Dalam mengajukan ide bisnis kepada calon investor, kerabat, ataupun calon konsumen, kita membutuhkan sebuah rancangan usaha secara tertulis.

Rancangan usaha ini biasa disebut sebagai proposal bisnis, bisnis plan, atau proposal usaha. Apapun namanya, penulisan proposal usaha haruslah disertai dengan persiapan yang matang. Karena gambaran besar dari bisnis Anda akan tercermin dalam sebuah proposal bisnis.

Pada tulisan ini, kami akan memberikan beberapa panduan dasar serta contohnya bagaimana membuat bisnis plan berdasarkan metode terbaru di tahun 2019.

Panduan Dasar dalam Membuat Proposal Bisnis

Buatlah seringkas mungkin. Asumsikan yang akan membaca bisnis plan Anda adalah seorang yang super sibuk. Tentu ia tidak akan menyia-nyiakan waktu berjam-jam hanya untuk membaca proposal rencana bisnis setebal 100 halaman kan. Itulah mengapa, buatlah proposal bisnis yang ringkas namun padat serta tetap informatif.

Fokus pada hal yang membuat bisnis Anda berbeda. Menuangkan sebuah ide bisnis ke dalam tulisan bukanlah hal yang mudah. Tidak sedikit proposal usaha yang gagal bukan karena tidak baik, tapi karena tidak menarik.

So, alih-alih membuat audience Anda bingung dengan bahasa serta aspek teknis dari ide bisnis Anda, lebih baik, fokus saja pada keunggulan dan perbedaan yang Anda bawa dalam bisnis tersebut.

Pahami big picture, kuasai detail. Yang harus dipahami dari sebuah bisnis plan adalah bahwa ia baru berupa rencana. Dalam jangka panjang, tentu proposal usaha Anda membutuhkan perbaikan berkelanjutan. Cukup berikan aspek teknis yang krusial, dan selalu prioritaskan pembaca agar mengerti gambaran besar dari ide bisnis Anda.

cara membuat bisnis plan

Download contoh bisis plan

 

Contoh Proposal / Bisnis Plan / Rancangan Usaha

Sebagaimana halnya ilmu bisnis dan sosial, cara pembuatan bisnis plan atau proposal bisnis bukanlah sesuatu yang saklek dan kaku. Anda perlu banyak membaca serta memperkaya pengalaman agar dapat membuat rancangan usaha yang baik. Berikut beberapa contoh riil proposal bisnis dari bidang usaha berbeda.

Proposal Rencana Bisnis Ekspor (PDF)
Proposal bisnis ekspor seperti diatas cocok untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang jual-beli ekspor impor. Perbedaannya terdapat pada bagian Audit Pasar (Bab III) yang menjelaskan secara detil negara mana yang jadi target utama serta alasan pemilihan negara tersebut.

Proposal Produk Usaha Kreatif (PDF)
Contoh lain dari proposal bisnis yang marak hari ini adalah sektor usaha kreatif. Pada proposal jenis ini, dibutuhkan riset pasar yang baik mulai dari ukuran market, tren terkini, kompetitor, dan rencana pemasaran. Hal ini dikarenakan usaha sektor kreatif biasanya memunculkan produk baru yang belum banyak dikenal oleh masyarakat pada umumnya.

Proposal Rancangan Bisnis Properti (PDF)
Contoh proposal untuk developer properti. Pada bagian awal biasanya dibutuhkan keterangan tambahan mengenai profil singkat perusahaan, legalitas perusahaan, serta pengalaman pengerjaan proyek yang sudah dikerjakan.

Yes we can help

Ingin profil bisnis mu tampil di Karinov.co.id dan muncul di halaman pertama Google? Simak bagaimana kerja search marketing kami telah membantu banyak pebisnis seperti Anda: SEO by Karinov

Download 3 Contoh Proposal Bisnis

Berikut kami berikan 3 contoh rencana bisnis yang siap direalisasikan. Isi proposal bisnis ini meliputi usaha properti (Bisnis Plan Agrovillage), renana bisnis ekspor (Indochemical Agrotech), serta proposal usaha kreatif (Bamboo Speaker). Anda dapat mengunduh ketiga file PDF tersebut secara langsung setelah memasukkan email yang valid.

Contoh Isi dari Proposal Bisnis

Secara umum, kira-kira berikut contoh daftar isi yang terdapat dalam bisnis plan. Walaupun dalam pembuatan proposal bisnis sebenarnya bisa saja berbeda disesuaikan dengan informasi yang butuh untuk disajikan di dalam proposal. Untuk mendapatkan format business plan secara lengkap dapat kamu lihat di laman berikut: template business plan.

