Dalam membuat profil usaha ataupun sebuah proposal bisnis, kita membutuhkan pemaparan yang lengkap dasar berdiri nya sebuah perusahaan.

Latar belakang perusahaan ini mencakup dari mulai hal yang paling umum, yang bersinggungan dengan model bisnis, hingga mengerucut menjadi sebuah masalah spesifik.

Yes we can help

Ingin profil bisnis mu tampil di Karinov.co.id dan muncul di halaman pertama Google? Simak bagaimana kerja search marketing kami telah membantu banyak pebisnis seperti Anda: SEO by Karinov

latar belakang perusahaan

Contoh latar belakang perusahaan makanan ikan olahan

Gambar diatas merupakan potongan salah satu presentasi dari sebuah perusahaan makanan ikan olahan dengan market ekspor. Latar belakang perusahaan biasanya diberikan di awal presentasi untuk memberikan gambaran yang menyeluruh dari munculnya ide bisnis.

Baca juga: Contoh Ringkasan Eksekutif Perusahaan

Berikut contoh latar belakang perusahaan secara lengkap dari bisnis plan properti.

Latar Belakang Industri

Besarnya laju pertumbuhan penduduk serta tingginya aktivitas pembangunan di kota besar telah mengurangi jumlah lahan pertanian produktif akibat maraknya konversi lahan. Berdasarkan data dari Kementrian Pertanian Republik Indonesia, alih fungsi lahan pertanian produktif di Kabupaten Bandung untuk pengembangan pemukiman dan pembangunan lainnya mencapai 30 hektar per tahun. Menipisnya lahan pertanian tiap tahunnya ini akan berdampak pada menurunnya produksi komoditas pertanian, tidak stabilnya kondisi lingkungan, serta hilangnya mata pencaharian utama bagi penduduk setempat. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi yang dapat menjadi titik temu untuk mempertahankan fungsi lahan sebagai tempat bertani sekaligus untuk memenuhi kebutuhan rumah hunian terutama di derah Kabupaten Bandung.

Bandung Agrovillage sebagai salah satu unit usaha dari PT Agribisnis Syariah Indonesia hadir untuk menjawab masalah strategis ini dengan menggabungkan konsep pertanian produktif dan pemukiman di dalam satu area. Pemilihan Kecamatan Ciwidey sebagai lokasi pengembangan didasarkan pada beberapa pertimbangan, yaitu faktor lingkungannya yang nyaman, kontur lahannya yang cocok untuk berbagai komoditas pertanian, serta akses yang semakin mudah dengan adanya Pintu Tol Soreang yang direncanakan rampung pada pertengahan tahun 2016.

Tujuan, Potensi, dan Rencana Pencapaian Bisnis

Bisnis yang baik akan selalu memberi manfaat sebesar-besarnya kepada berbagai pihak dan komunitas yang terdampak dengan adanya bisnis tersebut. Konsep pertanian terpadu disertai hunian tempat tinggal di daerah Ciwidey yang kami tawarkan sangat memperhatikan kebermanfaatan mulai dari aspek ekonomi, sosial, serta lingkungan.

Bandung Agrovillage memiliki tujuan untuk meningkatkan produktivitas lahan dengan konsep pertanian terpadu sekaligus mengurangi praktik alih fungsi lahan yang banyak terjadi di kota besar. Ke depannya, pola bisnis Agrovillage ini dapat menjadi model pengembangan daerah yang lain agar tingginya permintaan rumah tinggal tidak menggerus kondisi dan kultur lahan pertanian produktif namun dapat menjadi stimulus pembangunan daerah dengan adanya sistem pertanian terpadu.

