testimonial Pelanggan Sebelumnya

Ketiga, lihat dan teliti testimonial yang mereka miliki. Dari daftar portofolio, kita bisa tahu siapa saja kliennya dan apakah testimonialnya sesuai dengan hasil karya agensi tersebut.

Bisa juga kita teliti benarkah profil orang yang memberikan testimoninya di internet, walau tidak banyak, tapi saya menemukan terkadang ada juga orang yang menggunakan testimonial palsu. Intinya adalah cek keotentikan setiap informasi yang diberikan oleh agensi tersebut.

Komparasi Budget serta Layanan yang Ditawarkan

Yang terakhir, baru kita bisa bandingkan fitur jasa digital marketing yang ditawarkan sesuai atau tidak dengan harga dan budget perusahaan yang kita kehendaki.

Mengapa poin ini saya taruh terakhir, karena sangat disayangkan apabila kita sudah mengeluarkan biaya untuk digital marketing, tapi nyatanya tampilan web yang layak pun tidak kita dapatkan.

Oke, itulah pengetahuan dasar serta empat tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih jasa digital marketing untuk perusahaan. Jika Anda mau tahu lebih detil mengenai harganya, bisa Anda baca di tulisan ini: Kisaran Harga Jasa Digital Marketing

Sampai sini dulu, jika ada pengalaman berhubungan dengan agensi digital marketing, silakan tinggalkan pesan lewat kolom komentar

There are currently no comments.