Salah satu cara untuk menyampaikan sebuah penelitian atau karya ilmiah adalah dengan media poster. Poster penelitian sering dianggap sebagai media penyampaian yang paling efektif dikarenakan penyajian informasi dalam bentuk poster jauh lebih efisien.

Berbanding terbalik dengan tulisan penelitian ilmiah pada umumnya seperti karya tulis, presentasi, maupun publikasi, poster mengandung informasi yang sangat terbatas. Oleh karena nya, sebuah poster yang baik harus memiliki penampilan yang bagus agar dapat menarik perhatian pembaca.

Mengutip dari portal desain wandah.org, poster memiliki pengertian, pembagian, serta isi sebagai berikut:

Pengertian Poster

Poster adalah satu media sosialisasi dan publikasi yang digunakan seseorang atau sekelompok orang untuk memberitahu suatu informasi kepada khalayak ramai. Pada umumnya poster terdiri atas kata-kata, gambar, atau kombinasi antar keduanya yang ditempatkan (dipasang) ditempat-tempat tertentu

Jenis Poster Berdasarkan Konten

Jenis poster berdasarkan informasi yang disajikannya dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  1. Poster Niaga (Komersial) yaitu poster yang umumnya menawarkan produk suatu perusahaan
  2. Poster Kegiatan (Event) yaitu poster yang menginformasi kegiatan kepada khalayak ramai
  3. Poster Pendidikan (Ilmiah) yaitu poster yang ditujukan untuk hal-hal bertemakan pendidikan/riset
  4. Poster Layanan Masyarakat yaitu poster mengenai layanan umum pemerintah

Isi dalam Poster Ilmiah

Elemen utama dalam sebuah poster ilmiah adalah informasi yang ingin disampaikan oleh pembuat poster kepada target audiens. Informasi ini bisa juga mengacu pada abstrak makalah ilmiah penelitian yang bersangkutan.

Mengingat sebuah penelitian/riset merupakan hal yang memiliki kompleksitas yang sangat tinggi, menampilkan keseluruhan hasil riset dalam sebuah media visual dengan ukuran yang terbatas merupakan kesulitan tersendiri. Konten yang padat, ringkas dan informatif perlu ditampilkan dengan baik. Adapun konten yang perlu ditampilkan dalam poster ilmiah adalah:

  1. Latar Belakang Penelitian
  2. Tujuan dan Luaran Penelitian
  3. Metode Penelitian
  4. Hasil Penelitian
  5. Kesimpulan
  6. Tim Peneliti dan Logo Instansi
  7. Foto Pendukung Penelitian

Setelah memahami apa itu poster penelitian ilmiah dan mengapa penting bagi kamu yang sedang melakukan penelitian untuk membuatnya, kami akan membagikan beberapa contoh serta template poster penelitian yang dapat Anda gunakan dengan bijak.

Contoh Poster Penelitian

Berikut contoh poster penelitian pada tugas akhir sarjana di sebuah perguruan tinggi negeri (PTN). Adapun versi jelas (hi-res) dari gambar di bawah ini dapat diakses melalui tautan berikut: Hi-res Poster

poster-penelitian-ilmiah-karinov
Contoh poster penelitian ilmiah. Dok pribadi Karinov.co.id 

Template Poster Penelitian/Karya Ilmiah ITB

Berikut contoh poster penelitian yang dibagikan secara bebas oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM ITB). Adapun file presentasi dari gambar di bawah ini dapat diakses melalui tautan berikut: Template Poster PPT

template-poster-itb
Template poster dalam format Power Point (PPT)

There are currently no comments.