Pengembangan usaha model baru ini tentu tidak dapat dilakukan tanpa perencanaan awal yang matang. Riset awal perlu dilakukan untuk memastikan lahan pertanian terpadu memiliki produktivitas yang jauh lebih optimal dibanding lahan pertanian konvensional. Tahun pertama akan digunakan untuk riset di bidang pertanian hingga menemukan kombinasi yang pas untuk memaksimalkan potensi lahan yang ada dan 1 tahun setelahnya digunakan untuk memulai perjalanan bisnis yang telah dirancang. Kami optimis, dalam waktu 4 tahun, model usaha ini dapat menjadi contoh pola pengambangan daerah dan dapat memberikan manfaat ke seluruh wilayah terutama daerah rural di seluruh Indonesia.

Contoh Latar Belakang Proposal Usaha Kreatif

Judul: Speaker Ramah Lingkungan Berbahan Dasar Bambu “BampBoo®”

Latar Belakang

Gadget dan smartphone, tidak dapat dipisahkan lagi dari kehidupan sehari-hari manusia masa kini. Tidak hanya masyarakat urban yang tinggal di perkotaan, masyarakat rural yang hidup di pedesaan bahkan daerah-daerah terpencil bumi bergantung pada gadget sebagai penghubung mereka dengan dunia. Khusus masyarakat perkotaan, smartphone menjadi gadget pilihan yang sangat diminati, karena dapat membantu berbagai aktivitas sehari-hari mulai dari pekerjaan, hiburan, kebutuhan informasi dan pendidikan hanya dengan 1 alat/devais, tanpa kehilangan fungsi dasarnya yaitu sebagai alat bantu komunikasi. Karenanya, industri gadget dan smartphone tidak akan pernah kehilangan tempat dalam masyarakat.

Smartphone, meski dengan segala kelebihan yang dimilikinya dibandingkan perangkat komunikasi biasa, tetap membutuhkan dukungan dari berbagai perangkat lain agar dapat menjadi teman beraktivitas sehari-hari masyarakat yang memenuhi semua kebutuhan. Aksesoris gadget dan smartphone adalah solusi yang ditawarkan banyak produsen. Selalu tersedianya permintaan akan gadget dan smartphone, menjadikan industri aksesorisnya tumbuh. Industri aksesoris gadget dan smartphone yang awalnya diciptakan oleh produsen gadget dan smartphone, kini meluas sehingga banyak produsen yang mengkhususkan produk aksesoris gadget sebagai usahanya.

Sarana hiburan merupakan salah satu keunggulan smartphone yang paling diminati oleh masyarakat. Hiburan visual dan audio yang selama ini hanya dapat dinikmati bila kita pergi ke bioskop atau menyetel pemutar CD, kini dapat dinikmati hanya dengan bermodal gadget/smartphone. Namun, sebagai perangkat komunikasi, tentu kemampuan audio-visual smartphone terbatas, sehingga aksesoris yang menunjang kemampuan audiovisual sebuah gadget menjadi kebutuhan konsumen. Hiburan audio cenderung lebih dibutuhkan konsumen dibandingkan visual, sehingga aksesoris yang memperkuat kemampuan audio smartphone tentu dibutuhkan.

Speaker dock, adalah aksesoris penunjang kualitas audio gadget/smartphone yang dikenal masyarakat. Kualitas suara surround yang dihasilkan speaker dock lebih disenangi konsumen, karena tidak seperti suara yang berasal dari headset speaker, tidak merusak organ pendengaran. Selama ini, speaker dock dirancang sebagai alat yang dapat dioperasikan menggunakan listrik. “BampBoo®”, hasil desain dan rancang bangun kreativitas mengolah bambu, menghasilkan efek amplifikasi suara yang sama baik dengan speaker dock biasa, namun tanpa memerlukan listrik, bahkan energi sama sekali. Pemanfaatan prinsip fisika serta penggunaan bahan baku yang ramah lingkungan membuat kami sangat tertarik menawarkan produk BampBoo ke pasar aksesori smartphone di Indonesia.

Proposal lengkap dari contoh latar belakang usaha BampBoo speaker dalam format PDF bisa Anda dapatkan di laman 3 contoh proposal bisnis.
  • Rifa Susi

    Rifa SusiRifa Susi

    Reply

    Contoh sifat usaha dalam bisnis plan
    Dan berikan contohnya