Salah satu bisnis yang cukup diminati banyak orang adalah menjadi importir barang. Negara China menjadi negara yang paling banyak incaran orang. Barang-barang di China dianggap murah dan berkualitas sehingga akan menguntungkan. Namun, apa yang harus dilakukan bila ingin impor barang dari China?

Jika Anda merasa kesulitan, ada beberapa panduan yang bisa dicoba. Pastinya panduan ini sangat cocok bagi pemula yang belum banyak pengalaman mengenai dunia impor barang dari China. Bila salah langkah, bisa jadi Anda mengalami berbagai kerugian.

1. Pilih Supplier yang Tepat

Prinsip bisnis impor barang ini sebenarnya mirip dengan sistem reseller. Beberapa reseller ada yang memakai sistem bagi hasil. Dalam bisnis ini, Anda cukup membeli dan menjualnya kembali. Maka, pencarian supplier jadi langkah awal yang penting. Tak hanya harga yang murah saja, tapi pastikan barangnya berkualitas.

Pencarian supplier asal China bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu yang paling mudah melalui marketplace. Beberapa marketplace yang bisa Anda coba antara lain Alibaba, Taobao, Tmall dan lain-lain.  Anda sendiri juga harus melakukan riset mengenai barang yang akan dicari. Pilih barang yang pasti laku dijual.

2. Lakukan Negosiasi

Setelah menemukan barang yang diinginkan, Anda tinggal melakukan komunikasi dengan supplier melalui live chat. Kebanyakan para supplier sudah fasih dalam berbahasa Inggris. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan kesulitan dalam nego harga.

3. Pembayaran

Jika sudah deal dengan barang dan harga yang diinginkan, Anda bisa langsung melakukan transaksi. Tak perlu khawatir jika Anda bingung mengenai cara pembayaran. Kini sudah banyak orang yang menyediakan jasa titip transfer untuk transaksi antar negara. Namun, alangkah baiknya Anda membuat rekening atau akun yang bisa melakukan transaksi ini.

4. Memilih Cargo Borongan

Bisnis impor tentunya membutuhkan jasa pengiriman yang terpercaya. Anda bisa menggunakan jasa cargo impor borongan.  Dengan cara ini, Anda bisa memakai pengiriman barang melalui darat dan laut. Pengiriman dengan cara ini akan jauh lebih efektif. Pihak cargo akan mengurus dan juga mengatur masalah perizinan dan pajaknya.

Sebagai pemula, Anda perlu mengetahui sistem kerja dari cargo borongan ini. Setelah Anda menyelesaikan transaksi bersama supplier, Anda tinggal menghubungi cargo untuk menentukan jalur pengiriman. Di sini Anda akan diberikan pilihan berserta perbandingan harga.

Cara import barang dari China ini disponsori oleh Antaralogistic

5. Urus Dokumen Cargo Borongan

wborder
Cara Mudah Import Barang China

Setelah memilih jasa yang akan Anda pakai, pihak cargo akan memberikan alamat gudang dan juga kode marking. Barang kemudian dikirim oleh supplier ke gudang cargo yang ada di China. Anda perlu memberikan dokumen pendukung kepada pihak cargo seperti invoice dan juga packing list.

Barang yang sudah tiba akan diurus dan disusun sedemikian rupa supaya aman sampai ke Indonesia. Perizinan di China juga akan diurus oleh pihak cargo. Mereka akan memastikan semua barang yang Anda pesan sampai di Indonesia tanpa mengalami masalah dalam hal administrasi maupun perpajakan.

Kemudian, Anda menunggu barang sampai di Indonesia. Paket yang Anda pilih di awal menentukan durasi pengiriman dari China ke Indonesia. Setelah sampai, pihak cargo akan menghubungi Anda. Barang tersebut akan ditaruh di gudang cargo yang ada di Jakarta. Anda juga akan diberikan tagihan ongkos kirim.

