Dalam mengajukan ide bisnis kepada calon investor, kerabat, ataupun calon konsumen, kita membutuhkan sebuah rancangan usaha secara tertulis.

Rancangan usaha ini biasa disebut sebagai proposal bisnis, bisnis plan, atau proposal usaha. Apapun namanya, penulisan proposal usaha haruslah disertai dengan persiapan yang matang. Karena gambaran besar dari bisnis Anda akan tercermin dalam sebuah proposal bisnis.

Pada tulisan ini, kami akan memberikan beberapa panduan dasar serta contohnya bagaimana membuat bisnis plan berdasarkan metode terbaru di tahun 2019.

Panduan Dasar dalam Membuat Proposal Bisnis

Buatlah seringkas mungkin. Asumsikan yang akan membaca bisnis plan Anda adalah seorang yang super sibuk. Tentu ia tidak akan menyia-nyiakan waktu berjam-jam hanya untuk membaca proposal rencana bisnis setebal 100 halaman kan. Itulah mengapa, buatlah proposal bisnis yang ringkas namun padat serta tetap informatif.

Fokus pada hal yang membuat bisnis Anda berbeda. Menuangkan sebuah ide bisnis ke dalam tulisan bukanlah hal yang mudah. Tidak sedikit proposal usaha yang gagal bukan karena tidak baik, tapi karena tidak menarik.

So, alih-alih membuat audience Anda bingung dengan bahasa serta aspek teknis dari ide bisnis Anda, lebih baik, fokus saja pada keunggulan dan perbedaan yang Anda bawa dalam bisnis tersebut.

Pahami big picture, kuasai detail. Yang harus dipahami dari sebuah bisnis plan adalah bahwa ia baru berupa rencana. Dalam jangka panjang, tentu proposal usaha Anda membutuhkan perbaikan berkelanjutan. Cukup berikan aspek teknis yang krusial, dan selalu prioritaskan pembaca agar mengerti gambaran besar dari ide bisnis Anda.

Lakukan sesuai kemampuan. Terkadang jika melihat karya proposal bisnis mahasiswa maupun calon pengusaha muda, tidak sedikit ide yang dituangkan memiliki aroma futuristik yang sangat kuat. Seolah-olah membuat bisnis seperti sedang merancang alat yang didesain untuk ada di masa depan. Padahal bisnis pada dasarnya simpel saja, bagaimana cara menghasilkan uang kan? Jangan terlalu berangan-angan jauh dengan bisnis yang hendak kamu ciptakan, mulailah dulu dari kapasitas dan kapabilitas yang kamu mampu saat ini.

Usahakan sudah ada MVP (minimum viable product). Ya, kamu harus sudah punya produk yang bisa dijalankan sesuai yang dicantumkan dalam proposal. Jika 25 tahun lalu kamu mengajukan proposal bisnis hanya sebatas ide kepada investor, sah-sah saja, tapi berharap itu berlaku di era ultracompetitive seperti ini, hello?

Cantumkan apa yang Anda ajukan lewat proposal tersebut. Tidak sedikit presenter yang membuat proposal bisnis tanpa menjelaskan apa maksud utama dari adanya proposal tersebut. Jika Anda membuat proposal untuk mendapat investasi, sertakan pula berapa dana yang kamu butuhkan dan bagaimana penggunaannya seperti contoh di bawah ini.

Download gratis: Template PPT Bisnis Kekinian [2020]

minimum viable product untuk proposal bisnis
Ilustrasi minimum viable product dengan improvement secara berkala

Minimum Viable Product (MVP)

Sebuah produk awal yang sudah memiliki fitur serta fungsi yang cukup untuk dijalankan oleh pengguna agar terus dapat dilakukan pengembangan berkala.

Contoh Proposal / Bisnis Plan / Rancangan Usaha

Sebagaimana halnya ilmu bisnis dan sosial, cara pembuatan bisnis plan atau proposal bisnis bukanlah sesuatu yang saklek dan kaku. Anda perlu banyak membaca serta memperkaya pengalaman agar dapat membuat rancangan usaha yang baik. Berikut beberapa contoh riil proposal bisnis dari bidang usaha berbeda.

  • Proposal Rencana Bisnis Ekspor (PDF)
    Proposal bisnis ekspor seperti diatas cocok untuk perusahaan yang bergerak dalam bidang jual-beli ekspor impor. Perbedaannya terdapat pada bagian Audit Pasar (Bab III) yang menjelaskan secara detil negara mana yang jadi target utama serta alasan pemilihan negara tersebut.
  • Proposal Produk Usaha Kreatif (PDF)
    Contoh lain dari proposal bisnis yang marak hari ini adalah sektor usaha kreatif. Pada proposal jenis ini, dibutuhkan riset pasar yang baik mulai dari ukuran market, tren terkini, kompetitor, dan rencana pemasaran. Hal ini dikarenakan usaha sektor kreatif biasanya memunculkan produk baru yang belum banyak dikenal oleh masyarakat pada umumnya.
  • Proposal Rancangan Bisnis Properti (PDF)
    Contoh proposal untuk developer properti. Pada bagian awal biasanya dibutuhkan keterangan tambahan mengenai profil singkat perusahaan, legalitas perusahaan, serta pengalaman pengerjaan proyek yang sudah dikerjakan.

Download 3 Contoh Proposal Bisnis

Diatas telah kami berikan daftar contoh rencana bisnis yang siap direalisasikan. Isi proposal bisnis ini meliputi usaha properti (Bisnis Plan Agrovillage), renana bisnis ekspor (Indochemical Agrotech), serta proposal usaha kreatif (Bamboo Speaker). Anda dapat mengunduh ketiga file PDF tersebut menggunakan tombol download dibawah ini.

