Jika Anda sedang mencari jasa pembuatan website untuk area Bandung, membaca tulisan ini adalah hal yang sangat tepat.

desain website siap pakai

Pentingnya Memilih Jasa Web Desain Berkualitas

Pada tuisan kali ini, Karinov.co.id akan memberikan tips serta saran kepada para pencari jasa website untuk memiliki panduan dasar bagaimana cara memilih jasa web design yang berkualitas.

Pertama, Tentukan Budget

Ya, sebelum memutuskan untuk merekrut jasa pembuatan website, ada baiknya kita coba lihat dulu berapa budget yang kita miliki untuk meng-hire jasa pembuatan web. Apakah ini penting? Ya, sangat penting, karena menurut kami, jika budget jasa pembuatan web yang kita miliki hanya di kisaran 500rb-1juta rupiah, ada baiknya kita urungkan dulu mencari jasa website.

Mengapa? karena dengan budget segitu, saya rasa tidak akan ada bedanya antara merekrut jasa web desain dengan membuat nya sendiri secara gratis.

Ada banyak platform tempat kita bisa memiliki website secara gratis, diantara yang sudah ternama seperti Blogger dan WordPress. Itung-itung sambil belajar mengelola website, Anda bisa menghemat uang 1 juta untuk digunakan sendiri (misal mengerjakan di sebuah kafe).

Karena baik lagi, dengan budget 500rb-1juta, saya rasa, hasil yang Anda dapatkan (kemungkinan besar) tidak akan memuaskan. Daripada kecewa, ya mending buat hasil karya sendiri kan.

Kedua, Penggunaan Web untuk Apa

Nah, ini yang tidak kalah penting. Setelah Anda memiliki budget yang cukup untuk merektur jasa desainer website (katakanlah 2juta-an), tentukan apa saja fitur sebuah website nantinya.

Setidaknya, ada empat pilar utama website untuk tujuan komersil:

  • Traffic
  • Payment gateway
  • Logistik
  • Data analitik

Nah, dari keempat ini, tentukan mana yang jadi kebutuhan Anda. Jika Anda ingin web sekelas Tokopedia dan Bukalapak, tentu Anda butuh keempat-empatnya.

Namun, apabila Anda hanya ingin mengenalkan profil perusahaan Anda, atau mengenalkan suatu produk tertentu, tentu traffic akan jadi kebutuhan utama.

Perlu Anda konsultasikan ke pihak jasa web desain, fitur apa saja yang Anda butuhkan dan fitur apa saja yang dapat mereka sediakan. Tentu ini sesuai dengan harga yang Anda tawarkan juga tentunya.

Ketiga, Aspek Teknikal dari Sebuah Website

Nah, mengapa hal ini kami taruh di bagian terakhir? Ada alasannya. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa website itu sarat dengan aspek teknikal (IT), padahal, bagus atau tidaknya sebuah website tidak melulu ditentukan oleh aspek teknisnya.

Artinya, tidak perlu orang yang benar-benar ahli koding html lalu semerta-merta dia cocok untuk mebuat website Anda.

Hari ini, dengan banyaknya pilihan CMS, template, serta plugin, memudahkan seorang web design agency untuk bisa membuat website yang cantik tanpa harus betul-betul menguasai bahasa pemrograman teknisnya.

Walau begitu, aspek ini tetap harus diperhatikan. Setidaknya, inilah diantara aspek teknis minimal sebuah website yang akan cocok sebagai sebuah kickstart (website perdana):

  • Memenuhi Webmaster Checklist dari Google
  • Berbasis WordPress (mudah digunakan)
  • Desain responsif diakses dari smartphone
  • Terdapat fitur interaktif (livechat, formulir kontak)
  • Server mumpuni (baik lokal maupun internasional)

Nah, itu kira-kira tips memilih jasa desain sebuah website. Kalau jasa website yang kita tawarkan, tentu lebih dari sekedar itu. Baca di halaman jasa website karinov untuk mengetahui lebih detail.

There are currently no comments.