Memulai dan menjalankan sebuah usaha memang tidak selamanya berjalan dengan mulus dan pasti menemui rintangan. Namun hal tersebut tidak akan menjadi sebuah hambatan yang berarti jika terus menumbuhkan minat, tekad dan kerja keras dalam setiap peluang kesuksesan sebuah bisnis.

Pada dasarnya mempertimbangkan hobi dan minat dari seseorang yang ingin memulai usaha adalah hal yang perlu ada jika ingin sukses.

Sebagai contoh jika Anda memiliki hobi otomotif dan memiliki lahan yang cukup luas, Anda dapat membuka sebuah usaha cuci mobil yang pasti tidak akan sepi peminat..

NOTE: Bahkan sekarang banyak cuci mobil yang memperluas layanannya menjadi salon mobil panggilan dan memasarkan melalui internet.

Usaha cuci mobil memang sekarang sudah gampang jika Anda mengetahui modal yang harus dipersiapkan. Keuntungan yang didapatkan dari usaha cuci mobil pun juga cukup menggiurkan. Hal ini dapat dilihat ketika kita mengunjungi tempat cuci mobil pasti tidak akan sepi dari para konsumen, meskipun tempat tersebut memiliki banyak saingan.

Apalagi sekarang ini seiring dengan perkembangan jaman, banyak dari masyarakat Indonesia yang sudah memiliki pendapatan cukup tinggi sehingga jumlah dari pembelian mobil semakin meningkat. Tidak hanya itu, kesibukan juga membuat pemilik mobil tidak bisa mencuci mobilnya sendiri.

Ditambah kondisi alam Indonesia yang sering hujan dan banyak debu, pasti mobil akan cepat kotor dengan lumpur dan kotoran yang menempel di badan mobil. Sehingga pemilik mobil pasti akan memilih untuk mencuci mobil mereka ke tempar cuci mobil dibandingkan dengan harus mencuci sendiri.

Walaupun memiliki banyak keuntungan, membuka usaha cuci mobil tetap harus memperhatikan beberapa faktor yang penting untuk diketahui untuk memperlancar usaha Anda.

Tips Bisnis Cuci Mobil untuk Pemula

Bagi Anda yang masih bingung ingin membuka usaha apa yang cocok untuk dijalankan, mungkin 6 tips berikut dapat memberikan gambaran untuk Anda jika berminat membuka usaha cuci mobil sebagai alternatif usaha yang menjanjikan.

1. Lokasi yang Strategis

Tempat usaha yang memiliki tempat atau lokasi strategis akan memberikan keuntungan dan kesuksesan yang lebih menjanjikan apalagi usaha cuci mobil yang notabene-nya membutuhkan space yang cukup luas.

Jika Anda memiliki lahan yang ingin dijadikan tempat usaha cuci mobil, sebaiknya amatilah terlebih dahulu kondisi dari lokasi.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengamati sebuah lokasi tempat cuci mobil adalah apakah banyak kendaraan yang memalui jalan tersebut, berlokasi depat jalan besar atau kecil, masyarakat yang memiliki ekonomi yang baik atau tidak, serta pastikan dekat dengan pusat perbelanjaan atau lokasi di mana orang-orang sering beraktifitas.

Selain lokasi, kerapian dari tata letak bangunan juga harus diperhatikan agar kenyamanan dari para pelanggan terjaga.

Pastikan membangun tempat cuci mobil dengan letak gudang, tempat pengeringan mobil, tempat parkir, kantor, dan ruang tunggu tersusun dengan baik. Penambahan desain yang unik dan menarik juga bisa Anda lakukan untuk menarik perhatian pengunjung dan memberikan kenyamanan yang dapat membuat mereka menggunakan jasa cuci mobil Anda kembali.

2. Modal dan Peralatan

Setiap usaha pasti setidaknya memiliki modal berupa keterampilan maupun finansial. Apalagi usaha cuci mobil harus memiliki modal yang cukup banyak dan peralatan yang lengkap. Semakin banyak kelengkapan cuci mobil yang dibutuhkan, maka modal yang dikeluarkan juga semakin banyak.

Peralatan yang standar dibutuhkan adalah seperti hidrolik, vacuum cleaner, selang air, hand pole, lap mobil, shampoo khusus mobil, ember, dan masih banyak lagi.

Selain mempersiapkan peralatan cuci mobil, Anda juga harus siap membiayai penyewaan tempat jika menyewa dan gaji untuk para karyawan  nantinya. Agar bisa lebih mudah mengetahui kisaran berapa modal yang dibutuhkan, buatlah anggaran cuci mobil dengan menggunakan draft harga secara umum saja.

3. Kualitas Layanan

Kepuasan konsumen bergantung dari bagaimana usaha tersebut dijalankan oleh karyawan yang memiliki kemampuan mencuci mobil. Pastikan mempekerjakan karyawan yang berpengalaman, ramah, dan memahami standar operasional cuci mobil yang baik.

Sebagai pemula sebaiknya pekerjakanlah sedikit karyawan saja.

Selain itu, kualitas produk yang digunakan juga akan mempengaruhi kinerja dari para karyawan.  Sebaiknya gunakan bahan dan shampoo mobil yang mudah digunakan dan memberikan hasil cuci yang cemerlang dengan harga produk yang terjangkau.

