Company profile atau profil perusahaan sederhananya adalah deskripsi perusahaan anda. Keberadaannya adalah keharusan bagi sebuah perusahaan. Tujuannya tak lain agar mendapatkan perhatian, penyampaian informasi yang baik, menambah daya tarik dan tingkat kepercayaan pelanggan atau investor, serta bermuara pada harapan mendapat profit.

Penggunaan company profile dibutuhkan perusahaan dalam upaya peningkatan modal perusahaan. Seperti untuk mengundang investor, dan melakukan kerjasama dengan mitra bisnis strategis. Company profile yang menarik menjadi senjata ampuh untuk menambah kepercayaan calon investor atau calon mitra bisnis.

Company profile sekilas bukan masalah besar bagi sebuah perusahaan. Tapi bagi anda yang sedang merintis Usaha Kecil atau Usaha Mikro Kecil-Menengah (UMKM) company profile kadang menjadi hambatan tersendiri bagi perusahaan.

Template profil usaha sederhana

Template Company Profile UKM

Biasanya masalah yang dimiliki UMKM rata-rata adalah kurangnya SDM yang mampu mendesain company profile dengan baik. Sehingga melempar job ini ke agensi kreatif dan membayar mahal untuk desain mereka.

Padahal pembuatan company profile bisa dihemat jika anda bisa membuatnya sendiri. Untuk itu simaklah artikel ini yang akan mengulas lengkap apa saja yang dibutuhkan dalam mendesain template company profile untuk UMKM. Berikut 8 elemen utama dalam sebuah profil perusahaan sederhana:

Visi Perusahaan

Bahasa kerennya Company Overview, intinya adalah penyampaian visi perusahaan. Di bagian ini, anda perlu juga menyampaikan nilai-nilai utama dari perusahaan. Penting juga untuk menjelaskan core bisnis dan juga core values dari produk yang anda hasilkan. Anda juga bisa tampilkan jajaran pimpinan UMKM anda. Dan komitmen UMKM anda dalam menjaga kualitas produk dan keseimbangan lingkungan.

Sampaikan bagian ini semenarik mungkin. Pastikan anda menyorot tiap poin visi dan value UMKM anda. Gunakan ukuran font yang lebih besar pada bagian tersebut dan pastikan audiens dapat memahami langsung poin-poin penting dari bagian ini. Untuk menampilkan jajaran pimpinan, tidak perlu ditampilkan semuanya, Tampilkan saja orang-orang penting dan pemikiran unik mereka dalam membangun UMKM anda.

Sejarah Perusahaan

Bagian berikutnya dari company profile anda adalah sejarah perusahaan. Anda boleh juga menulisnya dengan History di desain company profile nanti. Bagian ini tentunya berisi sejarah perjuangan perusahaan anda. Namun penting diperhatikan, jangan bertele-tele dalam menyampaikan sejarah perusahaan.

Sampaikan bagian ini dengan sederhana dan menarik. Gunakan desain timeline yang berisi tahun-tahun penting perusahaan anda. Maksimalkan bagian ini untuk menunjukan pengalaman perusahaan anda.

Pertumbuhan Perusahaan

Bagian berikutnya setelah menyampaikan sejarah perusahaan adalah menyampaikan pertumbuhan perusahaan. Bagian ini bisa disebut sebagai Figure. Penting bagi anda untuk menunjukan bagaimana pertumbuhan UMKM anda. Pertumbuhan tersebut bisa mencakup pertumbuhan kapasitas produksi, kualitas produk, keuntungan, kompetitivitas perusahaan, jumlah karyawaan, dan aset perusahaan.

Anda bisa menyajikan penyampaian di bagian ini dengan pemaparan data statistik. Hal ini efektif karena calon investor atau mitra membutuhkan data real untuk pertimbangan untung ruginya bekerjasama dengan anda. Pastikan anda menyajikan data yang benar dan bukti-bukti tambahan seperti foto dan video yang menunjukan UMKM anda sedang tumbuh, menjanjikan, dan dapat dipercaya untuk diajak bekerja sama.

Infrastruktur Perusahaan

Nama keren dari bagian ini adalah Facilities. Bagian ini berisi penjelasan tentang kondisi infrastruktur UMKM. Infrastruktur tersebut berupa infrastruktur teknologi, infrastruktur tempat, ketersediaan alat produksi, beserta keunggulan teknologi dan alat produksi UMKM anda.

Penyajian bagian ini usahakan sederhana dan menarik. Anda bisa menggunakan desain dengan lima atau tiga poin utama yang menjadi kekuatan infrastruktur UMKM anda. Tambahkan pula dengan foto-foto yang menunjukan klaim tersebut. Pastikan calon investor atau mitra terkesan dengan infrastruktur usaha anda yang sudah solid.

Pencapaian Perusahaan

Pencapaian perusahaan atau Company Achievment berisi data real tentang penghargaan yang pernah anda dapatkan. Bisa berupa prestasi, sertifikasi yang ada, testimoni, portofolio produk, atau peliputan media masa pada UMKM anda.

Anda mesti jamin bagian ini disusun dengan data yang jujur. Anda mesti juga sajikan bagian ini dengan menarik. Pastikan anda menyorot penghargaan-penghargaan itu dan menata desainnya dengan menarik, jangan terlalu memenuhi desain hingga terkesan menumpuk.

Milestones

Milestones adalah istilah khusus yang bermakna “batu loncatan”. Anda dapat memasukan momen-momen penting dari usaha anda. Bisa saja momen ketika usaha anda mulai besar, atau momen anda mendapatkan rekanan dengan nilai yang tinggi, atau momen-momen lain yang membuat usaha anda melesat.

Lokasi Perusahaan

Bagian ini tentunya berisi alamat lengkap lokasi usaha anda. Utamakan memisahkan alamat kantor operasional dan lokasi produksi. Usahakan anda juga mendesain lokasi perusahaan dengan jelas agar mudah telrihat oleh calon investor dan mitra.

Kontak Perusahaan

Bagian ini tentunya berisi kontak pimpinan atau karyawan UMKM yang dapat dihubungi untuk menindaklanjuti negosiasi. Pastikan dalam mendesainnya bagian ini juga mempertimbangkan tujuan penerima Company Profile UMKM. Jika anda ingin mengirimnya kepada investor atau calon mitra strategis, taruhlah kontak pimpinan-pimpinan perusahaan pada bagian ini. Letakkan berdekatan dengan lokasi pada desain anda dan pastikan kedunya terlihat fit dan jelas.

Oke, itulah pembahasan sederhana mengenai template company profile untuk UKM/UMKM. Jangan lupa, jika Anda memiliki pertanyaan, kamu dapat meninggalkannya via kolom komentar di bawah ini.

There are currently no comments.