Dengan perkembangan teknologi informasi yang ada sekarang, hampir segala aspek kehidupan tersentuh oleh internet, termasuk dalam bisnis. Bisnis online kini semakin banyak diminati karena arah perkembangan budaya pasar yang tak lagi harus terjadi secara face to face. Dengan bermodalkan gadget dan koneksi jaringan internet, transaksi apa pun dapat dilakukan. Ingin lebih termotivasi dalam bisnis online Anda? Berikut sepenggal kisah sukses pemilik bisnis online yang mungkin pernah Anda dengar.

Awal tahun 90-an komputer dan internet adalah barang mewah yang belum tentu bisa diakses oleh sebagian penduduk dunia. Namun orang-orang berikut berpikiran jauh ke depan dan sekarang terkenal sebagai pioneer dalam bisnis online. Membuat nama mereka disebut dalam kisah sukses pemilik bisnis online. Inilah mereka:

bisnis online alibaba

Pemilik Kerjaan Bisnis Alibaba: Jack Ma

Pria yang dilahirkan dan dibesarkan di Tiongkok ini adalah warga Cina daratan pertama yang namanya pernah masuk dalam daftar Forbes sebagai biliuner dunia. Sebagai pendiri dan direktur eksekutif Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok, namanya tercatat sebagai orang paling berpengaruh di dunia pada urutan ke-22. Sebuah kisah sukses pemilik bisnis online yang sulit ditiru.

Dilahirkan di Hangzhou, Provinsi Zhejiang, Jack Ma berasal dari keluarga miskin. Kedua orang tuanya adalah pemusik dan pendongeng tradisional. Kondisi keluarganya ini mendorong Ma untuk mencari pekerjaan pertamanya pada usia 12 tahun. Selama delapan tahun, ia menjadi pemandu wisata di hotel yang ada di dekat danau Hangzhou. Ini dilakukannya sekaligus untuk belajar bahasa Inggris.

Lulus dari Universitas Keguruan Hangzhou dengan gelar Sarjana pada bidang bahasa Inggris, Ma diminta untuk menjadi dosen. Tahun 1992, di kala perekonomian Tiongkok mulai tumbuh, ia melamar ke berbagai pekerjaan lain, sampai akhirnya ia diterima sebagai sekretaris GM gerai KFC. Disinilah Ma berkenalan dengan komputer dan internet karena seorang teman.

Merasa penasaran, Ma mencari kata ‘beer’ di mesin pencari Yahoo, namun tidak menemukan data informasi apa pun tentang Tiongkok. Kejadian ini membuatnya tertarik dan nekat meminjam uang pada kerabatnya sebesar US$ 2000 untuk mendirikan perusahaan komputer. Walau komputer dan internet adalah hal yang asing baginya.

Perusahaan yang didirikannya, Alibaba, bertujuan untuk menjadi perantara yang memfasilitasi para pedagang Tiongkok menjual barang dagangan ke luar negeri melalui fasilitas internet. Kini Alibaba Group telah menjadi perusahaan dengan nilai lebih dari US$ 200 milyar dan telah terdaftar di Wall Street sejak 2014. Mencatatkan nama Ma dalam kisah sukses pemilik bisnis online.

Baca juga: Sandiaga Uno, Pengusaha Sukses di Usia Muda

bisnis online amazon

Pemilik Bisnis Online Amazon: Jeff Bezos

Bernama asli Jeffery Preston Bezos, pria ini adalah pengusaha terkaya di dunia (2018). Merupakan pendiri, direktur, CEO, presiden, dan pemilik saham mayoritas dari Amazon.com. Wajahnya pernah menghiasi sampul majalah TIME sebagai person of the year tahun 1999. Menjadi satu bukti mengenai kisah sukses pemilik bisnis online.

Sejak kecil Bezos menunjukkan ketertarikan yang luar biasa pada bidang mekanik, bahkan saat balita ia pernah berusaha membongkar tempat tidurnya menggunakan obeng. Alarm listrik ia otak-atik agar adiknya tidak bisa masuk ke dalam kamarnya. Juga garasi di rumah orang tuanya tak lepas sebagai bahan percobaan.

Diterima di Universitas Princeton, Bezos urung mengambil jurusan fisika dan mendalami ilmu komputer. Pekerjaan pertama ia dapatkan di Wall Street sebagai teknisi komputer. Kemudian ia membangun jaringan komputer untuk Fitel, sebuah perusahaan perdagangan internasional. Riwayat karirnya juga pernah tercatat di D.E. Shaw & Co. sebagai analis keuangan.

Tahun 1994, Bezos mendirikan situs Amazon.com. Sebuah realisasi dari ide yang didapatkannya kala mengemudi dari New York menuju Seattle. Dimulai dengan berkantor di garasi rumahnya sendiri dan khusus menjual buku secara online, kini Amazon.com menjadi perusahaan ritel terbesar di dunia mengalahkan Walmart.

bisnis ecommerce e-bay

Pendiri Situs Bisnis eBay: Pierre Omidyar

Nama Pierre Omidyar dan istrinya terkenal sebagai dermawan dunia. Omidyar adalah pendiri dari situs lelang dan belanja secara online, eBay. Situs ini menerapkan sistem Customer to Customer dan Business to Customer dan telah beroperasi secara lokal di lebih dari 30 negara.

Omidyar dilahirkan di Paris, Perancis dari orang tua yang bermigrasi dari Iran. Saat ia berusia sembilan tahun, keluarganya memutuskan untuk kembali bermigrasi, kali ini ke Washington DC, Amerika Serikat. Minatnya pada dunia komputer tumbuh sejak ia bersekolah di Potomac. Tahun 1988, ia lulus dari Universitas Tufts dengan gelar pada ilmu komputer.

Pekerjaan pertamanya adalah sebagai teknisi yang tergabung dalam tim yang mengembangkan MacDraw di Claris, salah satu anak perusahaan Apple Computer. Tahun 1991, Omidyar mendirikan perusahaan e-commerce pertamanya Ink Development, sebuah startup komputasi berbabis pena yang di beri nama eShop.

Kisah sukses pemilik bisnis online ini dimulai pada tahun 1995. Di mana Omidyar kembali membuka sebuah perusahaan lelang berbasis online yang diberi nama eBay. Yaitu sebuah perusahaan yang memungkinkan bagi orang di seluruh dunia untuk melakukan jual beli berbagai barang dan jasa. Kesuksesan eBay menjadi inspirasi bagi perusahaan lelang lainnya. Pendapatan terbanyak eBay berasal dari PayPal, perusahaan yang menyediakan jasa transfer secara online yang diakuisisi eBay pada tahun 1999.

Demikian 3 kisah sukses pemilik bisnis online terbesar di dunia. Jangan berkecil hati jika bisnis online yang Anda jalankan masih berskala rumahan. Yang terpenting adalah usaha dan keuletan Anda dalam menjalaninya. Semoga artikel ini bisa menginspirasi Anda.

  • mesin kopi

    mesin kopimesin kopi

    Reply

    Terimakasih informasinya, semoga bermanfaat