Di tahun 2018, terhitung sangat banyak usaha makanan-makanan baru yang mulai menjamur, baik yang bersifat musiman maupun jangka panjang. Sebagai orang yang tentunya tidak ingin kehilangan kesempatan ini, tentu kamu kepingin juga kan punya bisnis makanan?

contoh proposal usaha makanan

Agar kamu dapat merencanakan usaha dengan matang, ada baiknya kamu pelajari dulu cara membuat proposal khususnya produk makanan. Walaupun di tulisan-tulisan sebelumnya, Karinov sudah banyak sekali membahas perihal bisnis plan serta cara pembuatannya, kali ini, kita akan bahas spesifik contoh proposal usaha untuk kategori makanan.

Contoh Proposal Usaha Makanan: Cassava Castle

Nama Perusahaan: PT Singkong Jaya
Visi: Menjadikan singkong sebagai makanan pokok yang populer dan dikemas menarik di kalangan masyarakat
Tujuan utama: Mensosialisasikan produk makanan berbahan dasar singkong kepada masyarakat Indonesia dalam bentuk yang menarik, serta membantu para petani singkong untuk memasarkan singkong di Indonesia

Latar Belakang

  • Konsumen singkong 'sepi peminat' (Menteri LH, 2014)
  • Banyak masyarakat tidak mengetahui bahwasingkong sangat baik dijadikan sebagaimakanan pokok pengganti beras
  • Banyak petani singkong yang belum maksimalmemasarkan singkong hasil panennya (Kompasiana,2013)

Survey Pasar

Analisis calon pembeli: Kedai Cassava Castle dibuat dengan segmentasi seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak (di atas 5 tahun) hingga orang dewasa. Cocok sebagai kedai bagi keluarga

Kebutuhan masyarakat yang terpenuhi: Kebutuhan makanan akan sumber karbohidrat (makanan pokok alternatif). Selain hidangan nasi dan lauk, singkong dapat disajikan dengan lauk dan dapat menggantikan kebutuhan makanan berat. Selain itu, kebutuhan akan camilan juga dapat dipenuhi dengan komposisi singkong sebagai dessert.

Peluang Bisnis

Peluang Produk Cassava Castle: Ketertarikan pada sarana pra sarana kedai dan produk yang bercita rasa pemenuhan dessert dan makanan berat berbasis singkong.

Lokasi Kedai Cassava Castle: Pusat kota Bandung, alasan: strategis, masyarakat Bandung cinta kuliner yang unik.

Tren masyarakat hari ini:

  • Berfoto diri 'Selfie'
  • Tren untuk mengunggah foto di media sosial
  • Tren untuk menginformasikan aktivitas pribadi di media sosial
  • Tren untuk menginformasikan 'lokasi saat ini' di media sosial

Perubahan Gaya hidup

  • Masyarakat cenderung makan di luar rumah
  • Masyarakat cenderung mencari hal praktis/cepat saji
  • Masyarakat semakin memerhatikan gizi setiap makanan:pola hidup sehat

Rumusan Masalah

  • Mencari sumber lahanproduksi singkong
  • Distribusi bahan bakuke tempat pembuatanCassavagar danCassavalt
  • Sistem produksi bahanbaku singkong padalahan mandiri
  • Lokasi kedai di tengahkota sehingga jarakdistribusi bahan bakudari lahan produksiterbilang jauh

Solusi Permasalahan

  • Bekerja sama dengan petani singkong untuk produksi bahan baku singkong
  • Pengembangan dilakukan dengan menambah lahan milik sendiri: mempekerjakan orang baru untuk bekerja (membuka lapangan pekerjaan)
  • Menyiapkan distributor yang optimal

Deskripsi Bisnis

Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam. Produk Cassava dibuat bermacam-macam.

Cita rasa manis diwakilkan oleh Cassavagar (Cassava-sugar) Yaitu singkong yang diberi saus bermacam rasa: vanilla, coklat, green tea, keju, tiramisu, taro, dan juga saus buah. Cita rasa asin diwakilkan oleh Cassavalt (Cassava-Salt), yaitu produk singkong rebus yang diberi bumbu cita rasa khas Indonesia seperti bumbu rendang, opor, dan gulai.

