Kata pengantar merupakan salah satu bagian yang cukup penting dalam suatu makalah ilmiah. Pada prinsipnya, tujuan ditulisnya kata pengantar adalah untuk menginformasikan kepada pembaca terkait pihak-pihak yang terlibat dalam penyelesaian suatu makalah ilmiah. Selain itu, pembaca diberikan sedikit bocoran perihal topik dari makalah tersebut untuk mengantarkan pada isi yang lebih spesifik. Adapun tahapan-tahapan umum dalam membuat kata pengantar yang baik adalah sebagai berikut.

Tata Cara Penulisan

1: Penggunaan gaya bahasa orang ke-3

Dalam pembuatan kata pengantar makalah ilmiah yang baik, penulis sebaiknya menggunakan kata ganti orang ke-3 untuk gaya penulisan yang formal. Jangan menggunakan kata 'aku', 'saya', ataupun 'kami' dalam menjelaskan siapa penulis. Namun gunakan kata 'penulis' sebagai gantinya. Contoh penulisannya:

'Dalam kesempatan ini, kami haturkan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu penyelesaian makalah ini.' (salah)

'Dalam kesempatan ini, penulis haturkan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu penyelesaian makalah ini.' (benar)

2: Diawali dengan ucapan syukur dan terima kasih kepada Tuhan

Dalam penyusunan makalah ilmiah, kita memahami bahwa selalu ada keterlibatan Tuhan Yang Maha Esa yang mengizinkan. Oleh karena itu, ucapan terima kasih kepada Tuhan diletakkan pada paragraf pertama.

Beberapa contoh ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam penyusunan makalah ilmiah antara lain:

'Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul….'

'Segala puji bagi Allah yang telah memberikan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ilmiah yang berjudul….'

3: Menuliskan judul makalah ilmiah dengan jelas dan lengkap

Pada setiap kata pengantar, pemaparan judul makalah ilmiah harus disertakan secara jelas dan lengkap agar memudahkan pembaca fokus pada topik makalah pada halaman-halaman berikutnya. Cara penulisan judul yang umum digunakan adalah dengan penekanan, seperti:

  • Penulisan dengan tanda petik, contoh:

Makalah ini berjudul 'Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jawa Tengah'

  • Penulisan dengan huruf tebal, contoh:

Makalah ini berjudul Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jawa Tengah

  • Penulisan dengan tanda petik dan huruf miring, contoh:

Makalah ini berjudul 'Pemanfaatan Sampah Plastik untuk Peningkatan Ekonomi Masyarakat Jawa Tengah'

4: Menuliskan tujuan utama penyusunan makalah ilmiah

Setelah itu, penulis harus mencantumkan tujuan utama penyusunan makalah ilmiah secara lengkap. Misalnya untuk pemenuhan tugas akhir kuliah, untuk pemenuhan tugas mata kuliah tertentu, atau sebagai laporan akhir penelitian. Jangan lupa untuk menyertai nama instansi terkait.

5: Memberikan ucapan terima kasih pada pihak yang terkait

Penyelesaian makalah ilmiah seringkali melibatkan banyak pihak, baik pihak internal organisasi/instansi, maupun pihak eksternal. Pada bagian ini, penulis memaparkan seluruh pihak yang telah membantu dengan cara mengurutkannya dari jabatan yang tertinggi. Penulisan dapat dibentuk berupa poin-poin dengan format Nama lengkap dan jabatan.

6: Penutupan dengan kalimat permohonan kritik dan saran untuk perbaikan makalah ilmiah

Kata pengantar diakhiri dengan paragraf permohonan kritik dan saran pembaca terkait evaluasi makalah ilmiah. Biasanya, kalimatnya diawali dengan pernyataan ketidaksempurnaan makalah ilmiah, seperti:

'Penulis menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Penulis mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan makalah…'

'Adapun makalah ini masih jauh dari sempurna. Kritik dan saran penulis harapkan dari pembaca untuk penyempurnaan makalah ini.'

7: Menuliskan tempat, tanggal, dan tahun pembuatan makalah, serta menuliskan nama penyusunnya

Penulisan tempat, tanggal, tahun dan nama-nama penyusun biasanya diletakkan menjorok ke kanan. Contoh-contoh penulisannya antara lain:

Penulis tunggal

Jakarta, 30 April 2017
Penulis

Atau

Jakarta, 30 April 2017
Budi Raharjo

Penulis jamak

Jakarta, 30 April 2017
Penulis

Atau

Jakarta, 30 April 2017
Budi Raharjo, Ina Wardani, dan Susi Susanti

Kata pengantar yang baik untuk makalah ilmiah bersifat jelas, singkat, dan padat. Tidak terlalu panjang namun informasi yang diberikan harus lengkap.

Contoh Kata Pengantar Akademis

Berikut contoh kata pengantar skripsi asli untuk kelulusan sarjana dari sebuah perguruan tinggi ternama di Indonesia. Nama serta detil institusi sengaja disamarkan untuk kepentingan akademik.

KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur senantiasa kami selaku tim penulis panjatkan kepada Allah SWT, atas karunia dan rahmat-Nya lah kami dapat menyelesaikan tugas akhir pra-rancangan sistem produksi hayati dan penulisan laporan akhir yang berjudul 'PRA-RANCANGAN SISTEM PRODUKSI ASTAXANTHIN DARI KULTUR MIKROALGA Haematococcus pluvialis' yang merupakan syarat kelulusan untuk mendapat gelar sarjana teknik di Program Studi Bioteknologi, FMIPA, Perguruan Tinggi Bandung.

Selama Penulisan laporan dan penyelesaian tugas akhir pra-rancangan sistem produksi hayati ini, tim penulis ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

1. Dr. Muwas Purba dan Dr. Abdullah Hasyim, sebagai dosen pembimbing serta Bapak Dr. Ir. Samuel M.Eng, sebagai koordinator tugas akhir pra-rancangan atas bantuan, bimbingan, dan nasehatnya yang sangat berharga bagi tim penulis;

2. Ibu Prof. Dr. Sri Atmodjo sebagai ketua program studi Bioteknologi, FMIPA, Perguruan Tinggi Bandung;

3. Bapak Dr. Muhammad Faisal sebagai wakil koordinator pengajar dan penyelaras tugas akhir pra-rancangan;

4. Orang tua dari tim penulis yang selalu membantu dengan doa dan dukungan penuh kepada tim penulis selama menempuh kuliah di program studi Bioteknologi; dan

5. Teman-teman Bioteknologi 2018, dan FMIPA 2018 atas dukungan dan semangatnya yang selalu menginspirasi dan mendorong tim penulis dalam menyelesaikan tugas akhir ini.

Akhir kata, tim penulis berharap semoga tugas akhir pra-rancangan ini dapat bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan teknik.

Bandung, Agustus 2018
Tim Penulis

Contoh Kata Pengantar Skripsi

Berikut contoh kata pengantar skripsi berupa penelitian ilmiah calon lulusan sarjana (S1). Secara garis besar, contoh di bawah ini dapat dijadikan acuan karena mengikuti tata bahasa skripsi yang baik dan benar.

KATA PENGANTAR

Puji syukur disampaikan kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunia-Nya dalam penyelesaian penulisan laporan tugas akhir penelitian yang berjudul Karakteristik Hidrodinamika pada Media Tanam Campuran Tanah dan Kompos serta Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan dan Serapan Mineral Zinc pada Tanaman Jagung (Zea Mays L.) yang merupakan syarat kelulusan menjadi seorang sarjana di Program studi Bioteknik, Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam, Perguruan Tinggi Negeri Jakarta.

Ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:

1. Orang tua tercinta yang telah memberikan kasih sayang, dukungan, dan masukan selama ini.
2. Dr. Ir. Mursyid selaku dosen pembimbing 1 yang telah banyak memberikan bimbingan selama proses penelitian hingga penyelesaian laporan.
3. Dr. Nurul Azka selaku dosen pembimbing 2 yang telah memberikan banyak masukan selama penyusunan laporan penelitian.
4. Prof. Dr. Budi Widiyanto selaku koordinator pelaksana tugas akhir penelitian mahasiswa/i Bioteknik 2018.

Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak lain yang telah memberikan banyak masukan dan saran kepada penulis serta arahan tentang tata cara dalam penulisan laporan penelitian ini.

Penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun apabila terdapat kekeliruan dalam penulisan laporan awal ini. Sekian dan terima kasih.

Bandung, Juni 2015
Penulis

Kata Pengantar Bahasa Inggris

Berikut contoh kata pengantar dalam bahasa inggris. Bagian ini biasa isebut dengan istilah preface memberikan kredit pada pihak yang telah membantu selama proses pembuatan karya ilmiah.

PREFACE

First of all, praise and thanksgiving prayed to God because for all his gifts so we can finished this paper entitled 'Bioethanol from POME: The Answer for Future Energy Independence of Indonesia”. In writing this paper, the authors collected material with literature study and interviewed the lecturer. So we would like to say thank you to Mr. Dr. Indarto Winarto as our advisor who has gave us some advices to complete this paper. And to our family and our friends who have provided moral and material support. And to all the parties that can not be mentoined one by one that has made this paper can be realized.

The authors realizes that this paper is stil not perfect. Therefore, criticism and constructive suggestions for improving this paper is expected. Hopefully this paper can be usefull for all those in need.

Bandung,  September 2014
Authors

Download Contoh Kata Pengantar

Berikut dokumentasi kata pengantar dalam format pdf yang dapat Anda unduh untuk mengetahui format aktualnya. Silakan masukkan alamat email yang valid untuk mendapatkan link download dokumen ini.

Bagaimana, mudahkan membuat kata pengantar skripsi/tugas akhir/laporan akademis? Jika ada yang ingin ditanyakan, kamu dapat meninggalakannya lewat kolom komemntar. Selamat mencoba!

There are currently no comments.