Dalam membuat sebuah website, penggunaan hosting adalah hal yang mutlak. Sebab, hosting merupakan ‘rumah’ yang menampung semua data yang tersaji di website Anda. Hosting sendiri bisa bertempat yang berbeda dengan domisili Anda, selama terhubung dengan internet – tentu saja.

Nah, karena rumitnya sistem hosting, maka layanan pusat data semacam itu biasanya dikelola oleh suatu perusahaan. Khusus di Indonesia, terdapat 4 penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia versi Karinov. Siapa saja mereka?

Perbandingan Paket Hosting Provider Terbaik di Indonesia

Keempat provider hosting tersebut adalah Niagahoster, Hostinger, Rumahweb, dan Dewaweb. Semuanya memiliki paket-paket hosting yang lengkap, dan akan diulas secara mendalam berikut ini:

1. Niagahoster

Provider yang satu ini banyak menjadi pilihan bagi para pengusaha UKM. Keunggulan utamanya terletak pada harga paket yang sangat terjangkau, sehingga tidak memberatkan operasional UKM. Beberapa paket layanannya antara lain:

  • Unlimited Hosting

Untuk skala kecil hingga menengah, provider ini memiliki paket Unlimited Hosting. Harganya pun mulai dari Rp 10.000 saja. Paket ini cocok untuk mereka yang membutuhkan website sederhana yang bisa online secara instan. Untuk paket termahal, varian ini dijual seharga Rp 85.000-an. Semua harga yang ditawarkan berlaku untuk langganan setiap bulan.

Layanan yang akan didapatkan pada varian termahal sangat sesuai untuk kebutuhan portal berita sederhana, toko usaha online, dan lain-lain. Pelanggan akan mendapatkan ruang penyimpanan dan bandwidth yang tak terbatas.

  • Cloud Hosting

Pilihan varian ini merupakan yang terbaik untuk akses website yang cepat dan dijamin selalu hidup tanpa gangguan. Untuk varian ini, Niagahoster memiliki range mulai dari Rp 150.000 sampai Rp. 720.000 per bulan.

Perbedaan utama pada setiap paketnya ada pada kapasitas penyimpanan mulai 20 GB hingga 120 GB. Kemudian kapasitas RAM mulai dari 3 GB hingga maksimal 10 GB. Inti prosesor pun beragam mulai dari dual core hingga 8 core.

  • Cloud VPS Hosting

Paket yang satu ini diklaim memiliki teknologi cloud hosting paling baik di Indonesia. Paket ini menjamin website aman dari downtime. Lokasi server pun berada di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Singapura, dan Hongkong.

Harga paket untuk varian termahal ini mulai dari Rp. 100.000-an hingga Rp. 630.000 per bulannya. Varian ini tergolong premium, untuk kebutuhan website yang lengkap. Kelebihannya adalah penggunaan CPU dengan kecepatan mencapai 14,4 Ghz.

Untuk semua paket yang dijual, Niagahoster menggratiskan biaya untuk pemilihan nama domain. Masa pakainya pun mengikuti masa pemakaian hosting. Jadi, sekali bayar Anda akan mendapatkan layanan hosting dan domain.

Daftar Harga Hosting Niagahoster

Paket HostingHargaSpace Kuota
Bayi10k/bln500MB
Pelajar40k/blnUnlimited
Personal26k/blnUnlimited
Bisnis85k/blnUnlimited

2. Hostinger

Hostinger mengusung tagline cepat dan aman. Provider ini memiliki lokasi server di 7 negara, termasuk Brazil, Belanda, Indonesia, dan akan hadir di Lithuania. Keunggulan provider ini antara lain memiliki fasilitas pengamanan data yang dibackup secara berkala per hari atau per minggu.

  • Shared Web Hosting

Paket ini ditujukan untuk pengguna website berskala kecil hingga medium. Range harganya mulai dari Rp. 87.000-an hingga Rp. 170.000-an. Uniknya, paket ini sering menyediakan diskon bombastis, hingga 90%.

Paket ini memungkinkan penggunanya menikmati layanan bandwidth tak terbatas, gratis sertifikat SSL, serta proses daya dan memory sebanyak maksimal 4 kali. Semua paket pun memberikan kemudahan pembangunan website yang bisa aktif dalam waktu singkat.