Panduan Membuat Proposal Bisnis Startup

Proposal bisnis atau biasa disebut sebagai rencana atau plan adalah hal yang penting sebagai kickstart awal dalam membangun bisnis, apalagi dengan adanya tren startup baru-baru ini. Berikut ini beberapa guna membuat business plan atau proposal bisnis jika kamu ingin menginisiasi sebuah startup:

  1. Untuk menyiapkan hal-hal penting yang menjadi dasar dalam sebuah bisnis baru.
  2. Sebagai antisipasi dan strategi jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi.
  3. Sebagai panduan akan dijadikan macam apa bisnis yang akan dibangun.
  4. Memastikan tidak ada area penting dari bisnis yang terlupa.
  5. Membuat sasaran dari setiap bisnis yang akan dibangun

Setelah mengetahui definisi dari startup, definisi proposal bisnis, dan seberapa pentingnya proposal bisnis tentunya tidak afdol rasanya kalau belum mengetahui bagaimana caranya membuat proposal bisnis/business plan. Ada 5 tips tambahan yang bisa kamu lakukan untuk membuat proposal bisnis startup kekinian selain yang sudah disebutkan di atas:

  1. Buat slogan dan biodata perusahaan kamu
  2. Ketahui pesaing-pesaing kamu
  3. Buatlah target harga
  4. Daftar apa saja pengeluaran kamu
  5. Cari jawaban mudah dari pertanyaan-pertanyaan seperti kenapa perusahaan ini perlu ada

Selain itu, sebelum merintis startup, kamu bisa membuat analisis SWOT. Analisis SWOT penting untuk melihat kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada pada calon perusahaan besar yang kamu rintis.

Contoh Isi dari Proposal Bisnis

Secara umum, kira-kira berikut contoh daftar isi yang terdapat dalam bisnis plan. Walaupun dalam pembuatan proposal bisnis sebenarnya bisa saja berbeda disesuaikan dengan informasi yang butuh untuk disajikan di dalam proposal. Untuk mendapatkan format business plan secara lengkap dapat kamu lihat di laman berikut: template business plan.

RINGKASAN EKSEKUTIF
BAB I INFORMASI PERUSAHAAN
1.1 Legalitas Perusahaan
1.2 Struktur Organisasi
1.3 Performa Finansial
1.4 Pengalaman Perusahaan
BAB II PENDAHULUAN
2.1 Deskripsi Umum Bisnis
2.2 Latar Belakang Industri
2.3 Tujuan, Potensi, dan Visi Misi Perusahaan
2.4 Keunikan Produk
BAB III PEMASARAN
3.1 Riset dan Analisis
3.2 Ukuran Pasar dan Tren
3.3 Kompetisi
3.4 Rencana Pemasaran
BAB IV PELAKSANAAN BISNIS
4.1 Lokasi
4.2 Akses Transportasi
4.3 Kependudukan
4.4 Fasilitas Umum
BAB V ASPEK PERIZINAN (LEGALITAS)
BAB VI MANAJEMEN
BAB VII FINANSIAL
7.1 Prakiraan Biaya Modal
7.2 Prakiraan Biaya Operasional
7.3 Analisis Profitabilitas
7.4 Analisis Break Even Poin
BAB VIII ASPEK TEKNIS
8.1 Tahap Perencanaan dan Pembangunan
BAB IX STRATEGI PANEN
9.1 Transfer Aset
9.2 Keberlanjutan Bisnis

cara membuat bisnis plan
Contoh proposal bisnis di era startup game

Tanya-Jawab Proposal Bisnis

Apakah format di atas dapat digunakan untuk semua bisnis?

Jelas tidak, setiap kategori bisnis tentu punya requirement yang berbeda mengenai hal apa yang harus dicantumkan di proposal. Contoh untuk rencana usaha developer properti, maka aspek legal menjadi bagian penting yang harus dicantumkan.

Untuk keperluan apa proposal bisnis digunakan?

Rencana usaha dalam bentuk tertulis paling umum digunakan saat kita baru memiliki ide usaha dan ingin mendapatkan modal kerjasama dari investor, kerabat, atau instansi lainnya. Namun, proposal bisnis hari ini tidak sedikit pula yang dijadikan kompetisi atau tugas kuliah sehingga sulit mencari referensi proposal bisnis yang benar-benar bertujuan untuk dijalankan.

Apakah dari contoh di atas ada yang benar-benar aplikatif?

Ya, contoh proposal bisnis ekspor serta bisnis developer properti di atas memang dibuat untuk dijalankan dengan studi kelayakan yang komprehensif.

Apakah proposal ini tidak terlalu panjang untuk ide bisnis?

Panjang atau tidaknya proposal adalah suatu hal yang relatif tergantung dari kompleksitas ide yang akan dijalankan. Jika Anda memang ingin menjabarkan ide bisnis dalam bentuk yang lebih sederhana dan ringkas, kamu dapat membuatnya menggunakan bisnis model canvas.

Apa bedanya proposal bisnis dengan rencana usaha?

Sebenarnya secara umum tidak ada perbedaan karena proposal bisnis bisa juga disebut sebagai rencana/rancangan usaha. Perbedaan istilah ini disebabkan adanya serapan kata dari bahasa inggris yang asalnya business plan dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang berarti rencana bisnis atau lebih formalnya kita sebut sebagai proposal bisnis/usaha.

Author

Dunia terus bergerak, meninggalkan mereka yang tidak sepakat. Kami percaya bahwa perubahan dalam bisnis adalah satu hal yang niscaya. Karinov.co.id hadir untuk menjadi tempat bertanya seputar ini dan harus ada jawabnya.