Bagi para pelaku bisnis kecil, mungkin saja anggaran adalah salah satu hal cukup diperhatikan. Terutama pada iklan online. Meskipun begitu, masih ada cara yang bisa dilakukan agar bisnis semakin berkembang dan dikenal oleh banyak orang. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan iklan Google Ads (dahulu AdWords).

Kuncinya bermain iklan dengan metode ini adalah Anda wajib mempersempit target hingga sesempit mungkin. Dengan iklan yang bisa tertarget, hanya user yang berpotensi saja yang dapat melihat iklan Anda. Nah dibawah ini ada beberapa tips optimasi iklan Google Adwords bagi para pelaku UKM.

Punya bisnis namun anggaran untuk iklan kecil? Jika Anda mengalami hal yang sama maka Google Search Ads bisa menjadi jawabnya. Dalam hal ini, iklan Anda hanya muncul pada halaman pencarian di Google dan hanya dapat muncul dalam bentuk text (tanpa banner gambar maupun video).

Anda tidak perlu repot dan bisa melupakan konsep display advertising. Pasalnya cara tersebut kalah efficient apabila dibandingkan dengan Google Search. Jika Anda memiliki budget Anda besar, kedua jenis baik display advertising atau search ads mungkin bisa dipilih sebagai solusi alternatif.

Gunakan Keyword yang Tepat

Tips optimasi iklan Google Adwords yang kedua adalah memilih keyword yang dirasa paling tepat untuk bisnis Anda. Hal ini jadi tahapan yang paling penting. Anda bisa memilih kata kunci yang sesuai dengan brand bisnis misalnya, nama perusahaan, produk dan layanan saja yang ditawarkan. Kata kunci memakai brand memang harga per kliknya murah namun peluang Anda memperoleh CTR sangat tinggi.

Selain itu Anda perlu memilih kata kunci berjenis long tail namun tetap spesifik dibandingkan dengan kata kunci pada umumnya. Misalnya saja restoran hal tersebut sudah banyak digunakan. Restoran jepang lebih sempit namun umum. Kemudian restoran jepang enak di kawasan Yogyakarta, nah kata kunci satu ini bisa dikatakan sudah sempit. Kali ini Anda pun dapat menyesuaikan sendiri dengan bisnis maupun target konsumen.

Target Lokasi

Di dalam pengaturan campaign tips optimasi iklan Google Adwords pertama adalah memilih negara serta bahasa Indonesia apabila bisnis Anda termasuk bisnis lokal. Hanya saja di Indonesia target satu ini memiliki lokasi sempit, contohnya kota, zip code, beberapa hal tersebut belum support.

Yes we can help

Ingin profil bisnis mu tampil di Karinov.co.id dan muncul di halaman pertama Google? Simak bagaimana kerja search marketing kami telah membantu banyak pebisnis seperti Anda: SEO by Karinov

Cara yang dapat digunakan untuk hal ini yakni dengan menambahkan nama kota pada pemilihan keyword. Contoh kecilnya begini, Salon dan rias pengantin murah Yogyakarta, Bengkel Las Berkualitas Solo, Rumah Makan Seafood Terkenal di Kawasan Bali, Jasa Rental Kamera Surabaya, Jasa Sewa Mobil Bandung. Bagaimana lebih masuk pada target bukan?

iklan bermuatan lokal
iklan bermuatan lokal relatif memiliki performa lebih baik

Kini meskipun anggaran yang Anda miliki untuk sebuah iklan tergolong sedikit, tetap ada cara yang bisa digunakan salah satunya dengan Google Adwords. Jika Anda ingin lebih teroptimasi maka gunakan beberapa tips optimasi iklan Google Adwords di atas. Selamat mencoba.

There are currently no comments.