  • Cloud Hosting Indonesia

Pilihan paket Hostinger yang satu ini dianggap sangat cocok untuk kebutuhan website dengan skala besar yang memiliki traffic besar setiap harinya. Paket ini menjamin layanan 24/7 untuk memantau uptime agar selalu berada di angka 99,9%.

Harga paketnya berada di rentang Rp. 80.000-an hingga maksimal Rp. 299.000-an. Dengan harga tersebut, Anda akan mendapatkan alamat IP Dedicated, ruang storage data mencapai 160 GB, hingga hardware dengan RAM 12 GB plus CPU 6 inti prosesor.

  • VPS Murah Indonesia

Layanan utama yang dimiliki Hostinger ini memiliki performa virtual yang handal dengan server terbaik. Pilih paket ini jika Anda mendambakan website dengan kecepatan yang tinggi dalam hal reloading.

Paket utama ini ditawarkan dari harga Rp. 130.000-an hingga Rp. 340.000-an untuk langganan setiap bulannya. Dari harga tersebut, Anda bisa menikmati bandwidth mencapai 8000 GB, ruang penyimpanan 160 GB, RAM 8 GB, dengan Geekbench Score lebih dari 12.000.

Daftar Harga Paket Hostinger

Paket HostingHargaSpace Kuota
Single9k/bln10GB
Premium24k/bln20GB
Bisnis38k/bln30GB
Startup (Cloud)81k/bln40GB

3. Rumahweb

Tergolong sebagai pemain baru, Rumahweb adalah kompetitor yang tak bisa dipandang sebelah mata. Mereka terkenal dengan konsitensinya dalam menjaga kualitas web hostingnya. Hanya ada dua paket hosting yang dimiliki Rumahweb, yaitu:

  • Profesional

Cocok untuk pembuatan portal korporat hingga menengah, website sekolah, maupun blog yang super aktif. Harga paket Profesional berkisar antara Rp. 25.000 hingga Rp. 60.000 per bulan. Dengan harga tersebut, fitur paling menarik adalah gratis pembuatan website dari Weebly.

  • Enterprise

Paket ini ditujukan untuk pembuatan website yang lebih serius. Seperti web pemerintahan, perusahaan besar, dan e-commerce. Rentang harga yang ditawarkan paket ini adalah Rp. 140.000 hingga Rp. 1,3 Juta per bulan.

Semua harga dari paket yang ada memberikan gratis nama domain untuk tahun pendaftaran pertama. Untuk perpanjangan, akan berlaku harga domain standar yang juga relatif terjangkau. Rumahweb juga memberikan kemudahan untuk pemindahan hosting serta menawarkan kecepatan website 32x lebih kencang dengan platform WordPress.

Daftar Harga Hosting Rumahweb

Paket HostingHargaSpace Kuota
250MB 20k/bln250MB
500MB 25k/bln500MB
1GB 40k/bln1GB
2GB 60k/bln2GB
Seed25k/blnUnlimited Hosting
Grow40k/blnUnlimited Hosting
Bloom50k/blnUnlimited Hosting

4. Dewaweb

Dewaweb mengutamakan kecepatan untuk mendatangkan traffic. Provider ini juga mengedepankan inovasi hosting dengan komputasi awan tercanggih di Indonesia. Produk yang ditawarkan diperuntukkan bagi kebutuhan pribadi, korporat, e-commerce, dan juga para developer produk IT.

  • Personal & Small Business

Paket Dewaweb yang satu ini tergolong murah, berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 140.000 per bulannya. Dengan harga yang murah, tentu layanan yang didapatkan tidak begitu tinggi. Seperti RAM maksimal hanya 1GB, kekuatan CPU 1,5 core, dan lain-lain. Meski begitu, Dewaweb menjamin kualitas hostingnya, lengkap dengan penawaran gratis domain hingga 10 alamat.

  • Corporate

Paket platinum persembahan Dewaweb ini dijual mulai dari Rp. 250.000 – Rp. 1,2 juta per bulan. Paket yang satu ini lebih optimal karena memberikan kapasitas penyimpanan data mencapai 50 GB.

