Bagi sebagian besar bisnis konvensional, digital marketing adalah sebuah momok menyeramkan yang dapat mengancam eksistensi bisnis mereka. Padahal, untuk mempelajari teknik digital marketing terbaru bukanlah hal yang sulit apalagi membutuhkan biaya besar.

Alih-alih harus membayar sejumlah uang untuk mengikuti kursus digital marketing, sebenarnya kamu bisa mengikuti perkembangan digital marketing secara gratis yang beredar di internet. Salah dua rekomendasi yang sering kami jadikan acuan di Karinov.co.id adalah Kumpulan Infografis Marketing dari Pinterest serta Whiteboard Friday dari Moz. Masih kurang? berikut daftar materi digital marketing dari Karinov yang bisa jadi referensi kamu.

Tentu selain referensi di atas, masih banyak lagi panduan pemasaran digital yang ada di dunia maya. Berikut beberapa referensi utama yang bisa menjadi suplemen tambahan kamu dalam mempelajari beberapa topik spesifik dalam dunia internet marketing.

All in One Digital Marketing Resources
Jika kamu membutuhkan panduan digital marketing yang lengkap mulai dari email, social media, online ads, hingga blog post, HubSpot boleh dibilang menjadi solusi terbaik. Disini kamu tidak hanya dapat mempelajari panduan step-by-step guide, tapi juga dapat menggunakan langsung online tools yang diprovide secara gratis oleh HubSpot.

Google Ads Mastery
Jika dalam postingan sebelumnya kami pernah membahas betapa powerfulnya fitur tambahan dari Google Ads, WordStream dapat memandu Anda menguasai setting tingkat lanjut tersebut, mulai dari remarketing, ad schedule, hingga antisipasi fraud click.

Search Engine Optimization

Jujur untuk yang satu ini, terlalu banyak penyedia tutorial untuk topik di atas. Berhubung SEO itu lebih banyak berdasar pada pengalaman dan proses hack marathon, saya sendiri jarang menelan mentah-mentah dari artikel yang beredar. Namun, jika kamu butuh hanya untuk mengetahui perkembangan isu SEO yang beredar, Search Engine Land dan tulisan dari seorang SEO profesional, Marie Haynes, menurut saya sudah cukup sebagai bekal awal.

Official Blog

Terakhir, jangan lupa bahwa selain semua rekomendasi dari portal pihak ketiga di atas, kamu juga bisa mempelajari digital marketing langsung dari penyedia platformnya. Sebagai contoh, untuk Facebook dan Instagram Ads, kamu bisa langsung merujuk pada online course yang disediakan oleh Facebook Blueprint. Untuk semua produk Google pun, kamu bisa dapatkan referensi hampir untuk semua turunan produk mereka, mulai dalam bentuk Google Blog hingga Google Online Support.

Cukup banyak bukan? Percayalah, kumpulan panduan yang saya rangkum di atas sebenarnya sudah lebih dari cukup sebagai bahan awal, dan sisanya action kita lah yang akan menentukan kecakapan skill masing-masing.

Penyakit terbesar internet marketer pemula adalah, merasa bahwa dengan teknologi bernama internet semua akan menjadi lebih mudah, cari uang mudah, dapat pelanggan mudah, padahal anggapan tersebut salah!

Dengan terbukanya akses informasi ke hampir seluruh lapisan masyarakat, justru kompetisi akan semakin terbuka dan setiap orang punya kesempatan yang hampir sama. Oleh karenanya, kembali kesabaran, ketekunan, serta keuletan kamu dalam memanfaatkan teknologi ini sebagai ajang untuk mencari uang tetaplah akan jadi penentu utama, menarik bukan?

Bonus: Trend Digital Marketing 2019

Berikut kami rangkum tren digital marketing di 2019 sebagai acuan dasar, sisanya, kamu tinggal pilih channel mana yang mau kamu dalami terlebih dahulu.

Website masih jadi faktor utama

Identitas perusahaan kamu akan tercermin dari performa website bisnis yang kamu miliki. Kriteria dasar seperti mobile friendly, SEO optimized, loading cepat, navigasi yang jelas, serta isi web yang authentic dan berkualitas adalah hal yang wajib terpenuhi.

SEO, SEM & Sosial Media

Raih traffic sebanyak-banyak nya dari pengguna internet dengan cara tampil di pencarian Google, iklan online berbayar, ataupun dari jejaring media sosial. Gunakan mana yang menurut kamu akan mengeluarkan biaya terkecil dengan hasil paling optimal.

Video pendek: Sebuah kearifan baru

Adanya video pendek terbukti dapat meningkatkan tingkat konversi pada landing page hingga 80%. Pastikan pesan kamu tersampaikan seluruhnya dalam beberapa detik, hanya setengah dari mereka yang akan melihat video lebih dari 1 menit.

Email marketing masih relevan

Walaupun hal ini sudah lama dilakukan baik untuk bisnis besar maupun kecil, nyatanya teknik pemasaran via email masih bisa diandalkan. Berdasarkan infografis marketing ini, 34% marketer masih mengandalkan email marketing.

 

Buat pelanggan terpesona dengan layanan prima

Belum ada yang dapat mengalahkan efektivitas marketing yang keluar dari rekomendasi klien kita sendiri. Lampaui ekspektasi klien dengan performa terbaik kita. 70-90% revenue perusahaan berpotensi masuk dari upsell dan pembelian berulang.

Maksimalkan tools gratisan

Walaupun pada akhirnya perusahaan besar seperti Google dan Facebook mulai masuk dalam skema pay to play, setidaknya tools gratisan di luar sana masih bisa diandalkan. Produk seperti Google analytics dan search console, mailchimp, pinterest, akan sangat membantu jika kamu bisa menggunakannya dengan tepat.

The best marketing doesn’t feel like marketing.

Nah, itulah beberapa teknik digital marketing terkini yang sudah digunakan oleh para marketers handal di dunia internasional. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana dengan bisnis kamu sekarang? 😀

  • Rudy Halim

    Rudy HalimRudy Halim

    Reply

    Saya sdh pernah ikut 1 x salah satu workshop di Jkt. Bukannya sok pintar, saya kira banyak training yg paket biayanya tdk sebanding dengan ilmu yg diberikan.
    Saya mulai dari Affiliate Program, yg berbayar biayanya mencekik… Sdh kita jualkan hrs bayar biaya besar pula. Affiliate yg tidak berbayar diiklan memang bagus tapi apakah memang semudah itu? Media yg saya gunakan SosMed. Saya ingin mencari org yg bs berbagi ilmu dan kerjasama bisnis digital marketing ini. Tq

  • Yudi Aditiawan

    Yudi AditiawanYudi Aditiawan

    Reply

    I call u “digital volunteers”

  • João daSilva

    João daSilvaJoão daSilva

    Reply

    I realy want to attended this course online.