Di tahun 2019, terhitung sangat banyak usaha makanan-makanan baru yang mulai menjamur, baik yang bersifat musiman maupun jangka panjang. Sebagai orang yang tentunya tidak ingin kehilangan kesempatan ini, tentu kamu kepingin juga kan punya bisnis makanan?
Agar kamu dapat merencanakan usaha dengan matang, ada baiknya kamu pelajari dulu cara membuat proposal khususnya produk makanan. Walaupun di tulisan-tulisan sebelumnya, Karinov sudah banyak sekali membahas perihal bisnis plan serta cara pembuatannya, kali ini, kita akan bahas spesifik contoh proposal usaha untuk kategori makanan.
Download gratis: Template PPT Produk Makanan [Format 2020]
Contoh Proposal Usaha Makanan: Cassava Castle
Nama Perusahaan: PT Singkong Jaya
Visi: Menjadikan singkong sebagai makanan pokok yang populer dan dikemas menarik di kalangan masyarakat
Tujuan utama: Mensosialisasikan produk makanan berbahan dasar singkong kepada masyarakat Indonesia dalam bentuk yang menarik, serta membantu para petani singkong untuk memasarkan singkong di Indonesia
Latar Belakang
- Konsumen singkong “sepi peminat” (Menteri LH, 2014)
- Banyak masyarakat tidak mengetahui bahwa singkong sangat baik dijadikan sebagaimakanan pokok pengganti beras
- Banyak petani singkong yang belum maksimal memasarkan singkong hasil panennya (Kompasiana,2013)
Survey Pasar
Analisis calon pembeli: Kedai Cassava Castle dibuat dengan segmentasi seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak (di atas 5 tahun) hingga orang dewasa. Cocok sebagai kedai bagi keluarga
Kebutuhan masyarakat yang terpenuhi: Kebutuhan makanan akan sumber karbohidrat (makanan pokok alternatif). Selain hidangan nasi dan lauk, singkong dapat disajikan dengan lauk dan dapat menggantikan kebutuhan makanan berat. Selain itu, kebutuhan akan camilan juga dapat dipenuhi dengan komposisi singkong sebagai dessert.
Peluang Bisnis
Peluang Produk Cassava Castle: Ketertarikan pada sarana pra sarana kedai dan produk yang bercita rasa pemenuhan dessert dan makanan berat berbasis singkong.
Lokasi Kedai Cassava Castle: Pusat kota Bandung, alasan: strategis, masyarakat Bandung cinta kuliner yang unik.
Tren masyarakat hari ini:
- Berfoto diri “Selfie”
- Tren untuk mengunggah foto di media sosial
- Tren untuk menginformasikan aktivitas pribadi di media sosial
- Tren untuk menginformasikan “lokasi saat ini” di media sosial
Perubahan Gaya hidup
- Masyarakat cenderung makan di luar rumah
- Masyarakat cenderung mencari hal praktis/cepat saji
- Masyarakat semakin memerhatikan gizi setiap makanan:pola hidup sehat
Rumusan Masalah
- Mencari sumber lahanproduksi singkong
- Distribusi bahan bakuke tempat pembuatanCassavagar danCassavalt
- Sistem produksi bahanbaku singkong padalahan mandiri
- Lokasi kedai di tengahkota sehingga jarakdistribusi bahan bakudari lahan produksiterbilang jauh
Solusi Permasalahan
- Bekerja sama dengan petani singkong untuk produksi bahan baku singkong
- Pengembangan dilakukan dengan menambah lahan milik sendiri: mempekerjakan orang baru untuk bekerja (membuka lapangan pekerjaan)
- Menyiapkan distributor yang optimal
Deskripsi Bisnis
Cassava castle berasal dari kata Cassava yang berarti singkong dan castle yang berarti istana. Cassava castle merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang makanan berbahan dasar singkong yang disajikan dalam cita rasa yang bermacam-macam. Produk Cassava dibuat bermacam-macam.
Cita rasa manis diwakilkan oleh Cassavagar (Cassava-sugar) Yaitu singkong yang diberi saus bermacam rasa: vanilla, coklat, green tea, keju, tiramisu, taro, dan juga saus buah. Cita rasa asin diwakilkan oleh Cassavalt (Cassava-Salt), yaitu produk singkong rebus yang diberi bumbu cita rasa khas Indonesia seperti bumbu rendang, opor, dan gulai.