RINGKASAN EKSEKUTIF
BAB I INFORMASI PERUSAHAAN
1.1 Legalitas Perusahaan
1.2 Struktur Organisasi
1.3 Performa Finansial
1.4 Pengalaman Perusahaan
BAB II PENDAHULUAN
2.1 Deskripsi Umum Bisnis
2.2 Latar Belakang Industri
2.3 Tujuan, Potensi, dan Visi Misi Perusahaan
2.4 Keunikan Produk
BAB III PEMASARAN
3.1 Riset dan Analisis
3.2 Ukuran Pasar dan Tren
3.3 Kompetisi
3.4 Rencana Pemasaran
BAB IV PELAKSANAAN BISNIS
4.1 Lokasi
4.2 Akses Transportasi
4.3 Kependudukan
4.4 Fasilitas Umum
BAB V ASPEK PERIZINAN (LEGALITAS)
BAB VI MANAJEMEN
BAB VII FINANSIAL
7.1 Prakiraan Biaya Modal
7.2 Prakiraan Biaya Operasional
7.3 Analisis Profitabilitas
7.4 Analisis Break Even Poin
BAB VIII ASPEK TEKNIS
8.1 Tahap Perencanaan dan Pembangunan
BAB IX STRATEGI PANEN
9.1 Transfer Aset
9.2 Keberlanjutan Bisnis

Tanya-Jawab Proposal Bisnis

Apakah format di atas dapat digunakan untuk semua bisnis?

Jelas tidak, setiap kategori bisnis tentu punya requirement yang berbeda mengenai hal apa yang harus dicantumkan di proposal. Contoh untuk rencana usaha developer properti, maka aspek legal menjadi bagian penting yang harus dicantumkan.

Untuk keperluan apa proposal bisnis digunakan?

Rencana usaha dalam bentuk tertulis paling umum digunakan saat kita baru memiliki ide usaha dan ingin mendapatkan modal kerjasama dari investor, kerabat, atau instansi lainnya. Namun, proposal bisnis hari ini tidak sedikit pula yang dijadikan kompetisi atau tugas kuliah sehingga sulit mencari referensi proposal bisnis yang benar-benar bertujuan untuk dijalankan.

Apakah dari contoh di atas ada yang benar-benar aplikatif?

Ya, contoh proposal bisnis ekspor serta bisnis developer properti di atas memang dibuat untuk dijalankan dengan studi kelayakan yang komprehensif.

Apakah proposal ini tidak terlalu panjang untuk ide bisnis?

Panjang atau tidaknya proposal adalah suatu hal yang relatif tergantung dari kompleksitas ide yang akan dijalankan. Jika Anda memang ingin menjabarkan ide bisnis dalam bentuk yang lebih sederhana dan ringkas, kamu dapat membuatnya menggunakan bisnis model canvas.

Apa bedanya proposal bisnis dengan rencana usaha?

Sebenarnya secara umum tidak ada perbedaan karena proposal bisnis bisa juga disebut sebagai rencana/rancangan usaha. Perbedaan istilah ini disebabkan adanya serapan kata dari bahasa inggris yang asalnya business plan dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang berarti rencana bisnis atau lebih formalnya kita sebut sebagai proposal bisnis/usaha.

  • farhan

    farhanfarhan

    Reply

    Bagaimana contoh proposal yang udahanya belum ada. Artinya usaha tersebut baru rencana dan membutuhkan investor.

    • karinov

      karinovkarinov

      Reply

      Memang untuk proposal bisnis biasanya dibutuhkan untuk pengajuan modal kepada investor. Contoh di atas Bapak bisa mengacu pada proposal bamboo speaker dan proposal properti agrovillage.

      Untuk presentasi kepada calon investor, yang bapak butuhkan bukan hanya proposal (bisnis plan), tapi juga pitch deck. Contoh presentasi pitch deck kepada calon investor bisa bapak download di laman ini: contoh pitch deck & company profile

  • Nabila

    NabilaNabila

    Reply

    Thank You. Sangat membantu buat saya yang Sedang mengerjakan business plan untuk Lomba Genius 2019.

    • karinov

      karinovkarinov

      Reply

      Sama-sama, selamat berkompetisi.

  • alia

    aliaalia

    Reply

    saya sedang butuh proposal buat usaha travel saya. tolong diberi contohnya. Terima kasih sebelumnya.

    • karinov

      karinovkarinov

      Reply

      Maaf kami belum punya kalau contoh proposal usaha travel kak.