6. Mengurus Pembayaran

Segera lakukan pelunasan supaya barang tersebut bisa diantar ke tempat Anda. Nah, banyak orang yang memakai jasa cargo borongan ini karena mudah dan paket yang ditawarkan lengkap. Harga yang Anda bayarkan sudah termasuk:

  • Stuffing, trucking dan warehousing
  • Handling export
  • Custom clearance
  • Bea masuk beserta PPN dan PPH
  • Delivery Jakarta Area
  • Garansi dan asuransi

Sebagai pemula, Anda juga harus cermat dalam memilih vendor pengirim dari China. Biasanya orang was-was dalam memilih cargo yang memang bisa dipercaya. Ada beberapa hal perlu dijadikan pertimbangan sebelum memilih. Salah satunya adalah harga yang terlalu murah. Jangan mudah teriming-iming soal harga.

Di balik biaya yang terlalu murah bisa jadi ada biaya lainnya. Banyak orang yang mengatakan biaya siluman. Tadinya Anda ingin berhemat, malah Anda yang mengalami kerugian. Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa cargo tersebut berpengalaman dalam melakukan pengiriman ke Indonesia.

Contoh daftar harga import barang China dari Antara Logistic:

Jenis BarangHarga / Cubic meter
TasIDR 4.500.000 /cbm
SepatuIDR 5.000.000 /cbm
Kosmetik dan Obat KimiaIDR 6.500.000 /cbm
MesinIDR 6.500.000 /cbm
Garment dan BajuIDR 7.000.000 /cbm
Tekstil, Kain, dan BenangIDR 8.500.000 /cbm
Daftar harga import barang China

7. Pahami Syarat dan Ketentuan Barang

Selain memilih cargo yang tepat, Anda juga wajib mempelajari syarat dan ketentuan dalam pengiriman barang. Pihak cargo biasanya tidak akan menanggung beberapa risiko. Hal ini juga menjadi pertimbangan dalam memilih barang yang akan diimpor dari Cina. Misalnya ada barang yang bocor atau plastik yang rusak, maka cargo tidak akan bertanggung jawab.

Kebocoran, retak atau barang yang pecah harus dihindari dengan proses packing yang tepat. Jika memang barang yang Anda beli pecah belah, pastikan Anda memberikan peti kayu di semua sisi. Seain itu, pastikan barang yang Anda pilih tidak berbahaya. Sebab, cargo tidak bertanggung jawab bila ada perbedaan antara dokumen dengan barang yang dikirim.

Beberapa barang yang tidak bisa diimpor secara bebas antara lain gadget hingga perhiasan bernilai tinggi. Pihak cargo juga tidak bertanggung jawab bila barang yang Anda kirimkan ternyata ditahan oleh pihak bea cukai baik di China maupun Indonesia. Cargo juga tidak bertanggung jawab bila terjadi force majeur seperti faktor alam, perang maupun bencana alam.

Anda juga harus pastikan barang tahan di dalam perjalanan. Bisa jadi barang mengalami kerusakan karena memang tidak tahan lama. Namun, pihak cargo memberikan jaminan bila ada kemasan yang hilang atau barang yang diterima tidak utuh. Garansi ini yang cukup membuat para importir merasa aman.

Jika Anda memang ingin mencicipi bisnis impor barang dari China, hal-hal di atas wajib Anda perhatikan. Jika ingin melakukan bisnis impor, perhatikan peluang usaha yang kini sedang berkembang. Jangan sampai Anda mengimpor barang yang tidak sesuai dengan pasar Indonesia dan bisa berujung pada kerugian. 

Antara Logistic ‒ Jasa Import China

Jasa import China ke indonesia dengan pengalaman 8 tahun. Dengan biaya import barang dari China yang aman, mudah dan terjangkau kami berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik cross border logistic untuk perkembangan bisnis anda.

Jakarta Office: Ruko Mega Grosir Cempaka Mas Blok O No.22 Jakarta Pusat 14640
Kontak: +6221 21476 792 / +6224 764 316 70

There are currently no comments.