Dengan adanya produk-produk tersebut, diharapkan nilai jual singkong meningkat, seiring kebermanfaatannya menjadi bahan makanan pokok alternatif selain nasi.
Produk
Cassavagar: Vanilla, Oreo, Green tea, Coklat, Tiramisu, Cappucino, Red velvet, Taro, Aneka rasa buah, Es krim, Yogurt, Keju
Cassavasalt: Saus padang Saus bolognese, Saus tiram, Saus asam manis, Cabe hijau, Rasa rendang, Rasa opor, Rasa kari ayam, Rasa baso, Rasa soto
Keunikan Cassava Castle
Menunggu hidangan disajikan: Pelanggan diberikan fasilitas bermain di mejanya masing-masing. Terdapat papan ular tangga, monopoli, kartu uno di meja. Tujuannya: mengurangi waktu menunggu hanya dihabiskan dengan gadget. Permainan-permainan di atas dapat menjalin silaturahmi antarpembeli dalam satu meja.
Sistem penjualan: Kedai dibuat seperti prasmanan khusus untuk memilih topping-topping/ pilihan-pilihan bumbu, apakah pembeli akan memilih Cassavalt (asin) atau Cassagar (manis). Visualisasinya seperti pada tempat jual kue di kios-kios pada umumnya.
Desain Kedai Kedai: dibuat dengan nuansa “all cassava”, cat tembok dihiasi dengan gambar-gambar daun singkong, kursi-kursi terbuat dari kayu-kayu batang pohon singkong, pintu masuk dihias dengan desain arsitek interior dan bernuansa coklat-hijau sesuai dengan cassava.
Jasa Event Organizer: Pembeli yang berulang tahun di hari datang ke kedai, mendapat hidangan gratis dan surprise dari para karyawan di kedai. Syarat: melampirkan fotocopy KTP.
Kesimpulan
Bisnis makanan dari bahan baku singkong diprediksikan dapat memeroleh keuntungan
Masyarakat semakin termotivasi untuk mencari makanan lain selain nasi sebagai makanan pokok sumber karbohidrat
Cassava castle dapat menjawab julukan “Harga kaki lima, fasilitas bintang lima” melalui rancangan produksi produk dan desain kedai
Lihat pula: Profil Perusahaan Catering 2020 [PPT]
Oke, itulah contoh proposal usaha kuliner sederhana yang kira-kira dapat menjadi acuan jika Anda berniat membuka usaha makanan. Agar lebih jelas mengenai topik ini, ada baiknya juga Anda membaca 3 contoh bisnis plan lainnya serta presentasi usaha makanan di FoodStartup Indonesia.
Untuk mendapatkan dokumen lengkap contoh proposal usaha makanan dalam format PDF di atas, Anda dapat mengunduhnya dengan membagikan artikel ini terlebih dulu.
Contoh proposal usaha kuliner ini disponsori oleh: Giftcard.co.id
Tanya Jawab Proposal Usaha Makanan
Proposal bisnis kuliner ini dapat digunakan untuk mencari investor, mengikuti kompetisi ide bisnis, tugas perkuliahan, bahkan bisa sebagai acuan dasar dalam mengmbangkan ide usaha yang kamu miliki. Jadi proposal bisnis tidak harus selamanya dipublikasikan, bisa saja kamu membuatnya sebagai rancangan awal inisasi bisnis agar lebih terstruktur.
Presentasi bisnis atau yang biasa disebut pitch deck adalah kedua hal yang berbeda. Biasanya presentasi lebih banyak disajikan dalam bentuk visual dibandingkan tulisan. Isi dari presentasi pun biasanya mengacu pada proposal bisnis yang telah dibuat. Pada tulisan berikut, kamu dapat mempelajari bagaimana cara membuat presentasi bisnis makanan yang baik
Faktor keberhasilan dalam bisnis makanan sangat beragam, ada restoran yang ramai karena unggul di pricing (harga), ada yang laris karena lokasi strategis, ada juga yang dikenal karena rasa nya yang nikmat. Intinya, jika kamu ingin bisnis makanan kamu berhasil, kamu ahrus punya strategi promosi yang tepat sesuai dengan target pasar yang kamu sasar.
Sebenarnya, prinsip dalam pembuatan proposal usaha tidaklah berbeda untuk bidang manapun. Hanya saja, kamu harus memastikan keunggulan dan potensi dari ide bisnis yang kamu ajukan terangkum semua nya dalam proposal. Untuk mempelajari nya, kamu dapat melihat disini cara membuat proposal bisnis secara lengkap.