Brought to you by Ruangguru.co.id

Menjadi seorang pelajar dan mendapatkan pendidikan yang layak merupakan hak semua warga negara, hal ini tertulis jelas pada Pasal 31 Ayat 1. Dengan belajar, seseorang akan mendapatkan pengetahuan juga akan terlepas dari kebodohan.

Sayangnya dalam prakteknya masih banyak siswa yang malas untuk belajar. Pergi ke sekolah hanya dijadikan sebagai rutinitas saja, tidak benar-benar dilakukan dengan niat menambah pengetahuuan.

Alasan Siswa Malas Belajar

Salah satu problema yang sering dihadapi guru saat mengajar adalah tingkat antusiasme siswa. Belakangan ini semakin banyak siswa yang kehilangan antusiasme belajar, mereka lebih suka bermain dan bersenang-senang. Selain itu, simak alasan lain mengapa siswa malas belajar berikut ini:

Terlalu Banyak Beban Sekolah yang Diberikan

Sejak masuk Sekolah Dasar, siswa sudah dibebankan dengan beragam mata pelajaran. Jumlah mata pelajaran mungkin tidak membebankan tapi bagaimana bila masing-masing guru mata pelajaran memberikan PR atau tugas kelompok secara bersamaan?

Kondisi ini akan membebani siswa, lama kelamaan membuat mereka kehilangan motivasi untuk belajar. Lantas mengerjakan pekerjaan rumah dilakukan dengan setengah hati sama halnya ketika mendengarkan penjelasan guru.

Berkurangnya Minat Belajar Siswa

Mata pelajaran tertentu kerapkali menjadi alasan utama seorang anak malas belajar. Nyatanya banyak anak yang malas belajar ketika diajari pelajar matematika atau bahasa Indonesia. Solusi mengatasi masalah ini sebenarnya mudah, cukup tunjukkan seberapa menyenangkannya belajar semua pelajaran tanpa terkecuali.

Masalah Personal

Masalah keluarga terkadang menjadi alasan mengapa motivasi belajar anak menurun. Saat masalah keluarga semakin besar, anak akan semakin sulit dikendalikan. Hal ini bukan menjadi tugas orang tua saja, guru pun harus mengenali watak dan karakter dari masing-masing siswanya.

3 Situs Belajar Online Terbaik Pilihan Generasi X

Salah satu solusi mengatasi anak yang malas belajar adalah memperkenalkan dengan situs belajar online. Di zaman digital tidak sulit menemukan situs belajar online terbaik, simak rekomendasinya beirkut ini:

RuangGuru

Dari salah satu situs belajar online terpopuler, Ruangguru termasuk situs pendidikan berbasis blog yang cukup banyak diakses. Situs ini menampilkan model pembelajaran digital yang sangat lengkap dan modern. Di mana siswa bisa belajar dengan memilih salah satu dari tiga metode seperti dibawah ini.

  • Video Belajar

Saat memasuki situs Ruang Guru, terdapat halaman informative salah satunya halaman video belajar. Di halaman tersebut temukan beragam video belajar animasi yang memuat beragam soal mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas.

Video belajar menampilkan guru ahli yang akan memberikan penjelasan dari A-Z. Durasi masing-masing videonya sangat beragam sekitar 10-15 menit tergantung soal yang dibahas.

  • Rangkungan Modul Bimbel

Bagi siswa yang lebih suka membaca, Ruang Guru juga menyediakan materi-materi pelajaran yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Bahkan ada fitur unduhan, sehingga siswa bisa menyimpan materi untuk dipelajar kembali secara offline.

Rangkuman materi pelajaran yang tersedia sangat lengkap, karena dikemas dengan menarik anak yang tidak suka membaca pun akan tertarik untuk membacanya.

  • Latihan Soal Berikut Pembahasannya

Langkah terakhir yang bisa dilakukan seorang siswa setelah belajar via video atau rangkungan model bimbel dari Ruang Guru adalah mengerjakan latihan soal. Dengan cara ini, siswa bisa mempertajam pemahamannnya akan materi yang dipelajari.

Menyenangkannya lagi, Ruang Guru turut memberikan pembahasan soal. Jadi siswa bisa langsung mengetahui jawabannya apa benar atau salah.

Wikipedia

Dahulu kita mempertajam ilmu pengetahuan dengan membaca ensiklopedia, materi yang ditampilan di buku tersebut sangat lengkap dan menarik karena menggunakan banyak gambar sebagai tambahan informasi. Tapi sejak kehadiran situs Wikipedia, banyak yang lebih memilih belajar dari situs tersebut.

Wikipedia merupakan model ensiklopedia online yang ditampilkan dalam beragam bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Ada banyak sekali pengetahuan yang tersaji di Wikipedia yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah proses pembelajaran.

Materi yang ditampilkan sangat beragam, karena Wikipedia sifatnya universal bukan sekedar untuk kegiatan belajar anak sekolahan saja.

Brainly

Anda yang suka belajar kelompok pasti akan suka mengunjungi Brainly karena konsep utama situs ini adalah sharing ilmu bersama-sama dengan pakar edukasi. Seseorang akan mengajukan pertanyaan dan anggota lainnya akan menjawab pertanyaan tersebut di kolom komentar.

Soal yang terdapat di Brainly sangat banyak dan beragam, mulai dari pelajaran matematika, bahasa Indonesia, bahasa inggris hingga pengetahuan umum. Beruntungnya lagi, situs Brainly bisa diakses secara gratis dari mana saja. Inilah alasan mengapa Brainly sangat populer di kalangan siswa, mahasiswa atau masyarakat awam.

Belajar memberikan banyak hal bukan sekedar ilmu pengetahuan tapi juga jembatan untuk meraih kesuksesan. Agar siswa termotivasi dan bersemangat untuk belajar, orang tua dan guru bisa memperkenalkan mereka pada situs belajar online.

Setidaknya situs belajar online bisa menjadi media pembelajaran terefektif saat siswa belajar di rumah. Ketika mereka kesulitan, mereka tidak perlu menunggu bantuan orang tua tapi bisa langsung memecahkan persoalan dengan mengunjungi situs-situs belajar online tersebut.

There are currently no comments.