Contoh presentasi produk makanan dibawah ini adalah pitch deck dari perusahaan Teri Mayai saat mengikuti kompetisi Foodstartup Indonesia.

Baca juga: Contoh Proposal Usaha Makanan (Bisnis Plan Kuliner)

Berdasarkan pengalaman tersebut, kami melihat banyak pengusaha baru yang menemukan kesulitan dalam mengenalkan produk mereka dalam bentuk presentasi. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa pedoman dasar (guidelines) bagi Anda yang ingin mempresentasikan produk makanan serupa.

Step by Step Guide Mempresentasikan Produk Anda

Sebenarnya, mempresentasikan produk bukanlah hal yang sulit, namun harus diakui ada trik-trik khusus agar presentasi Anda dapat tampil menarik.

Perkenalkan Masalah

Sampaikan apa latar belakang dari munculnya produk bisnis Anda. Hal inilah yang akan membuat orang lain berpikir bahwa produk Anda memang dibutuhkan.

masalah latar belakang perusahaan

Perkenalkan masalah yang jadi latar belakang produk

Apa Potensi dibalik Masalah Tersebut

Kaitkan masalah yang ada dengan solusi dari sudut pandang bisnis (market). Ini akan memudahkan Anda untuk menyampaikan value dan cara Anda memonetisasi sekaligus dari peluang ini.

potensi produk makanan

Angkat sisi positif yang tersimpan di balik masalah

Perkenalkan Produk Anda sebagai sebuah Solusi

Pada tahap ini, sudah saatnya Anda menjelaskan tentang produk Anda. Apa keunggulannya, apa kelebihannya, serta mengapa produk ini bisa menjadi jawaban atas permasalahan yang ada.

solusi dari produk makanan

Tawarkan produk Anda sebagai solusi

Nah, ketiga tahap pertama ini sangat krusial dalam mempresentasikan produk bisnis Anda terutama di bidang makanan. Jika Anda gagal menjelaskan mengapa produk Anda sebenarnya dibutuhkan oleh market, maka orang akan abai terhadap apa yang Anda presentasikan.

Sebenarnya ada beberapa tahap lanjutan mengenai cara mengenalkan produk Anda, secara sederhana, saya jelaskan dalam bentuk pointer disertai contoh presentasi dari klien kami.

  • Diversifikasi atau positioning produk Anda
  • Alur proses produksi
  • Timeline perusahaan (dari awal berdiri dan milestones nya)
  • Model Bisnis Perusahaan
  • Omset penjualan dan capaian saat ini
  • Kebutuhan investasi (tergantung tujuan presentasi)
  • Strategi pengembangan usaha

Download File PDF Presentasi Produk Makanan

Berikut contoh presentasi bisnis plan dari sebuah perusahaan eksportir makanan ringan. Mengingat panjangnya isi dari presentasi ini, kami mengemasnya dalam bentuk PDF yang dapat Anda download dengan memasukkan email yang valid.

  • salim

    salimsalim

    Reply

    hi, I want your company help me to distribution and marketing my product my product is kurma or ( date fruits ) has high quality and cheap price. I need to selling big quantity per year.