Dengan adanya produk-produk tersebut, diharapkan nilai jual singkong meningkat, seiring kebermanfaatannya menjadi bahan makanan pokok alternatif selain nasi.

Produk

Cassavagar: Vanilla, Oreo, Green tea, Coklat, Tiramisu, Cappucino, Red velvet, Taro, Aneka rasa buah, Es krim, Yogurt, Keju

Cassavasalt: Saus padang Saus bolognese, Saus tiram, Saus asam manis, Cabe hijau, Rasa rendang, Rasa opor, Rasa kari ayam, Rasa baso, Rasa soto

Keunikan Cassava Castle

Menunggu hidangan disajikan: Pelanggan diberikan fasilitas bermain di mejanya masing-masing. Terdapat papan ular tangga, monopoli, kartu uno di meja. Tujuannya: mengurangi waktu menunggu hanya dihabiskan dengan gadget. Permainan-permainan di atas dapat menjalin silaturahmi antarpembeli dalam satu meja.

Sistem penjualan: Kedai dibuat seperti prasmanan khusus untuk memilih topping-topping/ pilihan-pilihan bumbu, apakah pembeli akan memilih Cassavalt (asin) atau Cassagar (manis). Visualisasinya seperti pada tempat jual kue di kios-kios pada umumnya.

Desain Kedai Kedai: dibuat dengan nuansa 'all cassava', cat tembok dihiasi dengan gambar-gambar daun singkong, kursi-kursi terbuat dari kayu-kayu batang pohon singkong, pintu masuk dihias dengan desain arsitek interior dan bernuansa coklat-hijau sesuai dengan cassava.

Jasa Event Organizer: Pembeli yang berulang tahun di hari datang ke kedai, mendapat hidangan gratis dan surprise dari para karyawan di kedai. Syarat: melampirkan fotocopy KTP.

Kesimpulan

Bisnis makanan dari bahan baku singkong diprediksikan dapat memeroleh keuntungan

Masyarakat semakin termotivasi untuk mencari makanan lain selain nasi sebagai makanan pokok sumber karbohidrat

Cassava castle dapat menjawab julukan 'Harga kaki lima, fasilitas bintang lima' melalui rancangan produksi produk dan desain kedai

Oke, itulah contoh proposal usaha kuliner sederhana yang kira-kira dapat menjadi acuan jika Anda berniat membuka usaha makanan. Agar lebih jelas mengenai topik ini, ada baiknya juga Anda membaca 3 contoh bisnis plan lainnya serta presentasi usaha makanan di FoodStartup Indonesia.

Untuk mendapatkan dokumen lengkap contoh proposal usaha makanan dalam format PDF di atas, Anda dapat mengunduhnya dengan memasukkan email terlebih dahulu.

  • Taufik

    TaufikTaufik

    Reply

    Terimakasih telah berbagi pengetahuan. Sangat membantu sekali. Kalau bisa sertakan dalam proposal rencana keuangan, seperti biaya modal asset/peralatan/perlengkapan, biaya bahan, jumlah porsi yang direncanakan per hari, harga jual per porsi, perkiraan omzet per hari/minggu/bulan, jumlah keuntungan perhari/minggu/bulan, dan perkiraan biaya penyusunan asset. Terimakasih.

    • karinov

      karinovkarinov

      Reply

      Ya mas, memang masih banyak yang harus dilengkapi. Terima kasih atas sarannya.

  • GNWN

    GNWNGNWN

    Reply

    halo min… mau nanya dong… ini cara downloadnya gimana yah?
    kok di email link downloadnya gak ada? terus katanya bisa di download pada tautan dibawah ini. tapi linknya yang mana? saya kok gak nemu

    terima kasih 🙂

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      seharusnya muncul di bawa kolom email pak setelah diisi dan diklik tombol “get link”nya. namun apabila tidak bisa juga, bisa Anda gunakan tautan ini https://karinov.co.id/download/3262/

      semoga membantu