Jika kamu memiliki usaha makanan semacam catering, bakery, ataupun pastry, memiliki company profile yang menarik adalah satu keharusan. Demi mendapatkan klien potensial yang rela memesan dalam jumlah banyak apalagi untuk acara penting, tentu Anda harus menawarkan harga dan menu terbaik yang bisa disajikan.

Dalam tulisan ini, Karinov akan memberikan contoh profil perusahaan katering yang dikemas dalam tampilan yang profesional. Dengan mengikuti pola-pola berikut, tampilan profil perusahaan kuliner kamu tentu akan terlihat lebih menarik dan terpercaya di mata calon customer.

Profil Perusahaan Makanan

Setidaknya, ada beberapa bagian wajib yang harus kamu cantumkan dalam company profile usaha makanan-mu agar terlihat lebih meyakinkan. Tentu bukan hanya menu makanan, core values serta pengalaman usaha Anda dalam menangani order masakan dalam jumlah besar dapat menjadi keunggulan serta pembeda yang cukup signifikan.

Tanpa perlu berpanjang lebar, berikut beberapa bagian yang menurut kami penting untuk disertakan dalam profil usaha makanan ideal.

Visi Misi Perusahaan

Visi misi usaha catering
Visi misi usaha catering

Kata siapa usaha catering tidak membutuhkan visi misi perusahaan? Sebagai sebuah usaha yang memiliki mindset untuk terus maju dan berkembang, bisnis catering juga perlu memiliki visi jangka panjang. Menyediakan makanan sehat berkualitas dengan harga terbaik misalnya, dapat menjadi slogan yang akhirnya dapat menjadi citra perusahaan.

Dengan adanya visi misi ini, calon konsumen akan lebih yakin bahwa pelayanan yang Anda berikan akan sejalan dengan value yang dianut perusahaan.

Tampilkan Portofolio dan Angka Pengalaman

Rangkuman project catering yang sudah terlaksana
Rangkuman project catering yang sudah terlaksana

Menjadi sebuah perusahaan catering yang memiliki nama besar bukanlah perkara mudah. Orang akan melihat sudah seberapa banyak jam terbang usaha Anda dalam membuat makanan untuk para pelanggan. Dengan adanya angka-data semacam ini, konsumen akan lebih percaya bahwa masalah seperti makanan basi, kebersihan, serta keamanan pangan sudah menjadi concern utama perusahaan.

Jika memungkinkan, sampaikan pula sertifikat tertentu yang sudah Anda peroleh, sebagai contoh adanya sertifikat halal, dukungan jaminan BPOM dan semacamnya.

Harga Paket Transparan

Cantumkan harga setiap paket catering

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa komponen harga akan jadi pertimbangan utama calon konsumen dalam memilih vendor catering. Oleh karenanya, sajikan daftar harga setiap paket makanan selengkap mungkin termasuk biaya penyajian dan harga service pendukung lainnya.

Alangkah baiknya jika harga ini sudah Anda komparasikan pula dengan usaha sejenis dengan profil target marketing yang relatif sama. Hal ini penting untuk melihat daya beli calon sutomer sehingga harga yang ANda tawarkan ada dalam rentang ekspektasi mereka.

Tampilan Menu Makanan

Tampilan menu makanan lengkap
Tampilan menu makanan lengkap

Jika calon klien yang Anda sasar kemungkinan akan membuat sebuah acara perayaan dalam skala besar, akan lebih baik jika SDM yang Anda miliki mampu memasak beragam jenis makanan. Mulai dari lokal, chinese cuisine, western, hingga masakan ala timur tengah adalah contoh selera yang umum dipesan oleh para pelanggan di daerah perkotaan.

Pastikan juga walaupun dengan banyak menu yang Anda tawarkan, kualitas serta taste dari setiap menu makanan tersebut tetap punya kelas tersendiri. Akan lebih baik jika perusahaan catering Anda memiliki featured menu yang menunjukkan bahwa masakan tersebut dapat Anda sajikan dengan sentuhan spesial.

Profil Juru Masak (Chef)

profil chef / juru masak
profil chef / juru masak

Selain sederet kualitas masakan dan harga yang sudah Anda cantumkan di bagian awal, tidak ada salahnya kamu juga menyertakan nama juru masak di bagian akhir. Di bagian ini, calon konsumen dapat melihat key resources yang Anda miliki serta mengetahui latar belakang pendidikan mereka.

Walaupun bukan jaminan kualitas 100%, namun tentu orang dengan pendidikan gizi dan keamanan pangan akan jadi nilai lebih di mata pelanggan.

Company Details

Contact details
Contact details di bagian akhir

Hal terakhir yang tidak boleh ketinggalan adalah contact details dari perusahaan agar konsumen mudah dalam menghubungi Anda. Cantumkan pula akun media sosial yang dikelola perusahaan sehingga orang lebih mudah melihat hasil karya Anda atau event-event tertentu yang pernah Anda kerjakan.

Di zaman yang serba online seperti ini, tampilan website bisnis yang apik serta keahlian Anda dalam mengelola akun media sosial bisnis akan menjadi poin plus bagi pelanggan terutama generasi milenial.

Download PPT Profil Perusahaan

Lihat pula: Contoh Template PPT Bisnis Keren Kekinian

Untuk memudahkan para praktisi bisnis kuliner semua, kami menyediakan contoh template di atas yang bisa diunduh secara cuma-cuma. Anda hanya perlu memasukkan email yang valid pada kolom di bawah ini untuk mengunduh file PPT berisi 17 slide company profile di atas.

There are currently no comments.