Arsitektur dan desain interior merupakan dua profesi yang memiliki nilai jual tinggi. Untuk dianggap sebagai arsitek yang hebat, seseorang perancang bangunan harus memiliki prestasi atau setidaknya berhasil menjalankan sebuah proyek yang fenomenal. Seperti membangun jalan tol, menciptakan pusat perbelanjaan atau gedung pencakar langit.

Daftar isi: Online marketing ala arsitek, Tips membuat web arsitektur, Web arsitek dengan WordPress,

Kedua profesi ini, baik arsitek maupun desainer sebenarnya sangat bertolak belakang dari sisi tanggungjawab, namun memiliki keterikatan yang sangat erat. Arsitek yang membangun gedung dan desainer interior yang mempercantik isinya.

Tidak heran jika relasi di antara keduanya sangat kuat. Karena tanpa kehadiran arsitek yang handal, seorang desainer interior tidak bisa melakukan pekerjaannya dengan baik.

Peran seorang arsitek nyatanya jauh lebih kompleks dari yang kita bayangkan, selain membuat denah bangunan mereka harus turut mengawasi proses pembangunan dengan data-data yang sudah dimiliki.

Di Bukalapak ada istilah “jangan baper lihat data, kalau datanya saja sudah salah, ya harus gimana lagi?

Seperti quote diatas, sedikit saja kesalahan hitung, bangunan indah yang sudah jadi dan siap pakai akan ambruk dengan mudah. Jadi, jangan iri jika profit atau pendapatan dari seorang arsitek itu sangat tinggi. Untuk satu proyek bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta.

Online Marketing ala Arsitek

Seiring dengan massive-nya beragam perusahaan jasa untuk bersaing di ranah digital, tidak ada salahnya jika Anda sebagai seorang arsitek atau interior designer melirik peluang dan mempelajari kompetitor yang sudah eksis terlebih dahulu di dunia maya.

Kini ada banyak sekali jasa web arsitektur dan desain interior yang menawarkan layanan secara online. Diantara yang sudah banyak dikenal luas:

  • Dekoruma
  • Homify.co.id
  • Arsitag
  • Bluprin.com

Selain yang kami sebutkan di atas, sisanya mayoritas adalah perusahaan arsitektur dan penyedia jasa desainer interior skala kecil hingga menengah. Mereka berusaha mendapatkan pelanggan lebih banyak dengan membuat web arsitektur.

Cara marketing melalui media online ini dianggap lebih efektif dan murah, karena untuk desain webnya sendiri bisa dilakukan secara pribadi. Tidak memerlukan jasa web desainer profesional.

Tips untuk Web Arsitek dan Desainer

Karena memiliki konsep sebagai web yang mencerminkan perusahaan, maka proses pembuatan situs akan berbeda dari situs informasi pada umumnya. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, untuk lebih jelasnya simak tipsnya berikut:

1. Foto Bangunan Atau Desain Interior

Teknologi digital memungkinkan kita untuk mengupload foto dengan kualitas super jenih sehingga ketika diunduh hasilnya akan tampak sangat real dan jelas.

Karena selain menjual profile perusahaan, hal utama yang dijual ke customer adalah bukti foto bangunan. Konten is king adalah hal yang relevan dengan hal ini, dan konten tidak hanya text, namun mencakup gambar juga.

Gunakan kamera dan juru potret profesional. Jangan lupa pula siapkan softcopy berkas contoh bangunan lainnya.

Teknik ini terbukti efektif bagi beberapa web arsitektur dan desain interior yang berkembang di dunia. Alih-alih menampilkan tulisan yang panjang lebar, mereka lebih suka menampilkan bukti foto mengenai bangunan yang sudah mereka kerjakan.

Tulisan hanya diselipkan seperlunya untuk melengkapi dan mendukung gambar

2. Color Palette dan Font yang Sesuai

Diluar dari masalah teknis yang telah disampaikan diatas, perhatikan pula kenyamanan pengunjung web. Saat membuat web arsitektur dan desain interior, pilih jenis color palette dan font yang eye catching. Walaupun hal ini opsional, tapi menarik jika keahlian Anda dalam pemilihan warna bisa tercermin dari tampilan web yang segar dan berbeda dengan yang lainnya.

Usahakan pula menggunakan font yang bisa dibaca dengan jelas. Memilih warna yang terlalu mencolok tanpa pengaturan yang cermat hanya akan membuat pengunjung sakit mata.

Ada baiknya jika kita menempatkan diri sebagai pengunjung web. Sehingga bisa memilih warna dan font sesuai kebutuhan konsumen bukannya berdasarkan pada keinginan produsen. Atur terus menerus warna dan desain fontnya hingga menghasilkan kombinasi yang tepat.

Tentunya kita tidak ingin kehilangan customer hanya karena alasan sepele ini. Apalagi kita bekerja di bidang desain meskipun antara desain interior dengan web desain jelas berbeda. Tapi keduanya, sama-sama memuja dan menonjolkan sisi keindahan. Jadi, gunakan kreativitas sesuai porsinya.

