Artikel ini disponsori oleh Kantor Pengacara Surabaya

Banyak orang yang tertarik untuk membeli mobil pribadi karena tergiur dengan harga DP dan cicilan yang murah. Tapi setelah memilikinya mereka justru merasa pusing karena direpotkan dengan peraturan sistem ganjil genap yang diberlakukan oleh pemerintah. Peraturan tersebut bukan tanpa tujuan sama sekali, justru memberikan manfaat yang sangat besar terutama bagi pengguna kendaraan.

Uniknya, pemerintah tidak menerapkan sistem lalu lintas ganjil genap untuk seluruh kendaraan roda empat. Ada beberapa kendaraan yang tidak termasuk dan disebutkan dalam peraturan ini.

pengecualian kendaraan ganjil genap
Pengecualian kendaraan ganjil genap

Kriteria Kendaraan Bermotor Bebas Ganjil Genap

Kriteria yang ditentukan pemerintah bukan berdasarkan pada kondisi fisik kendaraan, di mana kendaraan yang bagus diizinkan masuk dan yang jelek tidak. Lantas, apa saja kendaraan bebas ganjil genap? Simak selengkapnya berikut:

Ambulans

Kendaraan penting seperti ambulans tentu saja lolos dari aturan ini. Karena selain mengangkut pasien yang sakit, ambulans juga mengangkut pasien kecelakaan dan meninggal. Ambulans butuh sampai ke rumah sakit dengan lebih cepat. Selain diizinkan dari aturan ganjil genap, ambulans bahkan dipersilahkan untuk melanggar lampu merah dan mendapatkan ruas jalan dari pengendara lainnya. 

Pemadam Kebakaran

Rasanya kurang bijak bila memberlakukan ganjil genap pada pemadam kebakaran yang memiliki peran dan tugas mulia untuk menolong masyarakat. Pemadam kebakaran dipersilahkan melintas tanpa perlu memusingkan persoalan plat ganjil atau genap. 

Kendaraan Khusus Penyandang Disabilitas

Mobil yang di dalamnya mengangkut penyandang disabilitas tanpa terkecuali, juga dipersilahkan untuk melintas bebas di wilayah ganjil genap. 

Kendaraan Dinas 

Selain kendaraan dinas bagi para staf dinas operasional, peraturan ini juga ditujukkan bagi kendaraan dinas milik POLRI dan TNI. 

Kendaraan Wakil Rakyat 

Yang dimaksud wakil rakyat di sini adalah para pemimpin masyarakat Indonesia, mulai dari orang nomor satu yaitu presiden dan wakil presiden. Yang disusul oleh ketua dari tiga lembaga tinggi yaitu Ketua DPRD, MPR dan DPR. Dan terakhir adalah kendaraan mereka yang menjabat sebagai ketua dari BPK, MA, KY dan Mahkamah Konstitusi. 

Angkutan Umum 

Anda yang seringkali menggunakan angkutan umum khususnya “plat kuning” patut bersyukur karena kendaraan ini tidak termasuk sistem ganjil genap. Sehingga Anda bisa menggunakan alat transportasi umum nan murah ini dengan nyaman dan aman. 

Baca juga: Peta Ganjil Genap DKI Jakarta Terbaru 2020

Kendaraan Milik Pejabat Asing Atau Tamu Negara

Selain meloloskan priseden dan jajaran Lembaga Tinggi NKRI, peraturan ganjil genap juga tidak berlaku pada kendaraan bermotor yang dimiliki tamu negara atau mobil dinas pejabat asing.

Kendaraan Khusus Angkutan BBM dan Bahan Bakar Gas

Karena membawa barang yang berbahaya alias mudah meledak, penting bagi kendaraan angkutan bahan bakar gas dan BBM untuk sampai dengan cepat di tempat tujuannya. Dan mereka juga tidak termasuk dalam aturan ganjil genap.

Kendaraan Bertenaga Motor Listrik

Menariknya, ganjil genap tidak mengganggu para pemilik kendaraan dari mobil bertenaga listrik.  Jika Anda ingin lepas bebas dari jadwal ganjil genap, wacana mengganti kendaraan bermotor mungkin akan terdengar menyenangkan. 

Kendaraan yang Mengangkut Korban Kecelakaan

Tidak hanya ambulans, kendaraan pribadi diizinkan untuk melalui rute ganjil genap ketika membawa korban kecelakaan di dalamnya. Sehingga korban yang membutuhkan perawatan medis segera mendapatkan pertolongan yang diperlukannya. 

Kendaraan Dengan Ketentuan Tertentu 

Kondisi tertentu yang dimaksud seperti kendaraan pengangkut uang milik BI, kendaraan yang mengangkut uang untuk mengisi ATM, pengisian uang antar bank. Selain dibebaskan dari peraturan ini, tipe kendaraan ini turut dikawal oleh POLRI.

Mengenal ganjil genap merupakan hal yang wajib terutama jika Anda tinggal di wilayah yang menerapkan peraturannya. Jika Anda bukan bagian dari kriteria di atas, penting bagi Anda untuk memahami peta penjatahan ganjil genap sehingga tidak membawa kendaraan di saat yang tidak tepat.

[wbcr_html_snippet id=”7772″]

There are currently no comments.