Karena jika Anda menggunakan bahan dan shampoo yang memiliki harga terlalu tinggi, hal tersebut akan berpengaruh kepada pembayaran jasa cuci oleh konsumen yang terlalu tinggi. Sehingga harga jasa yang Anda tawarkan tidak dapat menjangkau para konsumen dari berbagai level. 

Seiring berjalannya usaha Anda yang terus berkembang nantinya, lalukanlah beberapa verifikasi dan inovasi produk. Contoh inovasi yang bisa Anda lakukan adalah mengubah nama produk menjadi unik seperti jasa cuci es cream, jasa cuci rainbow blast, dan lain-lainnya agar konsumen lebih tertarik dan penasaran.

4. Pengelolaan & Evaluasi Usaha

Pengelolaan harus terus dilakukan untuk mengetahui untung dan rugi secara pasti dari usaha yang Anda jalankan. Dengan melakukan evaluasi dan pengecekan secara berkala sekitar 1-3 bulan, Anda dapat segera melakukan perbaikan pada hal-hal yang mesti diperbaiki seperti tempat, pelayanan, manajemen, peralatan cuci mobil, dan hal lainnya.

Misalkan bulan ini transaksinya tidak sebesar kemarin, anda dapat melakukan evaluasi dari penyebab transaksi menurun tersebut. Dari sini kita dapat melakukan perbaikan misalnya seperti memperbaki kualitas layanan atau memaksimalkan promosi.

5. Pemasaran dan Promosi

Pemasaran dan promosi adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap usaha. Tentunya hal ini adalah untuk meningkatkan transaksi. Beberapa promosi yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan bonus cuci setelah beberapa kali cuci mobil, promo, potongan harga, hadiah, dan sistem member untuk meningkatkan ketertarikan para konsumen.

Anda juga bisa memberikan fasilitas seperti air mineral gratis untuk para konsumen yang ditempatkan di ruang tunggu dan wifi gratis, sehingga orang tidak akan bosan ketika menunggu antrian cucian mobil.

Untuk meningkatkan jumlah pelanggan, Anda dapat melakukan promosi secara offline maupun online. Promosi offline dilakukan dengan memasang spanduk dan di tempat-tempat yang strategis seperti di pinggir jalan, jalan masuk gang, maupun tempat-tempat umum.

Pemasangan iklan di koran lokal dan sebar brosur juga bisa menjadi alternatif promosi usaha Anda.

Web Sebagai Alternatif Pemasaran yang Efektif

Jika promosi offline masih dirasa kurang, Anda dapat melakukan promosi secara online dengan membuat sebuah website. Kenapa dengan website?

Selain hemat, penggunaan website sebagai sarana promosi memang sangat efektif dan tepat sasaran. Ini adalah media yang sangat cocok untuk menargetkan kepada mereka yang belum memiliki langganan cuci mobil sendiri.

Lihat bagaimana cara orang dalam mencari dan menemukan tempat yang belum mereka ketahui? sebagain besar dari mereka pasti akan mencari internet, salah satunya Google.

Website tidak hanya membuat bisnis kita mendapatkan pelanggan, ini juga akan membuat layanan menjadi lebih efektif dan maksimal. Selain untuk media pemasaran, kita juga bisa menggunakan website untuk hal lain seperti mengantri dan mengambil antrian yang bisa dibooking secara online, tentu ini akan membuat mereka lebih nyaman ketika menggunakan layanan anda.

Selain manfaat untuk para konsumen, manfaat penggunaan web sebagai tempat promosi juga bisa dinikmati oleh pemilik usaha mobil itu sendiri. Beberapa manfaat tersebut yaitu memberi keefektifan dalam pemasangan penawaran fasilitas dan promo, meningkatkan pendapatan dengan konsumen yang datang dengan sistem booking, dan pemantauan kinerja karyawan jika konsumen memberikan kritik dan saran melalui web Anda.

Jika Anda tertarik untuk membuat web untuk usaha cuci mobil namun masih bingung dengan tema dan desainnya, berikut diantara layanan website dari Karinov yang cocok untuk usaha cuci mobil:

Di dalam tema web tersebut, Anda dapat memasang promo yang menarik secara berkala, memasang testimoni dari para konsumen sebagai jaminan dari kualitas layanan, memasang profil usaha, penawaran fasilita, dan masih banyak lagi lainnya.

Lakukan Optimasi Pada Website

Bila Anda sudah memiliki web, pemanfaatan optimasi SEO bisa dilakukan untuk meningkatkan peringkat website yang nantinya bisa digunakan sebagai sarana promosi.

Pengaplikasian optimasi SEO juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung website sehingga website yang Anda miliki akan keluar di halaman pertama mesin pencari dengan mengandalkan beberapa kata kunci saja.

Ketika website usaha cuci mobil Anda muncul di halaman pertama mesin pencari, konsumen akan menjadi lebih tertarik untuk melihat website dan tentu akan menggunakan jasa cuci mobil Anda jika mereka sedang membutuhkan.

Lebih lanjutnya Anda bisa mencari di website ini cara-cara untuk melakukan optimasi pada website anda agar digital marketing bisnis Anda berjalan lebih efektif.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika berminat untuk membuka usaha cuci mobil. Semoga bisa membantu dan memberikan gambaran bagaiamana sebuah usaha cuci mobil Anda bisa lebih berkembang dari pesaing lainnya.

There are currently no comments.