Terkiat hal ini sangat berkaitan dengan theme website yang anda gunakan.

3. Kemudahan Navigasi

Inovasi dan kreativitas merupakan dua sifat yang dimiliki oleh seorang arsitek dan desainer interior. Karena tanpa hal tersebut, mereka tidak bisa menciptakan gedung yang unik dan menjual.

Dan jika kita gali lebih jauh, hal tersebut tidak bisa pula menghasilkan tatanan ruangan yang indah dan elegan.

Tulisan serupa: Situs Travel terbaik dan Cara Membuatnya

Kreativitas boleh tinggi, tapi jangan sampai membuat web arsitektur dengan olahan navigasi yang rumit. Karena pengunjung web datang dari berbagai kalangan, kita tidak bisa memukul rata semuanya.

Ada baiknya bila menggunakan homepage yang sederhana sehingga semua orang bisa browsing konten web dengan mudah dan efisien.

Jangan lupa untuk menambahkan informasi penting termasuk profile perusahaan, kontak, layanan, projects bahkan profil klien sebelumnya. Dengan demikian, pengunjung web akan semakin banyak dan nama web aristektur lebih dikenal oleh masyarakat.

4. Jangan Buat Web “Flash-Based”

Software yang cukup sering digunakan untuk menciptakan gambar unik dan kreatif di web adalah Adobe Flash. Sayangnya, ada satu kekurangan yang dimiliki oleh perangkat lunak tersebut yakni tidak bisa dibaca dengan baik oleh search engine.

Padahal membuat web apa saja, membutuhkan pedoman search engine. Tanpanya, web potensial semenarik apapun tidak akan pernah bisa diakses di halaman Google.

Bila ingin web arsitektur dan desain interior yang baru dikembangkan trafiknya terus naik, maka jangan paksakan memakai flash-based website.

Aspek ini juga erat kaitannya dengan mobile-friendly. Situs flash-based tidak bisa diakses melalui ponsel pintar dan hanya bisa terhubung langsung bila pengguna mengetikkan alamat web di PC atau laptop.

Hal yang sangat tidak efisien dan efektif, bukan? mengingat belakangan ini orang lebih suka membuka web melalui smartphone.

5. Web Mudah Diakses

Pada umumnya, halaman yang memuat gambar atau video sangat sulit atau lambat diakses. Penting sekali bagi pemilik web arsitektur untuk memecahkan persoalan tersebut. Sehingga pengunjung yang datang tidak merasa terganggu karena loading yang terlalu lama.

Apalagi jika waktu mengintip webnya sangat terbatas, seperti disela-sela jam kantor.

Kelancaran browsing atau streaming menjadi nilai lebih bagi web. Bila sudah begitu menyukai sebuah web, pengujung tidak ragu untuk menyimpan nama web dengan baik untuk kemudian diakses kembali saat dibutuhkan.

Aktivitas yang dilakukannya pun sangat beragam, entah untuk melihat informasi tertentu atau bahkan menggunakan layanan dan jasa arsitek.

Web Arsitek dengan WordPress

Kadang, pertanyaan yang muncul adalah apakah web arsitek atau interior designer ini bisa dibuat hanya dengan WordPress? Jawabannya adalah sangat bisa, apalagi jika kamu ingin mendatangkan pengunjung dari mesin pencari Google dan memanfaatkan konten-konten edukasi terkait sektor properti. Berikut beberapa tampilan yang sesuai dengan sektor arsitek atau desain interior:

Sebagaian besar tema pada contoh di atas menawarkan fitur dan fasilitas lengkap, termasuk menampilkan capture foto bangunan arsitek bernilai seni tinggi yang dirangkum dalam halaman projects. Ingin membuat website seperti tampilan di atas? Kunjungi layanan pembuatan website kami dan pelajari fitur lengkap web berbasis Google Cloud hanya di Karinov.co.id.

Desain dan themes yang digunakan pun sangat atraktif, cocok untuk web arsitek yang baru akan dibuat. Kita bisa mengakses navigasi dengan mudah, termasuk melihat profile perusahaan yang memuat nama-nama arsitek dan nama desainer interior.

Bahkan Membaca komentar dari para klien potensial sebelumnya sangat mudah untuk dilakukan dan tentu saja sedap dipandang.

Selain itu, ada juga halaman informasi layanan yang sekilas membahas tentang cara kerja web arsitektur. Dan terakhir menjangkau perusahaan dengan mencantumkan kontak dan alamat kantor.

Itulah tips terupdate yang bisa diaplikasikan bagi pelaku bisnis online di bidang arsitektur dan desain interior di seluruh Indonesia. Agar hasilnya sesuai harapan, lakukan tips dengan sungguh-sungguh tanpa terlewat satu poinpun. Ingin tahu lebih jelas? Simak podcast spesial dari kami mengenai cara membuat website bisnis agar situs Anda dapat menghasilkan profit berlipat.

There are currently no comments.