Pembelajaran di seluruh sekolah yang ada di Indonesia kini sudah menggunakan kurikulum terbaru. Ya, kurikulum 2013 yang memiliki berbagai materi pembelajaran lebih banyak dan terperinci daripada kurikulum sebelumnya. Terutama pada mata pelajaran bahasa Indonesia yang memiliki sub bab sangat banyak.

Salah satu sub bab yang dibahas dalam materi pembelajaran yang satu ini adalah tentang teks eksplanasi. Materi ini akan sering muncul di jenjang SMA/SMK/MA. Oleh karenanya, Anda harus bisa menguasai materi ini secara keseluruhan. Mulai dari pengertian teks eksplanasi hingga bagaimana cara membuatnya.

Jika Anda sudah sangat paham mengenai, pada saat guru memberi tugas untuk membuat contoh teks eksplanasi Anda tidak akan kebingungan lagi. Nah, untuk penjelasan lebih lanjut mengenai teks eksplanasi, yuk simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian & Tujuan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi merupakan suatu teks yang menjelaskan tentang bagaimana dan mengapa proses suatu peristiwa atau fenomena terjadi. Baik itu berupa fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan dan lain-lain. Suatu peristiwa baik itu peristiwa sosial atau peristiwa alam yang terjadi disekitar Anda selalu memiliki hubungan sebab-akibat.

Kejadian yang tengah terjadi ini, pantasnya tidak hanya diamati atau dirasakan saja. Tapi juga bisa digunakan sebagai pembelajaran untuk hidup. Mengapa kejadian tersebut bisa terjadi dan bagaimana bisa terjadi kejadian yang seperti ini. Tentu saja teks eksplanasi dibuat bukan tanpa tujuan. Berikut beberapa tujuan dari teks ini:

  • Menjelaskan tentang sebab akibat suatu peristiwa yang telah terjadi
  • Menjelaskan fenomena yang terjadi di lingkungan sehari-hari.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Membedakan teks eksplanasi dengan teks jenis lain sangat mudah dilakukan. Mulai dari pengertian teks eksplanasi hingga cara membuatnya juga sudah memiliki sedikit perbedaan. Namun, jika Anda masih kesulitan untuk membedakannya, simaklah beberapa ciri khusus teks eksplanasi:

  • Informasi yang dimuat dalam teks ini berdasarkan fakta yang ada
  • Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, hubungan sebab akibat dan interpretasi
  • Faktual tersebut memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan, contohnya seperti sains.
  • Memiliki atau menggunakan sequence markers. Misalnya seperti pertama, kedua, ke tiga dan seterusnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Biasanya dalam teks eksplanasi mengandung beberapa kaidah kebahasaan. Tentu saja kaidah kebahasaan dalam teks ini berbeda dengan jenis teks yang lain. Untuk mengenal lebih lanjut mengenai teks ini, simak beberapa kaidah kebahasaannya di bawah ini:

  • Memungkinkan untuk menggunakan istilah ilmiah
  • Fokus pada hal umum bukan partisipan manusia. Contohnya seperti banjir, hujan, gempa bumi dan lain-lain
  • Menggunakan konjungsi waktu dan kausal seperti misalnya sebelum, sehingga, pertama, bila, jika dan kemudian
  • Lebih menggunakan verba material dan verba relasional (kata kerja aktif)
  • Menggunakan kalimat pasif
  • Eksplanasi dibuat untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

Struktur Teks Eksplanasi

Buka hanya memperhatikan ciri-ciri atau kaidah kebahasaannya saja. saat akan membuat teks eksplanasi, Anda juga harus memperhatikan hal utamanya. Ya, hal tersebut adalah struktur yang membangun teks tersebut. berikut beberapa strukturnya:

  • Pernyataan Umum

Nah, pada struktur teks yang pertama terdapat pernyataan umum. Yang berisi suatu pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan. Seperti misalnya proses terjadinya atau proses keberadaan suatu fenomena.

  • Urutan Sebab Akibat

Poin ini membahas tentang detail penjelasan proses terjadinya yang dijelaskan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir. Tentunya urutan sebab akibat ini memiliki hubungan dari satu kejadian ke kejadian lainnya.

  • Interpretasi

Struktur yang terakhir yaitu interpretasi. Dalam poin ini berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang sudah dijelaskan. Mulai dari pernyataan umum hingga pada hubungan sebab akibat.

Cara Membuat Teks Eksplanasi

Membuat teks eksplanasi sangat mudah dilakukan. Baik itu oleh jurnalis ahli atau oleh para pemula. Terdapat beberapa langkah yang harus Anda ikuti untuk membuatnya. hal ini bertujuan agar teks yang dibuat bisa sesuai dengan kriteria jenis teks. Nah, berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan saat akan membuat teks eksplanasi:

  1. Tentukan topik yang akan dibahas dalam teks

  2. Buatlah sebuah referensi sederhana

  3. Buatlah kerangka teks yang benar saat akan memulai menulis teks

  4. Susunlah kerangka teks tersebut menjadi sebuah karya tulis.

Setelah mengikuti beberapa langkah di atas, selanjutnya buatlah pernyataan umum, deretan penjelas dan interpretasi. Jika sudah selesai, berikanlah teks yang sudah anda buat kepada teman atau siapapun untuk membaca teks tersebut. Mintalah penilaian tentang bagaimana teks yang sudah Anda buat.

Nah, seperti itulah pembahasan mengenai segala hal tentang teks eksplanasi. Mulai dari pengertian teks eksplanasi hingga cara membuatnya. Setelah memahami ulasan di atas, kini Anda bisa mengerjakan tugas tentang materi ini dengan lancar. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, buruan belajar tentang teks eksplanasi ini sekarang juga!

There are currently no comments.