Paket ini dianggap cukup nyaman bagi portal berita dengan aktivitas pengunjung yang tinggi, karena dibekali hardware yang lebih mumpuni. Seperti kekuatan CPU dan RAM hingga 4 GB, penambahan domain tak terbatas, hingga plugin yang juga gratis.

Keunggulan utama Dewaweb adalah gratis biaya domain seumur hidup, dengan pembelian paket tahunan. Dengan catatan hostingnya selalu diperpanjang dan tetap berada di bawah naungan Dewaweb.

Dewaweb juga dibangun untuk mengutamakan performa website. Mereka menjamin kecepatan servernya mampu bekerja 40 kali lebih cepat demi mengatasi luapan traffic. Kecanggihan modul mereka juga bisa bersinergi dengan Magenta, Joomla, PrestaShop, dan lain sebagainya.

Daftar Harga Hosting Dewaweb

Paket HostingHargaSpace Kuota
Scout20k/bln500MB
Hunter40k/bln2GB
Warrior90k/bln3GB
Guardian140k/bln6GB

F.A.Q Hosting Indonesia

Mana paket hosting yang paling bagus dari daftar di atas?

Jawaban dari pertanyaan ini tentu sangat relatif. Jika diibaratkan seperti mencari web themes, ada model blog, magazine, service, marketplace, dan dari semua itu, tentu yang terbaik ada yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Apakah pertimbangan utama dalam memilih provider hosting?

Menurut saya pribadi, nama baik provider hosting tetaplah menjadi faktor terpenting dibanding fitur-fitur lainnya yang ditawarkan. Mengapa? Sederhana saja, hosting dalam bisnis menurut saya adalah bagian dari investasi jangka panjang perusahaan.

Garansi uptime, support yang responsive, tentu akan menentukan kualitas website Anda secara keseluruhan yang pastinya akan berdampak pada kenyamanan calon pelanggan Anda. Jika hosting yang Anda pilih nantinya tidak memuaskan, lebih repot jika harus pindah-pindah server, apalagi jika website nya sudah memiliki banyak asset online.

Hosting apa yang digunakan oleh web Karinov ini?

Sudah hampir 10 tahun saya mencicipi berbagai provider hosting lokal, dan dari semuanya, belum ada yang memenuhi ekspektasi terutama saat jumlah concurrent user membludak. Oleh karenanya, untuk Karinov dan mayoritas website klien, saya menggunakan virtual machine dari Google Cloud Platform. Walaupun harganya agak lumayan, tapi setidaknya sesuai dengan layanan yang diberikan.

Adakah biaya tersebunyi dalam paket-paket hosting tersebut?

Berdasarkan pengalaman, untuk provider hosting di Indonesia mereka sebagian besar menampilkan harga yang cukup jujur. Saya belum menemukan jika ada provider ternama yang nakal membebankan biaya lain-lain kepada pelanggan. Hanya saja, baiknya kamu perlu mempertimbangkan harga hosting dalam rentang tahunan dan bukan bulanan.

Adakah fitur paling penting yang harus dimiliki layanan hosting?

Jawabannya sama seperti di awal, sesuai kebutuhan. Misal, jika Anda ingin membangun web blog dengan wordpress, maka disk space bukan faktor utama, ada faktor-faktor lain yang lebih penting seperti RAM dan dukungan Litespeed webserver. Oleh karenanya, sebelum memilih hosting, kamu perlu mendefinisikan dahulu website seperti apa yang kamu butuhkan.

Lebih baik pilih provider lokal atau luar negeri?

Untuk beberapa kasus, saya tidak merekomendasikan Anda mengambil hosting dari provider luar negeri, terlebih jika Anda tidak tahu persis aturan main mereka.

Selain kadang adanya biaya-biaya tambahan (service charge), tidak jarang saya juga menemukan web klien yang terkena penalti tertentu dengan beban tambahan biaya yang cukup besar.

Demikianlah perbandingan paket yang dimiliki oleh 4 penyedia layanan hosting terbaik di Indonesia. Kini, saatnya Anda memilah, mempelajari, dan memutuskan layanan dan paket mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

There are currently no comments.