Mengenal Jasa Internet Marketing dan Model Pemasaran Online

Bagi sebagian bisnis di Indonesia, istilah internet marketing masih menjadi momok yang mengkhawatirkan. Tidak sedikit bisnis baik skala kecil maupun menengah yang masih kesulitan untuk beradaptasi dengan cara pemasaran model baru ini.

Kendala utama yang kami lihat ada pada bisnis lokal sebagian besar adalahnya minimnya SDM perusahaan yang ahli di bidang ini. Sebagian besar UKM akhirnya memilih untuk menggunakan jasa internet marketing baik perusahaan agensi atau freelance perorangan.

Sebenarnya bukan tidak bagus, hanya saja, ada beberapa hal yang harus kamu teliti terlebih dahulu sebelum menentukan pihak mana yang akan melakukan pemasaran untuk usaha kamu. Mulai dari portofolio, kredibilitas usaha, review klien sebelumnya, serta harga dan tingkat pelayanan yang ditawarkan.

Namun lagi-lagi, untuk mendapatkan layanan internet marketing yang benar-benar berkualitas serta memberikan kontribusi besar, biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, alih-alih perusahaan Anda harus menggunakan jasa internet marketing dari pihak ketiga, ada baiknya perusahaan Anda bisa mandiri melakukan marketing model ini.

Panduan Dasar Internet Marketing

Internet marketing adalah istilah yang digunakan untuk semua jenis pemasaran multi-platform dalam bentuk apapun yang dapat diakses secara online. Pemasaran online ini termasuk menggunakan media email, iklan online, website, sosial media, vlog, dan lainnya.

Setidaknya, minimal ada 3 prioritas utama yang harus kamu perhatikan jika ingin memulai internet marketing. Setidaknya, jika ketiga prioritas pemasaran online sudah kamu manfaatkan dengan optimal, bisnis kamu sudah dapat bersaing di era yang serba digital ini. Berikut 3 prioritas dalam melakukan pemasaran via internet.

Website

pentingnya pembuatan website berkualitas

Salah satu hal paling dasar dari internet marketing yang kamu harus perhatikan pertama kali adalah website. Website merupakan bagian yang sangat vital dari internet marketing karena ia menjadi representasi utama bisnis kamu di dunia maya.

Lebih lengkap mengenai kriteria website yang ideal di era modern ini dapat kamu simak di artikel kami berikutnya.

Sosial Media

Bukan rahasia lagi, bahwa generasi millenial sekarang ini mungkin lebih banyak hadir di aplikasi jejaring sosial dibanding bersosialisasi secara langsung. Hal ini juga berpengaruh pada kebiasaan mereka sebagai konsumen.

Berdasarkan pengalaman kami pribadi, sebagian besar pelanggan generasi millenial hingga generasi Z sering mengambil keputusan pembelian berdasarkan review yang mereka temukan dari YouTube dan Instagram. Tidak heran mengapa hari ini bisnis menjadi seorang influencer/endorser semakin menggiurkan.

Paling tidak, dari sini bisnis sudah harus belajar bahwa kehadiran brand mereka di media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak lagi bisa dihindari.

Online Ads

Media selanjutnya yang cukup efektif serta dapat dirasakan secara langsung manfaatnya adalah dengan memasang iklan secara online. Sebenarnya cukup banyak layanan penyedia iklan di internet mulai dari jejaring sosial seperti facebook dan instagram, namun jika tujuannya lebih fokus pada penjualan, Google Ads menurut saya masih yang terbaik hingga saat ini.

Tulisan mengenai topik online advertising ini akan kami ulas secara lengkap pada tulisan selanjutnya, nantikan saja ya.

Oke itulah ketiga hal yang harus bisnis Anda prioritaskan ketika ingin bersaing dengan para internet marketer di dunia maya. Minimal jika website, akun media sosial, serta online ads bisnis Anda sudah hadir di internet, artinya proses internet marketing kamu sudah berjalan.

Selamat bersaing di era digital 🙂

 

There are currently no comments.