  • Loans

    LoansLoans

    Reply

    This comment is no longer available

  • Cesar

    CesarCesar

    Reply

    Mohon untuk memberikan contoh dan penjelasan untuk proposal untuk investor material apapun yg di punya, sederhananya saya saat ini membutuhkannya karena sy ada job untuk pembuatan proposal untuk kerjasama dg petro kimia gresik terimakasih

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      bisa dipalajari dari contoh2 yang kami berikan di atas pak. semoga membantu. terima kasih

  • Daman Kosasih

    Daman KosasihDaman Kosasih

    Reply

    Bagaimana misal saya ingin mengajukan proposal ke investor untuk bisnis trading produk asal hewan daging sapi & ayam (frozen food)?..Tks sebelumnya brother.

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      untuk pengajuan ke investor lebih umum menggunakan presentasi (ptih deck), bisa mengacu pada artikel berikut ini: contoh presentasi bisnis

  • BALQIS

    BALQISBALQIS

    Reply

    Kak minta contoh proposal buat bisnis ekspor impor dong kak…

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      bisa diunduh dengan memasukkan alamat email untuk mendapatkan link download yang valid mba disini: form download bisnis plan

  • FAISAL TEGUH PRASETYO

    FAISAL TEGUH PRASETYOFAISAL TEGUH PRASETYO

    Reply

    trimakasih atas bantuanya semoga mampu membuka peluang usaha dan membuka lapangan kerja baru

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      sama-sama, senang bisa membantu. salam, karinov.

  • Fatimah

    FatimahFatimah

    Reply

    Filenya setiap hampir selesai download tapi gagal terus min, boleh kirim lewat email saya.

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      oke, sudah kami kirim ke email mba.

  • Renzani

    RenzaniRenzani

    Reply

    min saya udah coba download tapi ko ga ada file yg masuk ke email saya yaa??
    bisa tolong kirim file nye ke email saya ga min?? terima kasih

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      setelah memasukkan alamat email, link download akan otomatis muncul di bawah form email di halaman ini.

  • samsul

    samsulsamsul

    Reply

    adakah proposal atau business plan untuk klinik gigi??

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      maaf kami tidak punya yang seperti itu.

  • Pahmi

    PahmiPahmi

    Reply

    kak boleh minta proposal bisnis bagi reseller? klo ada contohnya

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      maaf kami tidak punya contoh proposal bisnis yang seperti itu.

  • yudhi

    yudhiyudhi

    Reply

    Filenya sudah didownload, tapi gak bisa dibuka. katanya file rusak min. bisa dikirim ke imel min ?

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      oke, sudah kami kirim via email Yahoo Anda.

  • Lilis

    LilisLilis

    Reply

    Selamat Pagi,
    Saya dan tim sedang merencanakan sebuah program kemasyarakatan, dan membutuhkan contoh propasal untuk mencari donatur demi kelancaran program kami.. bisa minta tolong bantu contoh konsep proposal dan strategi pemasarannya.. terimakasih

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      terima kasih untuk tanggapannya mba, sayangnya kami hanya bisa membantu lewat artikel dan panduan-panduan yang sudah kami sediakan di website ini. mungkin bisa dilakukan secara mandiri dengan banyak belajar dari contoh-contoh yang sudah ada.

  • Husna Syahriza

    Husna SyahrizaHusna Syahriza

    Reply

    Adakah cth Tema Proposal pembangunan sekolah yg dimuat melalui web ?
    Tolong dibagi donk ke saya.

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      untuk proposal non-profit seperti pembangunan sekolah saat ini kami belum punya mba. hanya contoh proposal usaha saja.

  • Bowo

    BowoBowo

    Reply

    infonya sangat bermanfaat, kebetulan saya jg ingin memulai usaha, trimakasih

  • Rifa Susi

    Rifa SusiRifa Susi

    Reply

    Kak saya lagi bikin Bisnis Plan jas tentang Konveksi kaos.
    Kalau boleh tau gimana caranya Buat Gambaran industri nya kak
    Berikan contohnya

  • rijal

    rijalrijal

    Reply

    selamat malam bang.
    kalau untuk memuat proposal perusaahn yang memprosuksi air bersih, itu masuk industri atau gimna bang.

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      ya termasuk industri mas, khusus untuk perusahaan air minum punya sarat izin usaha yang cukup ketat dan butuh modal yang lumayan juga

  • Latifah

    LatifahLatifah

    Reply

    terima kasih banyak artikelnya sangat membantu

    • Editorial Staff

      Editorial StaffEditorial Staff

      Reply

      Sama-sama, semoga bermanfaat,

  • Astrid

    AstridAstrid

    Reply

    Saya mau mencoba mengajukan proposal untuk usaha donat saya..kira2 ada contoh ny gak ya?..